Senin, 06 Maret 2017

Dars 16: Al Mu'rabat (bag.3) Jamak Taksit

๐Ÿ“ Transkrip Materi BINAR Pekan 7
๐ŸŽง Pengisi Materi :: Ustadz Abu Razin
๐Ÿ“š Dars 16 :: AL Muโ€™rabat Bag 3 - Jamak Taksir
โŒ› Durasi audio ::  13.53 menit

----------------------------------------------------------------------------------------------


ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡  ูˆุนู„ู‰ ุงู„ู‡ ูˆ ุตุญุจู‡  ูˆู…ู† ูˆุงู„ุงู‡, ุฃู…ุง ุจุนุฏ.

Alhamdulillah kita masih melanjutkan pembahasan dari Kitab Al Mumtiโ€™ Fii Syarhil Ajurrumiyyah, yang kita masih di bab Al Muโ€™rabat bil harokat, yakni pembahasan yang kedua. Jadi kita sudah bahas panjang lebar tentang isim mufrad. Yang termasuk muโ€™rob dengan harokat, yang pertama isim mufrod dan sekarang kita bahas yang kedua.

๐Ÿƒ ุซูŽู†ููŠู‹ุง: ุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ุชูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู:
 Adalah jamak taksir

๐Ÿ”นyang muโ€™rob dengan harokat:

1โƒฃ- yang pertama isim mufrad

2โƒฃ- yang kedua jamak taksir

๐Ÿ† ุชูŽุนู’ุฑููŠู’ููู‡ู :
๐Ÿ”ธDefinisi jamak taksir :
 ู‡ููˆูŽ ู…ูŽุง ุฏูŽู„ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูŽ ู…ูู†ู ุงุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽูˆู’ ุงุซู’ู†ูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูŽุนูŽ ุชูŽุบูŽูŠู‘ูุฑู ูููŠู’ ุตููŠู’ุบูŽุฉู ู…ูุนู’ุฑูŽุฏูู‡ู.
Definisi dari jamak taksir adalah kata yang menunjuki atas makna yang lebih dari dua, beserta adanya perubahan dari bentuk mufradnya.

โ˜˜ Jika jamak taksir itu bandingkan mufradnya dengan jamak taksirnya. Itu ada perubahan,
๐Ÿ“Œmisalkan ุจูŽุงุจูŒ berubah menjadiโžก ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจูŒ.
Lihat! ini beda dengan mutsanna dan jamak.

โ˜˜Jika mutsanna asalnya
๐Ÿ“Œmisalkan ุจูŽุงุจูŒ menjadiโžก ุจูŽุงุจูŽุงู†ู/ ุจูŽุงุจูŽูŠู’ู†ู .

Lihat! Mufradnya sama dengan jamaknya. Sama-sama ba, alif, ba bedanya tambahkan alif nun dan yaโ€™ nun.

โ˜˜Begitu juga jamak mudzakkar salim, misalkan
๐Ÿ“Œasalnya ู…ูุณู’ู„ูู…ูŒ menjadiโžก ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ , ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ .

Lihat urutannya mim, sin, lam, mim. Jadi sebatas mufrad yang ditambahkan waw nun atau yaโ€™ nun dibelakangnya.

โ˜˜Tapi jika jamak taksir, ini sangat berbeda.
๐Ÿ“Œ Misalkan ู‚ูŽู„ูŽู…ูŒ menjadiโžก ุฃูŽู‚ู’ู„ูŽุงู…ูŒ.

Jadi beda sekali, ู‚ูŽู„ูŽู…ูŒ menjadi ุฃูŽู‚ู’ู„ูŽุงู…ูŒ. Ini definisi dari jamak taksir. Ada perubahan dari ุตููŠู’ุบูŽุฉ dari bentuk mufradnya.

____________

๐Ÿ†ุญููƒู’ู…ูู‡ู:
๐Ÿ”ธHukum Iโ€™robnya
ูŠูุฑู’ููŽุนู ุจุงูู„ุถู‘ูŽู…ูู‘ูŽุฉูุŒ ูˆูŽูŠูู†ู’ุตูŽุจู ุจูุงู„ู’ููŽุชู’ุญูŽุฉูุŒ ูˆูŽูŠูุฌูŽุฑู‘ู ุจูุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู

Jamak taksir ini sama seperti isim mufrad, dia tanda iโ€™robnya selalu yang asli,
- dirafaโ€™kan dengan dhommah,
- dinashobkan dengan fathah,
- dijarkan dengan kasroh.

ู…ูุซูŽุงู„ูู‡ู: ุฑูุฌูŽุงู„ูŒุŒ ูˆูŽูƒูุชูุจูŒุŒ ูˆูŽุฒูŽูŠูŽุงู†ูุจู.

๐Ÿ“Œ Contohnya ุฑูุฌูŽุงู„ูŒ jamaknyaโžก ุฑูŽุฌูู„ูŒ dia laki-laki,

๐Ÿ“Œรฆ ูƒูุชูุจูŒ jamaknyaโžก ูƒูุชูŽุงุจูŒ, buku-buku.

๐Ÿ“ŒDan ุฒูŽูŠูŽุงู†ูุจู ini jamaknya (dari) ุฒูŽูŠู’ู†ูŽุจู "Zainab"

 .รฆ ุฒูŽูŠูŽุงู†ูุจู Zainab-Zainab. Mungkin satu kelas yang namanya Zainab ada banyak. Makanya dibuat jamak taksir ุฒูŽูŠูŽุงู†ูุจู .


ููŽู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽูˆู’ุนู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ููˆู’ุนู ุชูŽุบูŽูŠู‘ูŽุฑูŽุชู’ ูููŠู’ู‡ู ุตููˆู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู…ููู’ุฑูŽุฏู ุญูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู…ู’ุนู ุนูŽู†ู’ ุญูŽุงู„ูู‡ูŽุง ุงู„ุฃูŽุตู’ู„ููŠู‘ูŽุฉู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู…ู’ุนู
Maka jamak macam ini, yaitu jamak taksir

 ุชูŽุบูŽูŠู‘ูŽุฑูŽุชู’ ูููŠู’ู‡ู ุตููˆู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู…ููู’ุฑูŽุฏู
berubah gambaran mufradnya ketika jamak

 ุญูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู…ู’ุนู ุนูŽู†ู’ ุญูŽุงู„ูู‡ูŽุง ุงู„ุฃูŽุตู’ู„ููŠู‘ูŽุฉู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู…ู’ุนู
dari kedaannya yang semula sebelum jamak.

๐Ÿ“Artinya kalau jamak taksir, ketika mufrad dan jamak taksir, itu beda bentuknya. Seperti tadi saya jelaskan ุจูŽุงุจูŒ menjadi ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจูŒ bukannya ุจูŽุงุจูŒ ditambahkan suatu seperti musanna dan jamak mudzakkar salim. Tapi jika jamak taksir betul-betul beda.
๐Ÿ“Œรฆ ุจูŽุงุจูŒ menjadiโžก ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจูŒ
๐Ÿ“Œรฆ ู‚ูŽู„ูŽู…ูŒ menjadiโžก ุฃูŽู‚ู’ู„ูŽุงู…ูŒ
๐Ÿ“Œรฆ ู…ูŽุฏู’ุฑูŽุณูŽุฉูŒ menjadiโžก ู…ูŽุฏูŽุงุฑูุณู

Jadi adanya perubahan ุตููŠู’ุบูŽุฉ bentuknya

ููŽู…ูŽุซูŽู„ุงู‹: (ุฑูุฌูŽุงู„ูŒ) ู…ููู’ุฑูŽุฏูู‡ู (ุฑูŽุฌูู„ูŒ)
Contohnya ุฑูุฌูŽุงู„ูŒ ini jamak taksirnya, tunggalnya adalah ุฑูŽุฌูู„ูŒ .

ุชูŽุบูŽูŠู‘ูŽุฑูŽุชู’ ูููŠู’ู‡ู ุตููˆู’ุฑูŽุฉู ู…ููู’ุฑูŽุฏูู‡ู:
Berubah bentuk mufradnya

ุจููƒูŽุณู’ุฑู ุงู„ุฑู‘ูŽุงุกู ูˆูŽููŽุชู’ุญู ุงู„ู’ุฌููŠู’ู…ูุŒ ูˆูŽุฒููŠูŽุงุฏูŽุฉู ุงู„ุฃูŽู„ููู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู„ุงู‘ูŽู…ู.

Dengan mengkasrohkan roโ€™ dengan asalnya ุฑูŽุฌูู„ูŒ fathah menjadi riโ€™. Kembali ke ูˆูŽููŽุชู’ุญู ุงู„ู’ุฌููŠู’ู…ูุŒ asalnya juโ€™ ุฑูŽุฌูู„ูŒ juโ€™, jimnya dhommah tapi ketika jamak jadi fathah ุฑูุฌูŽุง. Bukan ุฑูุฌู tapi ุฑูุฌูŽุง.

ูˆูŽุฒููŠูŽุงุฏูŽุฉู ุงู„ุฃูŽู„ููู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู„ุงู‘ูŽู…ู
dan penambahan alif sebelum lam. Jadi kalau mufradanya ุฑูŽุฌูู„ูŒ tidak ada alifnya, ketika jamak ada alifnya.

ูˆูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ู„ู ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุชู‘ูŽุบูŽูŠู‘ูุฑู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูุดู’ุจูู‡ู ุชูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุกู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุตูŽุญููŠู’ุญู‹ุง ูŠูุณูŽู…ู‘ูŽู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽูˆู’ุนู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ููˆู’ุนู ุฌูŽู…ู’ุนูŽ ุชูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู (ูก), ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูŠูุนู’ุฑูŽุจู ุจูุงู„ู’ุญูŽุฑูŽูƒูŽุงุชู

Dikarenakan perubahan ini yang menyerupai ุชูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุกู  taksir itu kata ูƒูŽุณูŽุฑูŽ, berantakan. Artinya : Membuat sesuatu itu jadi berantakan. Asalnya ุฑูŽุฌูู„ูŒ menjadi ุฑูุฌูŽุงู„ูŒ , ini berubah banget.

ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุตูŽุญููŠู’ุญู‹ุง
Setelah sebelumnya dia shohih, asalnya baik menjadi berantakan.

ูŠูุณูŽู…ู‘ูŽู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽูˆู’ุนู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ููˆู’ุนู ุฌูŽู…ู’ุนูŽ ุชูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู
Maka dinamakanlah jamak jenis ini sebagai jamak taksir.

๐Ÿ“Jadi alasan kenapa jamak taksir disebut sebagai jamak taksir karena, dia tidak beraturan. Jadi dia merubah sesuatu yang asalnya seperti :

๐Ÿ“Œรฆ ุฑูŽุฌูู„ูŒ menjadi berantakanโžก ุฑูุฌูŽุงู„ูŒ
๐Ÿ“Œรฆ  ูŒู‚ูŽู„ูŽู… menjadi ุฃูŽู‚ู’ู„ูŽุงู…ูŒ .

Jadi tidak ada aturannya.

____________________



Disini kita lihat catatan kakinya

ูกู€ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุนู ุงู„ุชู‘ูŽุบู’ูŠููŠู’ุฑู ุงู„ูˆูŽุงู‚ูุนู ูููŠู’ ุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู ุณูุชู‘ูŽุฉูŒุŒ ุชูู†ู’ุธูŽุฑู ูููŠู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ู…ูุฎู’ุชูŽุตูŽุฑู .
Atau boleh juga kita baca ุชูŽู†ู’ุธูุฑู

Dan macam-macam perubahan yang terjadi pada jamak taksir itu ada enam.

Jadi ada enam jenis perubahan pada jamak taksir yang kamu bisa lihat atau kalau kita bacanya ุชูู†ู’ุธูŽุฑู  "yang bisa dilihat" perubahannya ini  pada kitab selain yang ringkas ini.

Jadi menurut beliau istilahkan, "rujuk !" kitab-kitab lain yang panjang lebar menjelaskan materi ini.

Karena memang kitab Al Mumtiโ€™ ini disajikan secara ringkas. Oleh karena itu beliau tidak ingin berpanjang lebar tentang masalah ini silahkan kita rujuk sendiri. Thoyyib

ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูŠูุนู’ุฑูŽุจู ุจูุงู„ู’ุญูŽุฑูŽูƒูŽุงุชู
๐Ÿ”น dan jamak taksir itu mu'rabnya dengan harokat

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽ [ ุงูŽู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู ู‚ูŽูˆู‘ูŽู…ููˆู’ู†ูŽ ุนูŽุงู„ูŽู†ู‘ูุณูŽุขุกู ]
contohnya firman Allah Subhanahu Wa Taโ€™alaa

[ ุงูŽู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู ู‚ูŽูˆู‘ูŽู…ููˆู’ู†ูŽ ุนูŽุงู„ูŽู†ู‘ูุณูŽุขุกู ]
laki-laki itu pemimpin atas wanita. Ini dalam surah Annisa ayat 34.

๐Ÿ“ŒIni Iโ€™robnya disebutkan dalam footnotenya yaitu catatan kakinya

๐Ÿ” ุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู: ู…ูุจู’ุชูŽุฏูŽุฃูุŒ
๐Ÿ” ูˆูŽู‚ูŽูˆู‘ูŽุงู…ููˆู’ู†ูŽ: ุฎูŽุจูŽุฑู ุงู„ู…ูุจู’ุชูŽุฏูŽุฃ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒ ุจูุงู„ูˆูŽุงูˆูุ›.ู„ูุงูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฌูŽู…ู’ุนู ู…ูุฐูŽูƒู‘ูŽุฑูู ุณูŽู„ูู…ู
ุงู„ุฑูุฌูŽุงู„ู: ู…ูุจู’ุชูŽุฏูŽุฃูุŒ
ู‚ูŽูˆู‘ูŽุงู…ููˆู’ู†ูŽ: ุฎูŽุจูŽุฑู

yang dirofaโ€™kan dengan wawu karena dia jamak mudzakkar salim ketika rofaโ€™ tandanya adalah wawu.

Thoyyib
ู ( ุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู ) : ุฌูŽู…ู’ุนู ุชูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒุŒ
maka ุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู merupakan jamak taksir dirofaโ€™kan

ู„ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูุจู’ุชูŽุฏูŽุฃูŒ
karena ini sebagai mubtada

ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉู
dan tanda rofaโ€™nya adalah dhommah.


ูˆูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:
โ˜˜ dan firman Allah Subhanahu Wa Taโ€™alaa

(ูˆูŽ ุจูŽุซู‘ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุฑูุฌูŽู„ู‹ุง)
dan Allah ciptakan dari keduanya ุฑูุฌูŽู„ู‹ุง (laki-laki)

Nah ุฑูุฌูŽู„ู‹ุง  disini kita lihat dalam catatan kaki ini
ูˆูŽ ุจูŽุซู‘ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุฑูุฌูŽู„ู‹ุง
merupakan surah Annisa ayat 1

 Iโ€™robnya
๐Ÿ” ุจูŽุซู‘ูŽ : ููุนู’ู„ูŒ ู…ูŽุงุถู ุŒ
๐Ÿ” ูˆูŽููŽุงุนูู„ูู‡ู ู…ูุณู’ุชูŽุชูุฑูŒ
๐Ÿ” ุจูŽุซู‘ูŽ : ููุนู’ู„ูŒ ู…ูŽุงุถู
dan faโ€™ilnya itu tersembunyi, yakni kembali kepada Allah
 ูˆูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง : ุฌูŽุงุฑูŒ ูˆูŽ ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ุŒ
 jadi huma nya jar majrur
 ูˆูŽ ุฑูุฌูŽุงู„ู‹ุง : ู…ูŽูู’ุนููˆู’ู„ูŒ ุจูู‡ู ู…ูŽู†ู’ุตููˆู’ุจูŒ
dan ุฑูุฌูŽุงู„ู‹ุง itu sebagai maful bih yang manshub.


๐Ÿ‘‰Thoyyib

ููŽ (ุงู„ุฑุฌุงู„) : ุฌูŽู…ู’ุนู ุชูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู   ู…ูŽู†ู’ุตููˆู’ุจูŒุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽูู’ุนููˆูŒู„ูŒ ุจูู‡ู ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ู†ูŽุตู’ุจูู‡ู ุงู„ููŽุชู’ุญูŽุฉู
๐Ÿ“ŒMaka ุฑูุฌูŽุงู„ู‹ุง dari ayat
 ูˆูŽ ุจูŽุซู‘ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุฑูุฌูŽู„ู‹ุง
ini adalah jamak taksir yang dinashobkan karena dia adalah maful bih dan tanda nashobnya adalah fathah. Thoyyib

๐ŸŽฏูˆูŽ ู‚ูŽูˆู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽู„ูŽู‰ : {ูˆูŽ ู„ูู„ุฑูุฌูŽุงู„ู ุนูŽู„ูŽูŠู‡ูู†ู‘ูŽ ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ}
โ˜˜ dan juga firman Allah Subhanahu Wa Taโ€™alaa

{ูˆูŽ ู„ูู„ุฑูุฌูŽุงู„ู ุนูŽู„ูŽูŠู‡ูู†ู‘ูŽ ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ}
dan bagi laki-laki itu yang memiliki derajat diatas wanita.

ููŽู€ (ุงู„ุฑูุฌูŽุงู„ู) : ุฌูŽู…ุนู ุงู„ุชูŽูƒุณููŠุฑู ู…ูŽุฌุฑููˆุฑูŒุŒ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุณูุจูู‚ูŽ ุจูุญูŽุฑูู ุฌูŽุฑู‘ู ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ุงู„ูƒูŽุณุฑูŽุฉู

โ˜˜ Maka ุงู„ุฑูุฌูŽุงู„ู dalam ayat
 ูˆูŽ ู„ูู„ุฑูุฌูŽุงู„ู ุนูŽู„ูŽูŠู‡ูู†ู‘ูŽ ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ
Ia merupakan jamak taksir yang dijarkan.
Kenapa dijarkan? Karena dia didahului oleh huruf jar dan tanda jarnya adalah kasroh.

ูˆูŽ ู„ูู„ุฑูุฌูŽุงู„ู ุนูŽู„ูŽูŠู‡ูู†ู‘ูŽ ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ
ini ada dalam surah Al Baqoroh ayat 228.

Iโ€™robnya
ูค) ุงู„ุจูŽู‚ูŽุฑูŽุฉู : ู…ูู†ูŽ ุงู„ุงู“ูŠูŽุฉู (ูขูขูจ)
๐Ÿ” . ู„ูู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู : ุงู„ู‘ูŽุงู…ู : ุญูŽุฑู’ููŒ ุฌูŽุฑู‘ู ุŒ ูˆูŽ ุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู : ุงูุณู’ู…ูŒ ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ุŒ ูˆูŽุงู„ุฌูŽุงุฑู ูˆ ุงู„ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑู ุฎูŽุจูŽุฑูŒ ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŒ

jadi ุงู„ุฑูุฌูŽุงู„ู dalam
 ูˆูŽ ู„ูู„ุฑูุฌูŽุงู„ู ุนูŽู„ูŽูŠู‡ูู†ู‘ูŽ ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ
merupakan jar majrur sebagai khobar muqoddam. Ini contoh khobar yang didahulukan.

๐Ÿ“Hukum asalnya mubtada dulu baru khobar, tapi ada keadaan dimana khobar boleh dikedepankan bahkan ada keadaan dimana khobar wajib dikedepankan.

Contohnya dalam ayat ini, karena mubtadanya nakiroh  ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ adalah mubtadanya ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ muโ€™akhor. Mubtada yg diakhirkan ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ karena dia nakiroh, maka khobarnya wajib didahulukan.

 รฆ๐Ÿ“Œ ูˆูŽ ู„ูู„ุฑูุฌูŽุงู„ู ุนูŽู„ูŽูŠู‡ูู†ู‘ูŽ ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ ini wajib. โœ”

Tidak boleh
 รฆ๐Ÿ“Œ ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉู ู„ูู„ุฑูุฌูŽุงู„ู. โŒ

Ini memang harus
Aรฆ๐Ÿ“Œ ู„ูู„ุฑูุฌูŽุงู„ู ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ โœ”. seperti itu.


๐Ÿ” ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู†ู‘ูŽ : ุฌูŽุงุฑูŒ ูˆูŽู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ
dan ayat

 ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฌูŽุงุฑูŒ ูˆูŽู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ
๐Ÿ”ูˆูŽุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ : ู…ูุจู’ุชูŽุฏูŽุฃูŒ ู…ูุคูŽุฎู‘ูŽุฑูŒ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒ ูˆูŽุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑูŽุฉู ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงโ€ŒูŽุฎูุฑูู‡ู.

Dan ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ merupakan mubtada muโ€™akhor, mubtada yang diakhirkan, marfuโ€™ yang dirofaโ€™kan dan tanda rofaโ€™nya adalah dhommah yang nampak pada akhirnya.

Jadi jelas ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉูŒ itu yang nampak pada akhirnya.

____________________


ููŽูˆูŽุงุฆูุฏูŽ ูˆูŽุชูŽู†ู’ุจููŠู’ู‡ุงูŽุชูŒ :
Faidah-faidah dan catatan penting

ูก. ูŠูุนู’ุฑูŽุจู ุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู ุจุงูู„ู’ุญูŽุฑูŽูƒุงูŽุชู ุงู„ูู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑูŽุฉู ุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : ูˆูŽุชูŽุฑูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ุณููƒูŽูฐุฑูŽู‰ูฐ ูˆูŽู…ุงูŽู‡ูู…ู’ ุจูุณููƒูŽูฐุฑูŽู‰


1๐Ÿ”นJamak taksir ada juga yang muโ€™robnya dengan harokat muqoddaroh tentunya kalau kita bicara muqoddaroh, selalu kita bicara pada kata yang diakhiri oleh huruf illat, dalam ayat ini

ูˆูŽุชูŽุฑูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ุณููƒูŽูฐุฑูŽู‰ูฐ,

รฆ๐Ÿ“ŒุณููƒูŽูฐุฑูŽู‰ูฐ ini ada alifnya. Maka kita katakan ุณููƒูŽูฐุฑูŽู‰ูฐ yakni, muqoddaroh.
รฆ๐Ÿ“Œ ุงู„ูู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑูŽุฉูŒ alal alifi, ada alif maqsurohnya.


2๐Ÿ”นKemudian yang kedua

ูŠูŽุฌู’ุฑู ุฌูŽู…ู’ุนู ุงู„ุชู‘ูŽูƒู’ุณููŠู’ุฑู ุจูุงู„ู’ููŽุชู’ุญูŽุฉู ู†ููŠูŽุงุจูŽู‡ู ุนูŽู†ู ุงู„ู’ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุบูŽูŠู’ุฑู  ู…ูู†ู’ุตูŽุฑูููุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ :<< ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ู†ูŽุตูŽุฑูŽูƒูู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠ ู…ูŽูˆูŽุงุทูู†ูŽ ูƒูŽุซููŠุฑูŽุฉู

Contohnya dalam ayat
 ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ู†ูŽุตูŽุฑูŽูƒูู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠ ู…ูŽูˆูŽุงุทูู†ูŽ ูƒูŽุซููŠุฑูŽุฉู
sungguh Allah benar-benar telah menolong kalian dibanyak negara/wilayah, dibanyak bumi.

โ˜˜ Contoh adalah ู…ูŽูˆูŽุงุทูู†ูŽ, bentuknya merupakan shigot muntahal jumuโ€™.
Dan shigot muntahal jumuโ€™ termasuk ghoiru munshorif.

Makanya ketika dia didahului huruf jar
รฆ๐Ÿ“Œ tidak dibaca  ูููŠ ู…ูŽูˆูŽุงุทูู†ู โŒ
รฆ๐Ÿ“Œ tetap ูููŠ ู…ูŽูˆูŽุงุทูู†ูŽ.

Dan juga ูˆูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ contohnya juga firman Allah Subhanahu Wa Taโ€™alaa :

 ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฒูŽูŠู‘ูŽู†ู‘ูŽ  ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกูŽ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ุจูู…ูŽุตูŽุงุจููŠุญูŽ

โ˜˜ Sungguh kami telah menghiasi langit dunia dengan ู…ูŽุตูŽุงุจููŠุญูŽ jamaknya (misbah) lampu, tapi yang dimaksud adalah bintang-bintang.

รฆ๐Ÿ“Œ ู…ูŽุตูŽุงุจููŠุญูŽ ini ghoiru munshorif, kenapa? karena dia shigot mumtahal jumuโ€™.

Intinya yang ingin disampaikan oleh pengarang kitab Al Mumtiโ€™, Syaikh Salim, bahwa cara mengiโ€™robnya sama seperti isim mufrod.

โœ’ Jika isim mufrod diakhiri oleh huruf illat, maka dia muqoddaroh.
โœ’ Kemudian kalau isim mufrod dan jamak taksir tandanya bukan tanda aslinya tetapi tetap harokat.

๐Ÿ“Maka kita katakan ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉ . Jadi kalau kita mengiโ€™rob tadi
ูููŠ ู…ูŽูˆูŽุงุทูู†ูŽ ูƒูŽุซููŠุฑูŽุฉู :
ูููŠ ุญูŽุฑู’ููŒ ุฌูŽุฑู‘ู
ู…ูŽูˆูŽุงุทูู†ูŽ ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ุจู(ูููŠู’) ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู " ููŽุชู’ุญูŽุฉูŒ ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ " ุนูŽู†ู ุงู„ู’ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู

dan tanda jarnya adalah fathah,

 ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู
sebagai ganti dari kasroh.


Thoyyib barangkali cukup sampai disini, semoga bermanfaat.

--------------------------------------

ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู“ู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู…
ุณุจุญุงู†ูƒ ุงู„ู„ู‡ู… ูˆุจุญู…ุฏูƒุŒ ุฃุดู‡ุฏ ุฃู† ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุฃู†ุชุŒ ุฃุณุชุบูุฑูƒ ูˆุฃุชูˆุจ ุฅู„ูŠูƒ
ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡



โœ๐Ÿป Tim Transkrip BINAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar