๐ Transkrip Materi BINAR Pekan 7
๐ง Pengisi Materi :: Ustadz Abu Razin
๐ Dars 16 :: AL Muโrabat Bag 3 - Jamak Taksir
โ Durasi audio :: 13.53 menit
----------------------------------------------------------------------------------------------
ุงูุณูุงู
ุนูููู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
ุงูุญู
ุฏ ููู ูุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู
ุนูู ุฑุณูู ุงููู ูุนูู ุงูู ู ุตุญุจู ูู
ู ูุงูุงู, ุฃู
ุง ุจุนุฏ.
Alhamdulillah kita masih melanjutkan pembahasan dari Kitab Al Mumtiโ Fii Syarhil Ajurrumiyyah, yang kita masih di bab Al Muโrabat bil harokat, yakni pembahasan yang kedua. Jadi kita sudah bahas panjang lebar tentang isim mufrad. Yang termasuk muโrob dengan harokat, yang pertama isim mufrod dan sekarang kita bahas yang kedua.
๐ ุซูููููุง: ุฌูู
ูุนู ุงูุชูููุณูููุฑู:
Adalah jamak taksir
๐นyang muโrob dengan harokat:
1โฃ- yang pertama isim mufrad
2โฃ- yang kedua jamak taksir
๐ ุชูุนูุฑููููููู :
๐ธDefinisi jamak taksir :
ูููู ู
ูุง ุฏูููู ุนูููู ุฃูููุซูุฑู ู
ููู ุงุซููููููู ุฃููู ุงุซูููุชููููู ู
ูุนู ุชูุบููููุฑู ูููู ุตูููุบูุฉู ู
ูุนูุฑูุฏููู.
Definisi dari jamak taksir adalah kata yang menunjuki atas makna yang lebih dari dua, beserta adanya perubahan dari bentuk mufradnya.
โ Jika jamak taksir itu bandingkan mufradnya dengan jamak taksirnya. Itu ada perubahan,
๐misalkan ุจูุงุจู berubah menjadiโก ุฃูุจูููุงุจู.
Lihat! ini beda dengan mutsanna dan jamak.
โJika mutsanna asalnya
๐misalkan ุจูุงุจู menjadiโก ุจูุงุจูุงูู/ ุจูุงุจููููู .
Lihat! Mufradnya sama dengan jamaknya. Sama-sama ba, alif, ba bedanya tambahkan alif nun dan yaโ nun.
โBegitu juga jamak mudzakkar salim, misalkan
๐asalnya ู
ูุณูููู
ู menjadiโก ู
ูุณูููู
ููููู , ู
ูุณูููู
ููููู .
Lihat urutannya mim, sin, lam, mim. Jadi sebatas mufrad yang ditambahkan waw nun atau yaโ nun dibelakangnya.
โTapi jika jamak taksir, ini sangat berbeda.
๐ Misalkan ููููู
ู menjadiโก ุฃูููููุงู
ู.
Jadi beda sekali, ููููู
ู menjadi ุฃูููููุงู
ู. Ini definisi dari jamak taksir. Ada perubahan dari ุตูููุบูุฉ dari bentuk mufradnya.
____________
๐ุญูููู
ููู:
๐ธHukum Iโrobnya
ููุฑูููุนู ุจุงููุถููู
ูููุฉูุ ููููููุตูุจู ุจูุงููููุชูุญูุฉูุ ููููุฌูุฑูู ุจูุงูููุณูุฑูุฉู
Jamak taksir ini sama seperti isim mufrad, dia tanda iโrobnya selalu yang asli,
- dirafaโkan dengan dhommah,
- dinashobkan dengan fathah,
- dijarkan dengan kasroh.
ู
ูุซูุงูููู: ุฑูุฌูุงููุ ููููุชูุจูุ ููุฒูููุงููุจู.
๐ Contohnya ุฑูุฌูุงูู jamaknyaโก ุฑูุฌููู dia laki-laki,
๐รฆ ููุชูุจู jamaknyaโก ููุชูุงุจู, buku-buku.
๐Dan ุฒูููุงููุจู ini jamaknya (dari) ุฒูููููุจู "Zainab"
.รฆ ุฒูููุงููุจู Zainab-Zainab. Mungkin satu kelas yang namanya Zainab ada banyak. Makanya dibuat jamak taksir ุฒูููุงููุจู .
ููููุฐูุง ุงููููููุนู ู
ููู ุงููุฌูู
ูููุนู ุชูุบููููุฑูุชู ูููููู ุตูููุฑูุฉู ุงููู
ูููุฑูุฏู ุญูุงูู ุงููุฌูู
ูุนู ุนููู ุญูุงููููุง ุงูุฃูุตููููููุฉู ููุจููู ุงููุฌูู
ูุนู
Maka jamak macam ini, yaitu jamak taksir
ุชูุบููููุฑูุชู ูููููู ุตูููุฑูุฉู ุงููู
ูููุฑูุฏู
berubah gambaran mufradnya ketika jamak
ุญูุงูู ุงููุฌูู
ูุนู ุนููู ุญูุงููููุง ุงูุฃูุตููููููุฉู ููุจููู ุงููุฌูู
ูุนู
dari kedaannya yang semula sebelum jamak.
๐Artinya kalau jamak taksir, ketika mufrad dan jamak taksir, itu beda bentuknya. Seperti tadi saya jelaskan ุจูุงุจู menjadi ุฃูุจูููุงุจู bukannya ุจูุงุจู ditambahkan suatu seperti musanna dan jamak mudzakkar salim. Tapi jika jamak taksir betul-betul beda.
๐รฆ ุจูุงุจู menjadiโก ุฃูุจูููุงุจู
๐รฆ ููููู
ู menjadiโก ุฃูููููุงู
ู
๐รฆ ู
ูุฏูุฑูุณูุฉู menjadiโก ู
ูุฏูุงุฑูุณู
Jadi adanya perubahan ุตูููุบูุฉ bentuknya
ููู
ูุซููุงู: (ุฑูุฌูุงูู) ู
ูููุฑูุฏููู (ุฑูุฌููู)
Contohnya ุฑูุฌูุงูู ini jamak taksirnya, tunggalnya adalah ุฑูุฌููู .
ุชูุบููููุฑูุชู ูููููู ุตูููุฑูุฉู ู
ูููุฑูุฏููู:
Berubah bentuk mufradnya
ุจูููุณูุฑู ุงูุฑููุงุกู ููููุชูุญู ุงููุฌูููู
ูุ ููุฒูููุงุฏูุฉู ุงูุฃููููู ููุจููู ุงููุงููู
ู.
Dengan mengkasrohkan roโ dengan asalnya ุฑูุฌููู fathah menjadi riโ. Kembali ke ููููุชูุญู ุงููุฌูููู
ูุ asalnya juโ ุฑูุฌููู juโ, jimnya dhommah tapi ketika jamak jadi fathah ุฑูุฌูุง. Bukan ุฑูุฌู tapi ุฑูุฌูุง.
ููุฒูููุงุฏูุฉู ุงูุฃููููู ููุจููู ุงููุงููู
ู
dan penambahan alif sebelum lam. Jadi kalau mufradanya ุฑูุฌููู tidak ada alifnya, ketika jamak ada alifnya.
ูู ู
ููู ุฃูุฌููู ููุฐูุง ุงูุชููุบููููุฑู ุงูููุฐููู ููุดูุจููู ุชูููุณูููุฑู ุงูุดููููุกู ุจูุนูุฏู ุฃููู ููุงูู ุตูุญูููุญูุง ููุณูู
ููู ููุฐูุง ุงููููููุนู ู
ููู ุงููุฌูู
ูููุนู ุฌูู
ูุนู ุชูููุณูููุฑู (ูก), ูููููู ููุนูุฑูุจู ุจูุงููุญูุฑูููุงุชู
Dikarenakan perubahan ini yang menyerupai ุชูููุณูููุฑู ุงูุดููููุกู taksir itu kata ููุณูุฑู, berantakan. Artinya : Membuat sesuatu itu jadi berantakan. Asalnya ุฑูุฌููู menjadi ุฑูุฌูุงูู , ini berubah banget.
ุจูุนูุฏู ุฃููู ููุงูู ุตูุญูููุญูุง
Setelah sebelumnya dia shohih, asalnya baik menjadi berantakan.
ููุณูู
ููู ููุฐูุง ุงููููููุนู ู
ููู ุงููุฌูู
ูููุนู ุฌูู
ูุนู ุชูููุณูููุฑู
Maka dinamakanlah jamak jenis ini sebagai jamak taksir.
๐Jadi alasan kenapa jamak taksir disebut sebagai jamak taksir karena, dia tidak beraturan. Jadi dia merubah sesuatu yang asalnya seperti :
๐รฆ ุฑูุฌููู menjadi berantakanโก ุฑูุฌูุงูู
๐รฆ ูููููู
menjadi ุฃูููููุงู
ู .
Jadi tidak ada aturannya.
____________________
Disini kita lihat catatan kakinya
ูกู ููุฃูููููุงุนู ุงูุชููุบูููููุฑู ุงูููุงููุนู ูููู ุฌูู
ูุนู ุงูุชููููุณูููุฑู ุณูุชููุฉูุ ุชูููุธูุฑู ูููู ุบูููุฑู ููุฐูุง ุงููู
ูุฎูุชูุตูุฑู .
Atau boleh juga kita baca ุชูููุธูุฑู
Dan macam-macam perubahan yang terjadi pada jamak taksir itu ada enam.
Jadi ada enam jenis perubahan pada jamak taksir yang kamu bisa lihat atau kalau kita bacanya ุชูููุธูุฑู "yang bisa dilihat" perubahannya ini pada kitab selain yang ringkas ini.
Jadi menurut beliau istilahkan, "rujuk !" kitab-kitab lain yang panjang lebar menjelaskan materi ini.
Karena memang kitab Al Mumtiโ ini disajikan secara ringkas. Oleh karena itu beliau tidak ingin berpanjang lebar tentang masalah ini silahkan kita rujuk sendiri. Thoyyib
ูููููู ููุนูุฑูุจู ุจูุงููุญูุฑูููุงุชู
๐น dan jamak taksir itu mu'rabnya dengan harokat
ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงูู [ ุงููุฑููุฌูุงูู ูููููู
ููููู ุนูุงูููููุณูุขุกู ]
contohnya firman Allah Subhanahu Wa Taโalaa
[ ุงููุฑููุฌูุงูู ูููููู
ููููู ุนูุงูููููุณูุขุกู ]
laki-laki itu pemimpin atas wanita. Ini dalam surah Annisa ayat 34.
๐Ini Iโrobnya disebutkan dalam footnotenya yaitu catatan kakinya
๐ ุงูุฑููุฌูุงูู: ู
ูุจูุชูุฏูุฃูุ
๐ ูููููููุงู
ููููู: ุฎูุจูุฑู ุงูู
ูุจูุชูุฏูุฃ ู
ูุฑูููููุนู ุจูุงูููุงููุ.ููุงูููููู ุฌูู
ูุนู ู
ูุฐููููุฑูู ุณูููู
ู
ุงูุฑูุฌูุงูู: ู
ูุจูุชูุฏูุฃูุ
ูููููุงู
ููููู: ุฎูุจูุฑู
yang dirofaโkan dengan wawu karena dia jamak mudzakkar salim ketika rofaโ tandanya adalah wawu.
Thoyyib
ู ( ุงูุฑููุฌูุงูู ) : ุฌูู
ูุนู ุชูููุณูููุฑู ู
ูุฑูููููุนูุ
maka ุงูุฑููุฌูุงูู merupakan jamak taksir dirofaโkan
ูุฃูููููู ู
ูุจูุชูุฏูุฃู
karena ini sebagai mubtada
ููุนูููุงู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุงูุถููู
ููุฉู
dan tanda rofaโnya adalah dhommah.
ูู ูููููููู ุชูุนูุงููู:
โ dan firman Allah Subhanahu Wa Taโalaa
(ูู ุจูุซูู ู
ูููููู
ูุง ุฑูุฌูููุง)
dan Allah ciptakan dari keduanya ุฑูุฌูููุง (laki-laki)
Nah ุฑูุฌูููุง disini kita lihat dalam catatan kaki ini
ูู ุจูุซูู ู
ูููููู
ูุง ุฑูุฌูููุง
merupakan surah Annisa ayat 1
Iโrobnya
๐ ุจูุซูู : ููุนููู ู
ูุงุถู ุ
๐ ููููุงุนููููู ู
ูุณูุชูุชูุฑู
๐ ุจูุซูู : ููุนููู ู
ูุงุถู
dan faโilnya itu tersembunyi, yakni kembali kepada Allah
ูู ู
ูููููู
ูุง : ุฌูุงุฑู ูู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ุ
jadi huma nya jar majrur
ูู ุฑูุฌูุงููุง : ู
ูููุนููููู ุจููู ู
ูููุตูููุจู
dan ุฑูุฌูุงููุง itu sebagai maful bih yang manshub.
๐Thoyyib
ูู (ุงูุฑุฌุงู) : ุฌูู
ูุนู ุชูููุณูููุฑู ู
ูููุตูููุจูุ ููุฃูููููู ู
ูููุนููููู ุจููู ูู ุนูููุงู
ูุฉู ููุตูุจููู ุงูููุชูุญูุฉู
๐Maka ุฑูุฌูุงููุง dari ayat
ูู ุจูุซูู ู
ูููููู
ูุง ุฑูุฌูููุง
ini adalah jamak taksir yang dinashobkan karena dia adalah maful bih dan tanda nashobnya adalah fathah. Thoyyib
๐ฏูู ููููููู ุชูุนูููู : {ูู ูููุฑูุฌูุงูู ุนููููููููู ุฏูุฑูุฌูุฉู}
โ dan juga firman Allah Subhanahu Wa Taโalaa
{ูู ูููุฑูุฌูุงูู ุนููููููููู ุฏูุฑูุฌูุฉู}
dan bagi laki-laki itu yang memiliki derajat diatas wanita.
ููู (ุงูุฑูุฌูุงูู) : ุฌูู
ุนู ุงูุชููุณููุฑู ู
ูุฌุฑููุฑูุ ููุฃูููููู ุณูุจููู ุจูุญูุฑูู ุฌูุฑูู ูู ุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงูููุณุฑูุฉู
โ Maka ุงูุฑูุฌูุงูู dalam ayat
ูู ูููุฑูุฌูุงูู ุนููููููููู ุฏูุฑูุฌูุฉู
Ia merupakan jamak taksir yang dijarkan.
Kenapa dijarkan? Karena dia didahului oleh huruf jar dan tanda jarnya adalah kasroh.
ูู ูููุฑูุฌูุงูู ุนููููููููู ุฏูุฑูุฌูุฉู
ini ada dalam surah Al Baqoroh ayat 228.
Iโrobnya
ูค) ุงูุจูููุฑูุฉู : ู
ููู ุงูุงูููุฉู (ูขูขูจ)
๐ . ูููุฑููุฌูุงูู : ุงูููุงู
ู : ุญูุฑููู ุฌูุฑูู ุ ูู ุงูุฑููุฌูุงูู : ุงูุณูู
ู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ุ ููุงูุฌูุงุฑู ู ุงูู
ูุฌูุฑูููุฑู ุฎูุจูุฑู ู
ูููุฏููู
ู
jadi ุงูุฑูุฌูุงูู dalam
ูู ูููุฑูุฌูุงูู ุนููููููููู ุฏูุฑูุฌูุฉู
merupakan jar majrur sebagai khobar muqoddam. Ini contoh khobar yang didahulukan.
๐Hukum asalnya mubtada dulu baru khobar, tapi ada keadaan dimana khobar boleh dikedepankan bahkan ada keadaan dimana khobar wajib dikedepankan.
Contohnya dalam ayat ini, karena mubtadanya nakiroh ุฏูุฑูุฌูุฉู adalah mubtadanya ุฏูุฑูุฌูุฉู muโakhor. Mubtada yg diakhirkan ุฏูุฑูุฌูุฉู karena dia nakiroh, maka khobarnya wajib didahulukan.
รฆ๐ ูู ูููุฑูุฌูุงูู ุนููููููููู ุฏูุฑูุฌูุฉู ini wajib. โ
Tidak boleh
รฆ๐ ุฏูุฑูุฌูุฉู ูููุฑูุฌูุงูู. โ
Ini memang harus
Aรฆ๐ ูููุฑูุฌูุงูู ุฏูุฑูุฌูุฉู โ. seperti itu.
๐ ููุนูููููููููู : ุฌูุงุฑู ููู
ูุฌูุฑูููุฑู
dan ayat
ููุนููููููู ุฌูุงุฑู ููู
ูุฌูุฑูููุฑู
๐ููุฏูุฑูุฌูุฉู : ู
ูุจูุชูุฏูุฃู ู
ูุคูุฎููุฑู ู
ูุฑูููููุนู ููุนููุงูู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุงูุถููู
ููุฉู ุงูุธููุงููุฑูุฉู ุนูููู ุงโูุฎูุฑููู.
Dan ุฏูุฑูุฌูุฉู merupakan mubtada muโakhor, mubtada yang diakhirkan, marfuโ yang dirofaโkan dan tanda rofaโnya adalah dhommah yang nampak pada akhirnya.
Jadi jelas ุฏูุฑูุฌูุฉู itu yang nampak pada akhirnya.
____________________
ููููุงุฆูุฏู ููุชูููุจููููุงูุชู :
Faidah-faidah dan catatan penting
ูก. ููุนูุฑูุจู ุฌูู
ูุนู ุงูุชููููุณูููุฑู ุจุงูููุญูุฑููุงูุชู ุงููู
ูููุฏููุฑูุฉู ุ ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู : ููุชูุฑูู ุงููููุงุณู ุณููููฐุฑูููฐ ููู
ุงูููู
ู ุจูุณููููฐุฑูู
1๐นJamak taksir ada juga yang muโrobnya dengan harokat muqoddaroh tentunya kalau kita bicara muqoddaroh, selalu kita bicara pada kata yang diakhiri oleh huruf illat, dalam ayat ini
ููุชูุฑูู ุงููููุงุณู ุณููููฐุฑูููฐ,
รฆ๐ุณููููฐุฑูููฐ ini ada alifnya. Maka kita katakan ุณููููฐุฑูููฐ yakni, muqoddaroh.
รฆ๐ ุงููู
ูููุฏููุฑูุฉู alal alifi, ada alif maqsurohnya.
2๐นKemudian yang kedua
ููุฌูุฑู ุฌูู
ูุนู ุงูุชููููุณูููุฑู ุจูุงููููุชูุญูุฉู ููููุงุจููู ุนููู ุงููููุณูุฑูุฉู ุฅูุฐูุง ููุงูู ุบูููุฑู ู
ูููุตูุฑูููุ ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู :<< ููููุฏู ููุตูุฑูููู
ู ุงูููููู ููู ู
ูููุงุทููู ููุซููุฑูุฉู
Contohnya dalam ayat
ููููุฏู ููุตูุฑูููู
ู ุงูููููู ููู ู
ูููุงุทููู ููุซููุฑูุฉู
sungguh Allah benar-benar telah menolong kalian dibanyak negara/wilayah, dibanyak bumi.
โ Contoh adalah ู
ูููุงุทููู, bentuknya merupakan shigot muntahal jumuโ.
Dan shigot muntahal jumuโ termasuk ghoiru munshorif.
Makanya ketika dia didahului huruf jar
รฆ๐ tidak dibaca ููู ู
ูููุงุทููู โ
รฆ๐ tetap ููู ู
ูููุงุทููู.
Dan juga ูู ูููููููู ุชูุนูุงููู contohnya juga firman Allah Subhanahu Wa Taโalaa :
ููููููุฏู ุฒููููููู ุงูุณููู
ูุงุกู ุงูุฏููููููุง ุจูู
ูุตูุงุจููุญู
โ Sungguh kami telah menghiasi langit dunia dengan ู
ูุตูุงุจููุญู jamaknya (misbah) lampu, tapi yang dimaksud adalah bintang-bintang.
รฆ๐ ู
ูุตูุงุจููุญู ini ghoiru munshorif, kenapa? karena dia shigot mumtahal jumuโ.
Intinya yang ingin disampaikan oleh pengarang kitab Al Mumtiโ, Syaikh Salim, bahwa cara mengiโrobnya sama seperti isim mufrod.
โ Jika isim mufrod diakhiri oleh huruf illat, maka dia muqoddaroh.
โ Kemudian kalau isim mufrod dan jamak taksir tandanya bukan tanda aslinya tetapi tetap harokat.
๐Maka kita katakan ููููุงุจูุฉ . Jadi kalau kita mengiโrob tadi
ููู ู
ูููุงุทููู ููุซููุฑูุฉู :
ููู ุญูุฑููู ุฌูุฑูู
ู
ูููุงุทููู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ุจู(ูููู) ููุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฑูููู " ููุชูุญูุฉู ููููุงุจูุฉู " ุนููู ุงููููุณูุฑูุฉู
dan tanda jarnya adalah fathah,
ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงููููุณูุฑูุฉู
sebagai ganti dari kasroh.
Thoyyib barangkali cukup sampai disini, semoga bermanfaat.
--------------------------------------
ูุตูู ุงููู ุนูู ูุจููุง ู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุงููู ูุตุญุจู ูุณูู
ุณุจุญุงูู ุงูููู
ูุจุญู
ุฏูุ ุฃุดูุฏ ุฃู ูุง ุฅูู ุฅูุง ุฃูุชุ ุฃุณุชุบูุฑู ูุฃุชูุจ ุฅููู
ูุงูุณูุงู
ุนูููู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
โ๐ป Tim Transkrip BINAR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar