_LANJUTAN 2_
๐ฃ๐
Disini ada footnote nya, catatan kakinya
ููุงุกู ุงูุณููุจูุจููููุฉู: ุฃููู ุงูููุงุกู ุงูู
ูููููุฏูุฉู ูููุณููุจูุจููููุฉู
๐ฏ No 3. Yang dimaksud dengan ู sababiyah adalah ู yang berfaidah sebagai sababiyah, menjelaskan sebab
ูููููู ุฅูููุงุฏูุฉู ุฃูููู ู
ูุง ููุจูููููุง ุณูุจูุจู ููู
ููุง ุจูุนูุฏูููุง
Dan dia itu berfaidah untuk menjelaskan apa yang sebelumnya merupakan sebab-sebab bagi apa yang ada setelahnya.
Contohnya :
ู
ุซู : ุฃูู
ููุง ุงููููุงููุนูุฉู ููู ุฌูููุงุจู ูููููู: ููููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู: { ููุง ููููุถูู ุนูููููููู
ู ููููู
ูููุชููุง} (ูฅ)
{ ููุง ููููุถูู ุนูููููููู
ู ููููู
ูููุชููุง}
Mereka tidak dibinasakan, sampai mereka mati.
Ini dalam surat al-Fathir ayat 36
Ini contoh penjelasan ู sababiyah
๐ฏIni ada footnote tentang tholab
(ูค) ุงูุทููููุจู ูููููููู ุจูุงูุฃูู
ูุฑู ููุงูุฏููุนูุงุกูุูู ุงูููููููู ููุงูุฅูุณูุชูููููุงู
ู ุููุงูุนูุฑูุถูุ ููุงูุชููุญูุถูููุถู ,ููุงูุชููู
ูููููู , ููุงูุชููุฑูุฌูููู.
(4) permintaan itu bisa dengan perintah, bisa dengan permohonan, larangan, pertanyaan, ุนูุฑูุถู ini adalah permintaan dengan lemah lembut.
Misalkan kalo kita mengatakan pada seseorang yang kita hormati, tentu kita akan mengatakannya dengan sangat sopan. Misalnya
ุฃููุง ุชูุฌูููุณู ู
ูุนููู ุญูุชููู ุชูุชูุญูุฏููุซ
"Tidakkah kamu mau duduk-duduk bersama saya, sehingga kita bisa ngobrol-ngobrol (bercakap-cakap). "
๐ Nah ini.... Disebut sebagai ุนูุฑูุถ
Permintaan yang sifatnya dengan sangat sopan
Selanjutnya ููุงูุชููุญูุถูููุถู, kalo ุนูุฑูุถ itu dengan lembut,
๐ kalo ุชูุญูุถููุถ ini dengan anjuran, dengan sedikit memerintah. Ini bedanya ุนูุฑูุถ sama ุชูุญูุถููุถ
๐ Selanjutnya ููุงูุชููู
ูููููู ,ุชูู
ููููู ini artinya berandai-andai, mengharapkan sesuatu, yang kejadiannya itu mendekati mustahil.
โป Adapun ุชูุฑูุฌูููู ini mengharapkan sesuatu yang mungkin terjadi.
Jadi ini definisi dari pada ุทูููุจู.
Kita ulang saja, biar lengkap.
________________________
ูู ุงูุซููุงู
ููู: ููุงุกู ุงูุณููุจูุจููููุฉู
8โฃ. Yang ke 8 ู sababiyah.
ุงููููุงููุนูุฉู ููู ุฌูููุงุจู ูููููู ุฃููู ุทูููุจู
Yang terdapat pada menjawab nafiy, ูููููู penafiyan ุฃููู ุทูููุจู atau permintaan.
ุฃูู
ููุง ุงููููุงููุนูุฉู ููู ุฌูููุงุจู ูููููู
๐Adapun yang terdapat pada jawab nafiy, Contohnya adalah firman Allah Subhanallaah wata'ala
{ ููุง ููููุถูู ุนูููููููู
ู ููููู
ูููุชููุง}
"Allah tidak membinasakan mereka, maka mereka mati."
ูุฃูู
ููุง ุงููููุงููุนูุฉู ููู ุฌูููุงุจู ุทูููุจู
๐Adapun yang terjadi pada menjawab permintaan, contohnya adalah
ููููุญููู : ุชูุนููููู
ู ุงููุนูููู
ู ููููููููุนููู
"pelajarilah ilmu!" _kenapa kalo kita mempelajari ilmu?_
"maka ilmu itu akan memberikan kamu manfa'at."
๐กJadi ini yang dimaskud dengan ู sababiyah, adalah kalimat sebelumnya menjadi alasan bagi kalimat setelahnya.
Contohnya ุชูุนููููู
ู ุงููุนูููู
ู "pelajarilah ilmu."
Kenapa kalo kita mempelajari ilmu?
kalo kita mempelajari ilmu ููููููููุนููู, "maka ia akan memberikan manfaat kepadamu." Jadi ini penjelasan dari ู sababiyah.
ููุงูุชููุงุณูุนู : ููุงูู ุงููู
ูุนูููููุฉู (ูฆ)
9โฃ. Yang ke 9 adalah wawu ma'iyah. Kita lihat disini penjelasannya.
Apa itu wawu ma'iyah?
ุฃูู ุงูููุงูู ุงูู
ูููููุฏูุฉู ููููู
ูุนููููุฉู ูููููู ุงูู
ูุตูุงุญูุจูุฉูุ
๐ฎ Wawu yang berfaidah untuk ma'iyah (kebersamaan)
ููุชูููููุฏู ุฃูููู ู
ูุงููุจูููููุง ู
ูุตูุงุญูุจู ููู
ูุง ุจูุนูุฏูููุง
Maka wawu ma'iyah ini memberikan faidah, bahwa apa yang ada setelah nya itu "membersamai-i" apa yang ada setelahnya.
Kita kembali lagi.
ููุงูุชููุงุณูุนู : ููุงููุงูู
ูุนููููุฉู (ูฆ) : ุงูููุงููุนูุฉู ููู ุฌูููุงุจู ูููููู ุฃููู ุทูููุจู.
Wawu ma'iyah yang terdapat pada menjawab nafi' atau tholab, permintaan.
ููุงูููููููู ููููููููู: ููุง ููููููู ุนููู ุฎููููู ููููุฃูุชููู ู
ูุซูููู.
"Jangan kita melarang dari sebuah perbuatan,"
(kita tidak boleh melarang dari sebuah perbuatan), ููููุฃูุชููู ู
ูุซูููู
"disaat yang sama kita malah melakukannya."
Ini maksudnya.
๐กJadi wawu ma'iyah itu seperti ini. Kalimat yang ada setelahnya itu membersama-i kalimat yang sebelumnya.
ููุง ููููููู ุนููู ุฎููููู
๐Jadi, "jangan kita melarang sebuah perbuatan'
ููููุฃูุชููู ู
ูุซูููู.
"Sedangkan disaat yang sama kita malah ngasih contohnya.' Ini gak boleh.
- Ini contoh wawu ma'iyah dalam kalimat nafi'.
Adapun contoh penggunaan wawu ma'iyah dalam kalimat yang sifatnya tholab atau permintaan,
ููุญูู ููููููู : ุฒูุฑูููู ููุฃูููุฑูู
ููู.
๐"Kunjungilah aku,"
kenapa? ููุฃูููุฑูู
ููู dan kalo kamu mengunjungi aku, "saya memuliakan kamu."
- Jadi ini contoh wawu ma'iyah dalam kalimat tholab, permintaan.
Thoyyib.
๐. Yang ke 10, ini yang terakhir ุฃููู
ูุงูุนูุงุดูุฑู : (ุฃููู) ุงูููุชูู ุจูู
ูุนูููู (ุฅูููุง) ุฃููู (ุฅููู)
Huruf nashab yang ke 10 ุฃููู yang artinya kecuali atau "ke"
ููุญููู : ุงูุถูุฑูุจู ุงูู
ูุฐูููุจู ุฃููู ููุชูููุจู ุฃููู ุฅูููุง ุฃููู ููุชูููุจู ุ ุฃููู ุฅููู ุฃููู ููุชูููุจู
jadi ini ู
ุงุดุงุก ุงููู contohnya
ุงูุถูุฑูุจู ุงูู
ูุฐูููุจู ุฃููู ููุชูููุจ
"Pukullah orang yang melakukan dosa, atau dia bertaubat."
Maksud ุฃููู disini adalah ุฅูููุง ุฃููู ููุชูููุจ kecuali dia bertaubat. Jadi kita boleh memukul seorang pendosa, kecuali dia bertaubat.
Atau maknanya ุฅููู ุฃููู ููุชูููุจู kita pukulin si pendosa itu, sampai dia bertaubat.
Jadi ุฃููู disini yang bermakna ุฅูููุง atau ุฅููู.
๐กKalo bermakna ุฅูููุง
ุงูุถูุฑูุจู ุงูู
ูุฐูููุจู ุฅูููุง ุฃููู ููุชูููุจู ุ
Artinya kita pukuli, *KECUALI* dia bertaubat.
๐กKalo bermakna ุฅููู (sampai) maknanya,
ุงูุถูุฑูุจู ุงูู
ูุฐูููุจู ุฃููู ุฅููู ุฃููู ููุชูููุจู
Pukullah seorang pendosa, *SAMPAI* dia bertaubat.
Jadi ini huruf nashab yang ke 10.
ููุฐูุง ููููุฏู ุฐูููุจู ุงุจููู ุขุฌูุฑููููู
ู ุชูุจูุนูุง ูููููููููููููููููุ ุฅููู ุฃูููู ููุฐููู ุงูุนูุดูุฑูุฉู ุฌูู
ูููุนูููุง ููุงุตูุจู ููููู
ูุถูุงุฑูุนู.
Jadi huruf nashab yang 10 ini,
๐ Ibnu Ajurrum ini mengatakan huruf nashab ada 10, karena dia mengikuti pendapat ulama kuffah, yang mengatakan bahwasannya ke 10 huruf ini seluruhnya adalah penashab fiil mudhari.
ููุฐูููุจู ุงูุจูุตูุฑูููููููู ููุฌูู
ูุงุนูุฉู ู
ููู ุงูู
ูุญูููููููููู (ูง)ุ ุฅููู ุฃูููู ุงููููุงุตูุจู ููููู
ูุถูุงุฑูุนู ูููู ุงูุฃูุฑูุจูุนูุฉู ุงูุฃูููููู ู
ูููููุง ููููุทู ููููู ู: ุฃูููุ ููููููุ ููุฅูุฐููู ุ ูููููู.
ููุฃูู
ููุง ุงูุจููููููุฉู ูููููููููู ุงููููุตูุจู ุจูุนูุฏูููุง ุจูุฃููู ู
ูููุฏููุฑูุฉู ุฌูููุงุฒูุง ุฃููู ููุฌูููุจูุง . ุฌูููุงุฒูุง ุจูุนูุฏู ููุงู
ู ุงูุชููุนููููููู (ูจ) ููููุฌูููุจูุง ุจูุนูุฏู ุงูุจูุงููู
Kata pengarang kitab al-Mumti, jadi kalo ibnu Ajurrum itu mengatakan bahwa huruf nashab itu ada 10. an, lan, idzan, kay sampai aw.
๐ Tapi disini pengarang kitab al-mumti menjelaskan kalo ulama Bashrah dan sekelompok dari muhaqqiqin (muhaqqiqin ini adalah orang-orang yang meneliti yang mentakhkik) apakah benar bahwa huruf nashab ini ada 10? .
_______________________
_bersambung_
Tidak ada komentar:
Posting Komentar