Senin, 06 Maret 2017

Dars 27: Amil Jazm

๐Ÿ“ Transkrip Materi BINAR Pekan 13
๐ŸŽง Pengisi Materi :: Ustadz Abu Razin
๐Ÿ“š Dars 27 :: Aamil Jazm : Yang Menjazmkan 1  Fi'il
โŒ› Durasi audio ::  21.51 menit

---------------------------------------

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡  ูˆุนู„ู‰ ุงู„ู‡ ูˆ ุตุญุจู‡  ูˆู…ู† ูˆุงู„ุงู‡, ุฃู…ุง ุจุนุฏ.

Alhamdulillah kita masih melanjutkan kembali pelajaran kita dari kitab al-mumti Fii Syaril Ajurrumiyyah, dan kita masih di pembahasan ุจูŽุงุจู ุงู„ุฃูุนูŽู„. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang *ุฌูŽูˆูŽุงุฒูู…ู ุงู„ู…ูุถูŽุงุฑูุนู* halaman 77
Tentang yang menjazmkan fi'il mudhari .


ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ููู ุฑุญู… ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ : (ูˆูŽ ุงู„ุฌูŽูˆูŽุงุฒูู…ู ุซูŽู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉูŽ ุนูŽุดูŽุฑูŽุŒ ูˆูŽู‡ููŠูŽ : ู„ูŽู…ู’ุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุงุŒ ูˆูŽุฃูŽู„ูŽู…ู’ุŒ ูˆูŽุฃูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุงุŒ ูˆูŽู„ูŽุงู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู ูˆูŽ ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกูุŒ ูˆูŽู„ูŽุงููŽูŠ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠู ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ุŒ ูˆูŽู…ูŽุงุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ุŒ ูˆูŽู…ูŽู‡ู’ู…ูŽุงุŒ ูˆูŽุฅูุฐู’ู…ูŽุงุŒ ูˆูŽุฃูŽูŠู‘ูŒุŒ ูˆูŽู…ูŽุชูŽู‰ุŒ ูˆูŽุฃูŽูŠู‘ูŽุงู†ูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽูŠู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‰ุŒ ูˆูŽุญูŽูŠู’ุซูู…ูŽุงุŒ ูˆูŽูƒูŽูŠู’ููŽู…ูŽุงุŒ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ูููŠู’ ุงู„ุดู‘ูุนู’ุฑู ุฎูŽุงุตู‘ูŽุฉู‹ )

Berkata Mushonnif yakni Ibnu Ajurrum Ash-Shonhaji (semoga Allah merahmatinya)

ูˆูŽ ุงู„ุฌูŽูˆูŽุงุฒูู…ู ุซูŽู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉูŽ ุนูŽุดูŽุฑูŽุŒ
Jadi yang menjazmkan, atau amil jazm itu ada 18.

โ™ป Alhamdulillah kemaren kita sudah belajar tentang amil nashab, amil nashab ada 10, yaitu:

( ุฃูŽู†ู’ุŒ ูˆูŽู„ูŽู†ู’ุŒ ูˆูŽุฅูุฐูŽู†ู’ุŒ ูˆูŽูƒูŽูŠู’ุŒ ูˆูŽ ู„ุงูŽู…ู ูƒูŽูŠู’ุŒ ูˆูŽู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฌูุญููˆู’ุฏูุŒ ูˆูŽุญูŽุชู‘ูŽู‰ุŒ ูˆูŽุงู„ุฌูŽูˆูŽุงุจู ุจูุงู„ููŽุงุกู ูˆูŽุงู„ูˆูŽุงูˆู ูˆูŽุฃูŽูˆู’)

๐Ÿ”นDan sekarang kita membahas apa saja amil-amil jazm. Disini disebutkan ada 18, yaitu :
๐Ÿ“Œู„ูŽู…ู’
๐Ÿ“Œู„ูŽู…ู‘ูŽุง
๐Ÿ“ŒุงูŽู„ูŽู…ู’
๐Ÿ“ŒุงูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง
๐Ÿ“Œู„ูŽุงู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู
๐Ÿ“Œู„ูŽุงู…ู ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู
๐Ÿ“Œู„ูŽุงููŽูŠ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ู‰ู
๐Ÿ“Œู„ูŽุงููŽูŠ ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุก ู
๐Ÿ“Œุฅูู†ู’
๐Ÿ“Œู…ูŽุง
๐Ÿ“Œู…ูŽู†ู’
๐Ÿ“Œู…ูŽู‡ู’ู…ูŽุง
๐Ÿ“Œุฅูุฐู’ู…ูŽุง
๐Ÿ“ŒุฃูŽูŠู‘ูŒ
๐Ÿ“Œู…ูŽุชูŽู‰
๐Ÿ“ŒุฃูŽูŠู‘ูŽุงู†ูŽุง
๐Ÿ“ŒุฃูŽูŠู’ู†ูŽ
๐Ÿ“ŒุฃูŽู†ู‘ูŽู‰
๐Ÿ“ŒุญูŽูŠู’ุซูู…ูŽุง
๐Ÿ“ŒูƒูŽูŠู’ููŽู…ูŽุง
๐Ÿ“Œ ุฅูุฐูŽุง
Idza yang artinya apabila
ูููŠู’ ุงู„ุดู‘ูุนู’ุฑู ุฎูŽุงุตู‘ูŽุฉู‹
Khusus pada syair saja.


ุงู„ุดู‘ูŽุฑู’ู‡ู :
Penjelasan.

 ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ููŽุฑูŽุบูŽ ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ููู ุฑูŽุญูู…ูŽู‡ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ู…ูู†ู’ ุฐููƒู’ุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽูˆูŽุงุตูุจู ุดูŽุฑูŽุนูŽ ูููŠู’  ุฐููƒู’ุฑู ุงู„ุฌูŽูˆูŽุงุฒูู…ู.
Setelah Mushonif ini Ibnu Ajurrum Ash-Shonhaji, selesai menyebutkan amil-amil penashab, beliau yakni Ibnu Ajurrum Ash-Shonhaji mulai menyebutkan amil-amil penjazm.

ูˆูŽุงู„ุฃูŽุตู’ู„ู ูููŠู’  ุฌูŽุฒู’ู…ู ุงู„ููุนู’ู„ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู’ู†ูŽ ุจูุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ูุŒ
Dan hukum asal ketika menjazmkan fi'il tandanya adalah sukun. Hukum asal jazm itu adalah sukun.

ูˆูŽ ูŠูŽู†ููˆู’ุจูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ูููŠู’ ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู ุŒ
Dan sukunnya ini diganti dengan membuang nun pada fi'il yang lima. Jadi kalau selain fi'il yang lima, jazm nya dengan sukun.
Contoh nya misalkan, asalnya

a๐Ÿ€ ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจู ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ , menjadi
a๐Ÿ€ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจู’ ุฒูŽูŠู’ุฏูŒ

Asalnya ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจู dhommah marfu', ketika ada ู„ูŽู…ู’ menjadi majzum dengan sukun ูŒู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจู’ ุฒูŽูŠู’ุฏ

Tapi kalau fiil yang lima, dia jazm nya bukan dengan sukun tapi dengan membuang nun. Misalnya:

a๐Ÿ€  ุงู„ุทู‘ูู„ู‘ูŽุงุจู ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจููˆู’ู†ูŽ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฌูŽุงู…ูุนูŽุฉู

Ketika ada ู„ูŽู…ู’
 a๐Ÿ€ ูุงู„ุทู‘ูู„ู‘ูŽุงุจู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจููˆู’ุง ุฅู„ู‰ ุงู„ุฌูŽุงู…ูุนูŽุฉ

Asalnya ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจููˆู’ู†ูŽ, tapi ketika ada ู„ูŽู…ู’ nun nya dibuang.
menjadi  ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจููˆู’ุง

ูˆูŽ ุญูŽุฐู’ูู ุญูŽุฑู’ูู ุงู„ุนูู„ู‘ูŽุฉู ูููŠู’ ุงู„ููุนู’ู„ู ุงู„ู…ูุนู’ุชูŽู„ู‘ู ุงู„ุขุฎูุฑูุŒ
Dan sukunnya ini diganti juga dengan membuang huruf ilat, kapan? Yaitu pada fiil yang diakhiri dengan huruf ilat.

Jadi kalau fi'il yang lima, yang dibuang adalah  nunnya. Tapi kalau fi'il yang diakhiri oleh huruf ilat, yang dibuang adalah huruf ilat nya. Fi'il yang diakhiri oleh huruf ilat, misalnya ูŠูŽุฏู’ุนููˆ
kita katakan misalnya :

๐Ÿ€ asalnya  ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ุงู„ูƒูŽุงููุฑู
"seorang kafir berdoa"
Asalnya ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ada ูˆ nya disitu, Ketika ada ู’ู„ูŽู… di depan nya

โ˜˜menjadi ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏู’ุนู ุงู„ูƒูŽุงููุฑู
Langsung dibuang ูˆ nya jadi pendek dibacanya
  ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏู’ุนู ุงู„ูƒูŽุงููุฑู

Ini contoh fiil yang diakhiri oleh huruf ilat.
Baik huruf ilatnya wawu sepertiโžก ูŠูŽุฏู’ุนููˆ,
maka dibuang wawu nya โžก ูู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏู’ุน ,

Atau ya' sepertiโžก ูŠูŽุฑู’ู…ููŠ
maka dibuang ya' nya menjadiโžก ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฑู’ู…ู,

Ataupun yang diakhiri alif sepertiโžก ูŠูŽุฎู’ุดูŽู‰,
maka dibuang alif nya menjadiโžก ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฎู’ุดูŽ


ูˆูŽู‡ููˆูŽ  ูŠูุฌู’ุฒูŽู…ู ุฅูุฐูŽุง ุณูŽุจูŽู‚ูŽู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏู ุงู„ุฃูŽุฏูŽูˆูŽุงุชู ุงู„ุฌูŽุงุฒูู…ูŽุฉู.
Dan fi'il mudhari itu dijazmkan apabila didahului oleh salah satu dari adat-adat, atau huruf-huruf, atau amil-amil jazm.

ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูุณู’ู…ูŽูŠู’ู†ู :
Dan amil jazm itu bisa kita bagi menjadi dua kelompok.
 ุงู„ู‚ูุณู’ู…ู ุงู„ุฃูŽูˆู‘ูŽู„
1โƒฃ Kelompok yang pertama.

ูก- ู…ูŽุงูŠูŽุฌู’ุฒูู…ู ููุนู’ู„ุงู‹ ูˆูŽุญูุฏู‹ุงุŒ
Yaitu Amil yang menjazmkan satu fiil saja. Jadi kalau pake yang pertama, amil jazm yang menjazmkan hanya satu fi'il saja.

ูˆูŽู‡ููŠูŽ : ู„ูŽู…ู’ุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุงุŒ ูˆูŽู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑูุŒ ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกูุŒ ูˆูŽู„ุงูŽูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠูุŒ ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู.

Tadikan disebutkan bahwasanya amil jazm itu ada 18 dari ู„ูŽู…ู’ sampai ุฅูุฐูŽุง , kemudian disini dijelaskan bahwasanya dari 18 amil jazm itu, bisa kita bagi menjadi dua kelompok.

๐Ÿ”นKelompok yang pertama yang menjazmkan satu buah fi'il saja, tidak lebih. Yaitu  :

1.๐Ÿ“ŒรŸ. ู„ูŽู…ู’ tidak
2.๐Ÿ“ŒรŸ. ู„ูŽู…ู‘ูŽุง belum
3.๐Ÿ“ŒรŸ. ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑ = lam yang maknanya perintah
4.๐Ÿ“ŒรŸ.  ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู= lam yang maknanya harapan
5.๐Ÿ“ŒรŸ. ู„ุงูŽูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠู = laa yang artinya jangan, ููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠู pada larangan. Atau
6.๐Ÿ“ŒรŸ. ู„ุงูŽูููŠ ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู = laa pada permohonan.

Nanti kita akan jelaskan
apa bedanya ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑ sama   ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุก,
Kemudian bedanya ู„ุงูŽูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠู  sama ู„ุงูŽูููŠ ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู.

----------------------------------------------
๐Ÿ“‘๐Ÿ‘ฃ
Disini ada catatan kaki untuk pembahasan ini

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง (ุฃูŽู„ูŽู…ู’ุŒ ูˆูŽุฃู„ูŽู…ู‘ูŽุง) ููŽุฃูŽุตู’ู„ูู‡ูู…ูŽุง (ู„ูŽู…ู’ุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง) ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุฒููŠู’ุฏูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ูŽุง ู‡ูŽู…ู’ุฒู’ุฉู ุงู„ุฅูุณู’ุชูู’ูู‡ูŽุงู…ู

Adapun ุฃูŽู„ูŽู…ู’ dan ุฃูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง , sebenarnya aslinya adalah ู„ูŽู…ู’ dan ู„ูŽู…ู‘ูŽ . Hanya saja  ุฃูŽู„ูŽู…ู’ dan ุฃูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ini adalah ู„ู’ู…  sama ู„ูŽู…ู‘ูŽุง yang ditambah pada keduanya hamzah istifham, jadi hukumnya mengikuti ู„ูŽู…ู’  dan ู„ูŽู…ู‘ูŽุง. Jadi kesimpulannya dari 18 itu, yang masuk ke kelompok pertama adalah :
๐Ÿ”น-  ู„ูŽู…ู’ , ู„ูŽู…ู‘ูŽุง
dan juga turunannya  ู„ูŽู…ู’  dan ู„ูŽู…ู‘ูŽุง , yaitu
๐Ÿ”น- ุฃูŽู„ูŽู…ู’ dan ุฃูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง
Kemudian
 ๐Ÿ”น- ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑูุŒ ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกูุŒ

๐Ÿ”น- ูˆูŽู„ุงูŽูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠูุŒ ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู.

Jadi memang urutannya sudah disusun sedemikian rupa, sehingga bisa langsung kita kelompokkan. Bahwasanya dari

ู„ูŽู…ู’ุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุงุŒ ุฃูŽู„ูŽู…ู’ุŒ ูˆูŽุฃู„ูŽู…ู‘ูŽุง, ูˆูŽู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑูุŒ ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกูุŒ ูˆูŽู„ุงูŽูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠูุŒ ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู.

Ini semua termasuk amil jazm yang menjazmkan satu buah fi'il saja.

------------------------------------------

ุงู„ู‚ูุณู’ู…ู ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠ
2โƒฃ kelompok yang ke dua
ู…ูŽุง ูŠูŽุฌู’ุฒูู…ู ููุนู’ู„ูŽูŠู’ู†ู ุŒ ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุงู„ุจูŽู‚ู

Yaitu amil jazm yang menjazmkan dua fi'il. Jadi bukan hanya menjazmkan satu fiil saja, tapi dua fiil, ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุงู„ุจูŽู‚ู dan dia adalah sisanya. Maksudnya tadi kan kita sebutkan ada 18, maka sisanya itu adalah kelompok yang kedua. Dari mulai ุฅู†ู’

ุฅูู†ู’ ุŒ ูˆูŽู…ูŽุง ุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุŒ ูˆูŽู…ูŽู‡ู’ู…ูŽุง ุŒ ูˆูŽุฅูุถู’ู…ูŽุง ุŒ ูˆูŽุฃูŽูŠู‘ูŒ ุŒ ูˆูŽู…ูŽุชูŽู‰ ุŒ ูˆูŽุฃูŽูŠู‘ูŽุง ู†ูŽ ุŒ ูˆูŽุฃูŽูŠู’ู†ูŽ ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‰ ุŒ ูˆูŽุญูŽูŠู’ุซูู…ูŽุงุŒ ูˆูŽูƒูŽูŠู’ููŽู…ูŽุงุŒ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง
Ini semua menjazmkan dua fi'il.

Kemudian setelah itu, setelah kita dikenakan bahwasanya amil jazm ada 18. Kemudian dari 18 amil jazm dibagi lagi menjadi 2 kelompok. Kelompok yang pertama yang menjazmkan satu fi'il, kelompok kedua yang menjazmkan dua fi'il.

Disini beliau (pengarang kitab al-Mumti') mulai menguraikan makna dari setiap huruf dan juga contoh-contohnya.


1โƒฃ. Yang pertama ู„ูŽู…ู’ , ู„ูŽู…ู’ itu artinya tidak atau belum.

ู„ูŽู…ู’ : ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุญูŽุฑู’ูู ู†ูŽูู’ูŠู ูˆูŽุฌูŽุฒู’ู…ู ูˆูŽู‚ูŽู„ู’ุจู ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰: {ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู„ูุฏู’ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠููˆู’ู„ูŽุฏู’}

Lam adalah
ุญูŽุฑู’ูู ู†ูŽูู’ูŠู
- huruf nafi', nafi' itu artinya peniadaan (tidak).

ูˆูŽุฌูŽุฒู’ู…ู
- jazm, artinya menjadikan fi'il mudhari itu majzum.

ูˆูŽู‚ูŽู„ู’ุจู
- qolbin, qolbin ini membalik.

---------------------------
๐Ÿ“‘๐Ÿ‘ฃ
Disini ada catatan kaki apa yang dimaksud dengan "membalik" yaitu ู„ูŽู…ู’ ini membalik dari fi'il mudhari menjadi makna madhi. Sehingga kalo kita menggunakan  ู„ูŽู…ู’ ini berarti artinya memang "tidak"
---------------------------

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:
Contohnya adalah firman Allah Subhanahu wa ta'ala
{ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู„ูุฏู’ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠููˆู’ู„ูŽุฏู’}
"Tidak melahirkan dan tidak pula dilahirkan".

๐Ÿ€Asalnya ูŠูŽู„ูุฏู dan ูŠูู„ูŽุฏู ketika ada ู„ูŽู…ู’
โ˜˜jadi sukun ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู„ูุฏู’ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠููˆู’ู„ูŽุฏู’


2โƒฃ. Kemudian hurf jazm yang kedua


ูˆูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง : ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุญูŽุฑู’ูู ู†ูŽูู’ูŠู ูˆูŽุฌูŽุฒู’ู…ู ูˆูŽู‚ูŽู„ู’ุจู
Lamma juga sama seperti ู„ูŽู…ู’ kalau kita ngirab nanti, cara bacanya seperti ini :

ู„ูŽู…ู’ ุญูŽุฑู’ูู ู†ูŽูู’ูŠู ูˆูŽุฌูŽุฒู’ู…ู ูˆูŽู‚ูŽู„ู’ุจู

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰: {ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ูŠูŽู„ู’ุญูŽู‚ู‘ููˆู’ุง ุจูู‡ูู…ู’}
Ini dalam surat al-Jumu'ah ayat 3

Kemudian yang  ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ูŠูŽู„ู’ุญูŽู‚ู‘ููˆู’ุง ุจูู‡ูู…ู’

๐Ÿ€ Asalnya ูŠูŽู„ู’ุญูŽู‚ู‘ููˆู’ุงู†ูŽ , ketika ada ู„ูŽู…ู‘ูŽุง dibuang
 nun nya
โ˜˜ menjadi  ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ูŠูŽู„ู’ุญูŽู‚ู‘ููˆู’ุง ุจูู‡ูู…ู’

Ini dalam surat al-Jumu'ah ayat 3.

-----------------
๐Ÿ“‘๐Ÿ‘ฃ
Disini ada catatan kaki yang menerangkan masalah ู„ูŽู…ู‘ูŽุง .
 jadi ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ini ู…ูุซู’ู„ู ู„ูŽู…ู’ ,  Seperti ู„ูŽู…ู’

ูˆูŽููŽุงุฑูŽู‚ูŽุชู’ู‡ูŽุง ูููŠ ุจูŽุนู’ุถู ุงู„ุฃูู…ููˆู’ุฑูุŒ
Akan tetapi ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ini berbeda dengan ู„ูŽู…ู’ pada sebagian perkara (hal)

ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง:ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู…ูŽู†ู’ูููŠูŽ ุจูู‡ูŽุง ู…ูุชูŽูˆูŽู‚ู‘ูŽุนู ุญูุตููˆู’ู„ูู‡ู
Diantaranya yang membedakan antara  ู„ูŽู…ู’ dan ู„ูŽู…ู‘ูŽุง   bahwasanya yang dinafi'kan, sesuatu yang di negasikan (yang ditiadakan) terjadi hasilnya (ู…ูุชูŽูˆูŽู‚ู‘ูŽุนู ุญูุตููˆู’ู„ูู‡ู).

๐Ÿ’ก Jadi bedanya kalau kita ngomong pake ู„ูŽู…ู‘ูŽุง, ini artinya belum saja. Tapi pada kemudian hari, in syaa Allah akan terjadi.
Seperti ketika Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman :
ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ูŠูŽุฐููˆู‚ููˆุง ุนูŽุฐูŽุงุจูŽ
"Mereka belum merasakan adzab".
Ini belum saja, nanti pun akan merasakan adzabnya. Jadi ini bedanya ู„ูŽู…ู’ sama  ู„ูŽู…ู‘ูŽุง.

Jadi kalau kita mengatakan
ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฃูŽุฃู’ูƒูู„ู’
"Saya belum makan".
Setelah dia ngomong mungkin dia akan makan.

Jadi ini bedanya ู„ูŽู…ู’ sama  ู„ูŽู…ู‘ูŽุง.

---------------------------

3โƒฃ. Kemudian huruf jazm yang ketiga. ูˆูŽู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู‹ุฑ lam yang menunjukkan makna perintah.

ูˆูŽู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู: ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ูŠูุทู’ู„ูŽุจู ุจูู‡ูŽุง ุงู„ู’ููุนู’ู„ู ุŒ

Dan ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู adalah lam yang dengan lam nya ini, menuntut (meminta) adanya perbuatan.

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:
Contohnya firman Allah Subhanahu wa ta'ala

{ู„ููŠูู†ู’ููู‚ู’ ุฐููˆู’ ุณูŽุนูŽุฉู}
"Hendaknya orang-orang yang memiliki keluasan, berinfaq".

๐Ÿ€ Asalnya ูŠูู†ู’ููู‚ู , ketika ada ู„ Disini, maka menjadi majzum. Karena lamnya adalah lam yang bermakna perintah.

Dan ini harus kita bedakan antara ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ sama ู„ูŽุงู…ู ูƒูŽูŠู’ .
- Kalo  ู„ูŽุงู…ู ูƒูŽูŠู’ itu menjadikan fi'il mudhari setelahnya menjadi manshub.
- Tapi kalau ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ menjadikan fi'il setelahnya majzum.

Dan lihat karena  ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ sama ู„ูŽุงู…ู ูƒูŽูŠู’ ini sama-sama li, kalau nempel sama fi'il mudhari, dia bentuknya li ( ู„ููŠูู†ู’ููู‚ู’ )

Misalkan.
 ุฌูุฆู’ุชู ู„ูุฃู‚ู’ุฑูŽุกูŽ
๐Ÿ’กUntuk membedakan mana yang  ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ dengan ู„ูŽุงู…ู ูƒูŽูŠู’, lihat konteks kalimatnya. Tentu kalau kita mengatakan ุฌูุฆู’ุชู ู„ูุฃู‚ู’ุฑูŽุกูŽ  maka lam disini adalah lam yang menyatakan tujuan atau supaya.
โœ… "Saya datang supaya bisa membaca"

Tidak mungkin kalau kita membaca ุฌูุฆู’ุชู ู„ูุฃู‚ู’ุฑูŽุกูŽ  maksudnya
โŒ "Saya datang agar saya / hendaknya saya membaca". Ini gak mungkin sebagai perintah.

Jadi untuk membedakan antara ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ dengan ู„ูŽุงู…ู ูƒูŽูŠู’, dilihat dari konteks kalimatnya.

:{ู„ููŠูู†ู’ููู‚ู’ ุฐููˆู’ ุณูŽุนูŽุฉู}
Ini surat ath-Tholaq ayat 7.


ูˆูŽุชูŽุฃูŽุชููŠ ู„ูู„ุฏู‘ูุนูŽุงูŽุกู ุนูู†ู’ุฏูŽู…ูŽุง ูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุงู„ุทู‘ูŽู„ูุจู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ู†ูŽุญูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽู„ูŽู‰: {ู„ููŠูŽู‚ู’ุถู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ}

Dan ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ  ini digunakan juga untuk doa (untuk permohonan).
Ketika permohonan nya itu ditujukan kepada Allah, maka kita gak boleh mengatakan ini perintah. Tapi kita mengatakan ini do'a.

Jadi kalau kita ngomong nya sama manusia, misalkan bos kepada bawahannya, itu namanya memerintahkan. Si bos memerintahkan bawahannya untuk mengerjakan sesuatu. Tapi kalau dari bawahan ke bos, tentu kita gak mungkin mengatakan "bawahannya memerintah kepada bosnya", tapi kita katakan bahwa "bawahannya meminta tolong kepada bosnya".

๐Ÿ’ก Begitupun hubungan antara kita dengan Allah, kalau khitob-khitob dalam Al-Quran kepada manusia, kepada orang islam, itu disebut dengan perintah. Tapi kalau permohonan kita kepada Allah tidak boleh dikatakan ini ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ , tapi kita katakan ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุก lam sebagai bentuk permohonan.

Disini contohnya,
{ู„ููŠูŽู‚ู’ุถู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ}
Ini surat az-Zukhruf ayat 77

"Hendaknya Tuhan mu itu memutuskan atas kami  (memutuskan tentang perkara kami)".

Karena ini berkaitan dengan Tuhan, tentu kita tidak boleh mengatakan ini perintah, karena Allah itu tidak bisa diperintah. Adapun kalau dari Allah kepada manusia, atau dari manusia yang lebih tinggi derajatnya kepada yang lebih rendah derajatnya, ini disebut dengan ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ .

๐Ÿ’ก Jadi pada hakikatnya  ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ sama ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุก sama, bedanya hanya dari sisi siapa yang memerintah dan siapa yang diperintah.

4โƒฃ. Kemudian huruf jazm yang keempat laa nahiyah.

ูˆูŽู„ูŽุงุงู„ู†ู‘ูŽุงู‡ููŠูŽุฉู: ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ูŠูุทู’ู„ูŽุจู ุจูู‡ูŽุง ุชูŽุฑู’ูƒู ุงู„ููุนู’ู„ู ุŒ

๐Ÿ”นJadi kalau ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ itu meminta dilakukannya sesuatu,
๐Ÿ”น kalo  ู„ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงู‡ููŠูŽุฉู meminta ditinggalkannya sesuatu. Jadi permintaan untuk meninggalkan sebuah perbuatan disebut sebagai  ู„ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงู‡ููŠูŽุฉู .

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰: {ู„ูŽุงุชูŽุญู’ุฒูŽู†ู’}
Contohnya firman Allah Subhanahu wa ta'ala ู„ูŽุงุชูŽุญู’ุฒูŽู†ู’ "janganlah kamu bersedih!".
Ini dalam surat at-Taubah ayat 40

ูˆูŽุชูŽุฃูŽุชููŠ ู„ูู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰:{ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ู„ูŽุงุชูุคูŽุงุฎูุฐู’ู†ูŽุข}
๐Ÿ€ Dan  ู„ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงู‡ููŠูŽุฉู ini digunakan juga untuk doa (permohonan).
Contohnya firman Allah Subhanahu wa ta'ala :

ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ู„ูŽุงุชูุคูŽุงุฎูุฐู’ู†ูŽุข
"Tuhan kami, janganlah engkau anggap dari kami".

Tentu karena ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง disini kita sedang berbicara kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, kita tidak boleh mengatakan bahwa ini adalah   ู„ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงู‡ููŠูŽุฉู (laa larangan), tapi kita katakan  ู„ูŽุง ููŠ ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุก laa yang bermakna permohonan, kita memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar tidak menganggap perbuatan yang kita lakukan atau kita lupa.

Ini dalam surat Al-Baqarah ayat 286.

---------------
๐Ÿ“‘๐Ÿ‘ฃ
Disini ada catatan kaki

ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ููู:(ูˆูŽู„ูŽุงู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกูุŒ ูˆูŽู„ูŽุงูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ููŠู ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู) ุฅูุดูŽุงุฑูŽุฉูŒ  ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู‡ูŽุงุชูŽูŠู’ู†ู ุงู„ุฃูŽุฏูŽุงุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ู„ูŽุง ุชูŽู„ููŠู’ู‚ูŽุงู†ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ุชูŽูƒููˆู’ู†ูŽุง ู„ูู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกูุŒ ููŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูุนู’ู…ูŽุฑู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูู†ู’ู‡ูŽู‰

Perkataan Mushonnif : adalah isyarat bahwasanya Kedua macam amil jazm ini, tidak layak kita sandingkan dengan kalimat Allah Subhanahu wa ta'ala, kecuali kalo itu bentuknya adalah permohonan.

๐Ÿ’กJadi gak mungkin kita mengatakan istilah  ู„ุงูŽู…ู ุงู„ุฃูŽู…ุฑ dan ู„ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงู‡ููŠูŽุฉู untuk Allah. Karena yang mungkin bagi seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa ta'ala adalah memohonnya. Jadi,

โ™ป Tidak ada istilah  ู„ูŽุงู…ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู , adanya istilah ู„ูŽุงู…ู ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู
โ™ป Tidak ada istilah ู„ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงู‡ููŠูŽุฉ , adanya istilah  ู„ูŽุง ููŠ ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุก

๐Ÿ†Jadi ini salah satu adzab ulama kita terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala, tidak hanya memikirkan masalah penggunaan istilah saja, bahkan penggunaan istilahnya pun itu diperhatikan, mana yang cocok untuk manusia dan mana yang selayaknya kita sematkan (kita sandingkan) bersamaan dengan nama Allah yang maha besar.

ููŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุงูŠูุนู’ู…ูŽุฑู ูˆูŽู„ูŽุงูŠูู†ู’ู‡ูŽู‰
Maka Allah itu tidak diperintah dan tidak pula dilarang.

Jadi sebagai bentuk adab kita kepada Allah Subhanahu wa ta'ala kita bedakan istilahnya.

๐Ÿ”น Kalau untuk Allah istilahnya  ู„ูŽุงู…ู ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกู
๐Ÿ”น sama  ู„ูŽุง ููŠ ุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุก


ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู…ูŽุนูŽ ุบูŽูŠู’ุฑูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฏู’ู†ูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽุนู’ู„ูŽู‰ ููŽู†ูุณูŽู…ู‘ููŠู’ู‡ูู…ูŽุง  ุณูุคูŽุงู„ู‹ุง ู„ูŽุง ุฏูุนูŽุงุกู‹.
Adapun kalau pembahasan ini terkait dengan hal selain Allah, apabila dari yang lebih rendah kedudukannya kepada yang lebih tinggi kedudukannya, maka kita namakan dia sebagai ุณูุคูŽุงู„ู‹ุง  sebagai permohonan (sebagai permintaan), bukan do'a.

๐Ÿ’ก
 Jadi kalau kita bicara dengan sesama manusia, dari orang yang lebih rendah kedudukannya, misalkan dari anak buah kepada bosnya, ini istilahnya adalah su'al (ุณูŽุคูŽุงู„ู‹ุง), jadi bukan do'a juga.

Jadi ada perbedaan istilah, do'a itu istilah khusus yang hanya digunakan antara hamba dengan Allah Subhanahu wa ta'ala. Tapi kalau sesama manusia istilahnya bukan do'a, tapi istilahnya adalah su'al (permohonan).

ูŠูู†ู’ุธูŽุฑู ุดูŽุฑู’ุญู ุงุจู’ู†ู ุนูุซูŽูŠู’ู…ููŠู’ู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุฌูุฑู‘ููˆู’ู…ููŠู‘ูŽุฉูุŒ
Silahkan dilihat syarih Ibnu Utsaimin alal al-Ajurrumiyah

Bahwasanya Ibnu Utsaimin mempunyai Syarah dari kitab Ajurrumiyah, dan beliau membahas tentang masalah ini

ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูุตููˆู’ู„ู ู…ูู†ู’ ุนูู„ู’ู…ู ุงู„ุฃูุตููˆู’ู„ู.
Dan juga kitab Ibnu Utsaimin yang lain, al-Ushuul min 'ilmil-Ushuul.

Barangkali untuk sesi yang pertama dicukupkan sampai disini dulu, karena ini sudah lumayan panjang pembahasannya.

semoga bermanfaat.

ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู“ู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู…
ุณุจุญุงู†ูƒ ุงู„ู„ู‡ู… ูˆุจุญู…ุฏูƒุŒ ุฃุดู‡ุฏ ุฃู† ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุฃู†ุชุŒ ุฃุณุชุบูุฑูƒ ูˆุฃุชูˆุจ ุฅู„ูŠูƒ
ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡



--------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar