_LANJUTAN 3_
๐ฃ๐
Ini kita lihat di catatan kakinya
(ูง) ู
ูููููู
ู ุงุจููู ู
ูุงูููู ููุงุจููู ููุดูุงู
ุ ููููุธูุฑู ุงูุชููุตูุฑูููุญ ู (ูข /ูฃูฅูง)
Jadi kalo ulama Bashrah dan para muhaqqiqin termasuk pengarang kitab Alfiyah, mereka berpendapat bahwa penashab fiil mudhari itu,
ูููู ุงูุฃูุฑูุจูุนูุฉู ุงูุฃูููููู ู
ูููููุง ููููุทู.
Dia 4 huruf pertama saja yaitu, ุฃูููุ ููููููุ ููุฅูุฐููู ุ ูููููู.
ููุฃูู
ููุง ุงูุจููููููุฉู
Adapun sisanya, yaitu
ููุงู
ู ูููู
ูุงูู
ู ุงูุฌูุญูููุฏ
ุญูุชููู
ููุงูุฌูููุงุจู ุจูุงูููุงุกู ููุงูููุงูู ููุฃูู
ูููููููููู ุงููููุตูุจู ุจูุนูุฏูููุง ุจูุฃููู ู
ูููุฏููุฑูุฉู ุฌูููุงุฒูุง ุฃููู ููุฌูููุจูุง .
๐ฏAdapun yang menjadikan nashab itu bukan hurufnya, tetapi ุฃููู yang di takdirkan baik secara jawazan atau secara wujuban.
ุฌูููุงุฒูุง ุจูุนูุฏู ููุงู
ู ุงูุชููุนููููููู (ูจ) ููููุฌูููุจูุง ุจูุนูุฏู ุงูุจูุงููู
Jawazan itu setelah lam ta'lil, lam ta'lil itu yang ููุงู
ู ูููู
Dan wujub ini sisanya. Jadi
ูุงูู
ู ุงูุฌูุญูููุฏ
ุญูุชููู
ููุงูุฌูููุงุจู ุจูุงูููุงุกู ููุงูููุงูู ููุฃูู
Ada 5 sisanya, ini ุฃููู muqoddarah nya itu wujuuban.
Kita lihat disini, di catatan kaki no 8
(ูจ ) ููุฌูููุงุฒู ุธูููููุฑูููุง
Karena bolehnya menampakkannya, contohnya firman Allah ta'ala.
ููุงูู ุงูููู ุชูุนูุงููู : (ูู ุฃูู
ูุฑูุชู ููุฃููู ุฃููููููู ุฃูููููู ุงูู
ูุณูููู
ููููู)
"Dan aku diperintahkan untuk menjadi orang pertama yang berislam."
๐Jadi kalo menurut ulama kuffah, termasuk Ibnu Ajurrum Ash-Shonhaji, pokoknya 10 huruf nashab ini, menashabkan secara langsung.
Jadi kalo kita ngi'rob misalnya
ูฆู {ููุงุตูุจูุฑู ุญูุชููู ููุญูููู
ู ุงููููฐูู}.
Itu dikatakan
๐ุญูุชููู: ุญูุฑููู ููุตูุจู ููุญูููู
ู ู
ูููุตูููุจู ุจูุญูุชููู
Ini yang mengatakan bahwa ุญูุชููู ini adalah huruf nashab.
๐Tapi menurut ulama Bashrah dan muhaqqiqin _dan memang ini pendapat yang lebih kuat_ bahwa yang menashabkan ini bukan ุญูุชููู nya, tapi huruf ุฃููู yang di takdirkan (disembunyikan).
Jadi asalnya
ููุงุตูุจูุฑู ุญูุชููู ุฃููู ููุญูููู
ู ุงููููฐูู
Makannya kita kalo ngirabnya nanti, kalo menurut pendapat ulama Bashrah ุญูุชููู ููุญูููู
ู ini, kita katakan ููุญูููู
ู ini
๐ ููุญูููู
ู : ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูููุตูููุจู ุจูุฃูู ู
ูููุฏููุฑูุฉู ุจูุนูุฏู ุญูุชููู.
Dengan ุฃููู yang ditakdirkan setelah ุญูุชููู
Ini ู
ุงุดุงุก ุงููู.. ini salah satu yang menunjukkan bahwasannya ilmu nahwu ini, merupakan ilmu yang sangat istimewa, karena sampai alasan kenapa suatu kata dibaca seperti itu, itu ada filosofinya, ada penjelasannya ู
ุงุดุงุก ุงููู
๐ Bahwa kalo menurut ulama Kuffah 10 huruf nashab itu, semua langsung menashabkan nya. Seperti kalo ada kalimat
ููุงุตูุจูุฑู ุญูุชููู ููุญูููู
ู ุงููููฐูู
Kita katakan ููุญูููู
ู ini ู
ูููุตูููุจู ุจูุญูุชููู,โก langsung
๐ Tapi kalo ulama Bashrah dan para peneliti yang lain _dan memang ini pendapat yang lebih kuat_ dari 10 huruf nashab,
๐ก yang menashabkan dengan dirinya sendiri itu ada 4, yaitu ุฃูููุ ููููุ ุฅูุฐููู ุ ูููู.
Adapun sisanya yaitu,
ููุงู
ู ูููู
ูุงูู
ู ุงูุฌูุญูููุฏ
ุญูุชููู
ุงูุฌูููุงุจู ุจูุงูููุงุกู ููุงูููุงูู ููุฃูู
๐ก 6 sisanya ini, dia yang menashabkan itu bukan hurufnya tapi ุฃููู yang ditakdirkan.
Contohnya kalo ayat
ููุงุตูุจูุฑู ุญูุชููู ููุญูููู
ู ุงููููฐูู
Itu ngirabnya
ููุญูููู
ู : ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูููุตูููุจู ุจูุฃูู ู
ูููุฏููุฑูุฉู ุจูุนูุฏู ุญูุชููู.
Seperti itu cara ngi'rob nya.
๐ฏDan disini dijelaskan juga, kalo kasusnya pada lamu ta'lil ( ููุงู
ู ูููู )
kita katakan itu ุจูุฃูู ู
ูููุฏููุฑูุฉู ุฌูููุงุฒูุง
๐ฏTapi kalo sisanya, dari ูุงูู
ู ุงูุฌูุญูููุฏ sampai ุฃููู ini muqoddaratan nya ููุฌูููุจูุง ุ secara wajib.
Kenapa kalo kalo ููุงู
ู ุชูุนููููููู ini jawazan? Karena contohnya dalam firman Allah Subhanallaah wata'ala,
(ูจ ) ูู ุฃูู
ูุฑูุชู ููุฃููู ุฃููููููู ุฃูููููู ุงูู
ูุณูููู
ููููู
"Dan aku diperintahkan agar aku menjadi orang muslim yang pertama."
Kita ambil contoh ููุฃููู ุฃููููููู , nah sebelum ุฃููููููู ini ada ุฃููู nya โก ููุฃููู boleh ditampakkan ููุฃููู ุฃูููููู
Adapun pada sisanya, sama sekali tidak boleh ditampakkan ุฃููู nya.
๐ฏJadi kalo ููุงู
ู ุชูุนูููููู
boleh ditampakkanโก ูููุฃููู ุฃูููููู
Boleh juga โก ููุฃููููููู
๐ฏTapi kalo ูุงูู
ู ุงูุฌูุญูููุฏ misalkan, tadi ayatnya
ููู
ูุง ููุงูู ุงููููฐูู ููููุถูููุนู ุฅูููู
ูููููู
ู
Ini benar-benar tidak boleh kita mengatakan:
ููู
ูุง ููุงูู ุงููููฐูู ููุฃููู ููุถูููุนู ุฅูููู
ูููููู
ู โ
Ini gak boleh.
Karena dia harus *DITAKDIRKAN* (disembunyikan) seperti itu.
Thoyyib.
____________________________
Ini masih ada lagi contoh-contoh.
ุงูู
ูุซูููุฉู ุนูููู ุงูููุนููู ุงูู
ูุถูุงุฑูุนู ุงูู
ูููุตูููุจู ุจูุฃููู ู
ูุถูู
ูุฑูุฉู ููุฌูููุจูุง :
Contoh-contoh fi'il mudhori' yang dinashabkan dengan ูุฃููู ู
ูุถูู
ูุฑูุฉู dengan ุฃู,
รฆ๐ ู
ูุถูู
ูุฑูุฉู ini maksudnya disembunyikan
รฆ๐ ููุฌูููุจูุง secara wajib.
Berarti selain lam ta'lil.
ุจูุนูุฏู ุญูุชููู :
๐Setelah hatta
ูุงู ุชูุฃููููู ุญูุชููู ุชูุฌูููุนูุ
"Janganlah kamu makan, sampai kamu lapar "
ูุงู ุชูุฏูุฎููู ุญูุชููู ููุคูุฐููู ูููู.
"Janganlah kamu masuk, sampai kamu diizinkan"
๐Setelah ู
ุจุนูุฏู ููุงุกู ุงูุณููุจูุจููููุฉู : ูุงู ุชูููู
ููู ููุชูููุฏูู
ู ุ
"Dan janganlah kamu malas, Maka kamu akan menyesal."
Kemudian
ููููุชู ูููู ู
ูุง ูุงู ููุฃูุญูุฌูู ุจููู.
Cobalah saya punya harta, maka saya akan berhaji dengan nya
ุจูุนูุฏู (ุฃููู) :
๐Setelah ุฃููู contohnya
ููุฃูููุชูุธูุฑูููู ุฒูููุฏูุง ุฃููู ููุฌูููุฆูุ
"Saya benar-benar akan menunggu si Zaid sampai dia datang".
Seperti tadi sudah dijelaskan ุฃููู ini artinya ุฅูููุง atau ุฅูู
Kemudian contohnya
ุฅุณูุชูุณูููููุง โฌ
ุฅุณูุชูุณููููู - ููุณูุชูุณููููู
ููุฃูุณูุชูุณูููููููู ุงูุตููุนูุจู ุฃููู ุฃูุฏูุฑููู ุงูู
ููููู.
ุงูู
ููููู = artinya harapan
"Saya benar-benar akan mempermudah _menganggap enteng sebuah kesulitan_ sampai harapan didapatkan "
ุจูุนูุฏู ูุงูู
ู ุงููุฌูุญูููุฏู : kemudian kalimat
๐Setelah lam juhud,
ู
ูุง ููููุชู ูุฃูุฎููููู ุงูููุนูุฏูุ
"Tidaklah aku akan mengingkari janji"
ููููู
ู ุฃููููู ูุฃูููููุถู ุงููุนูููุฏู
"Dan tidaklah aku akan melanggar perjanjian"
ุจูุนูุฏู ููุงูู ุงููู
ุนูููุฉู :
๐Setelah wawu ma'iyah
ููุง ุชุฃูู
ูุฑู ุจูุงูุตููุฏููู ูู ุชูููุฐูุจูุ
"Janganlah kamu memerintahkan untuk jujur, disaat yang sama kamu berdusta."
ููุง ุชุฃููููู ุงูุณููู
ููู ูู ุชูุดูุฑูุจู ุงูููุจููู.
"Janganlah kamu makan ikan, disaat yang sama (sambil) minum susu."
Thoyyib.
_____________________________
_bersambung_
Tidak ada komentar:
Posting Komentar