Senin, 06 Maret 2017

Foot note 2

_LANJUTAN 2_

๐Ÿ‘ฃ๐Ÿ“‘
Disini ada footnote nya, catatan kakinya

ููŽุงุกู ุงู„ุณู‘ูŽุจูŽุจููŠู‘ูŽุฉู:  ุฃูŽูŠู’ ุงู„ููŽุงุกู ุงู„ู…ููููŠู’ุฏูŽุฉู ู„ูู„ุณู‘ูŽุจูŽุจููŠู‘ูŽุฉู

๐Ÿ•ฏ No 3. Yang dimaksud dengan ู sababiyah adalah ู yang berfaidah sebagai sababiyah, menjelaskan sebab

 ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุฅูููŽุงุฏูŽุฉู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽุง ู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ูŽุง ุณูŽุจูŽุจูŒ ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูŽุง

Dan dia itu berfaidah untuk menjelaskan apa yang sebelumnya merupakan sebab-sebab bagi apa yang ada setelahnya.

Contohnya :
ู…ุซู„ : ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูˆูŽุงู‚ูุนูŽุฉู ูููŠ ุฌูŽูˆูŽุงุจู ู†ูŽูู’ูŠู:  ููŽู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰: { ู„ูŽุง ูŠูู‚ู’ุถูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ููŽูŠูŽู…ููˆู’ุชููˆุง} (ูฅ)

 { ู„ูŽุง ูŠูู‚ู’ุถูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ููŽูŠูŽู…ููˆู’ุชููˆุง}
Mereka tidak dibinasakan, sampai mereka mati.
Ini dalam surat al-Fathir ayat 36

Ini contoh penjelasan ู sababiyah

๐Ÿ•ฏIni ada footnote tentang tholab

(ูค) ุงู„ุทู‘ูŽู„ูŽุจู ูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุจูุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูุนูŽุงุกูุŒูˆูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ู’ูŠู ูˆูŽุงู„ุฅูุณู’ุชููู’ู‡ูŽุงู…ู ุŒูˆูŽุงู„ุนูŽุฑูŽุถูุŒ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุญู’ุถููŠู’ุถู ,ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽู…ูŽู†ู‘ููŠู , ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุฑูŽุฌู‘ููŠู.

(4) permintaan itu bisa dengan perintah, bisa dengan permohonan, larangan, pertanyaan, ุนูŽุฑูŽุถู ini adalah permintaan dengan lemah lembut.

 Misalkan kalo kita mengatakan pada seseorang yang kita hormati, tentu kita akan mengatakannya dengan sangat sopan. Misalnya

ุฃู„ูŽุง ุชูŽุฌู’ู„ูุณู ู…ูŽุนููŠู’ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุชูŽุญูŽุฏู‘ูŽุซ
"Tidakkah kamu mau duduk-duduk bersama saya, sehingga kita bisa ngobrol-ngobrol (bercakap-cakap). "

๐Ÿ€ Nah ini.... Disebut sebagai ุนูŽุฑูŽุถ
Permintaan yang sifatnya dengan sangat sopan

Selanjutnya ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุญู’ุถููŠู’ุถู, kalo ุนูŽุฑูŽุถ itu dengan lembut,
๐Ÿ€ kalo ุชูŽุญู’ุถููŠุถ ini dengan anjuran, dengan sedikit memerintah. Ini bedanya ุนูŽุฑูŽุถ sama ุชูŽุญู’ุถููŠุถ

๐Ÿ€ Selanjutnya ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽู…ูŽู†ู‘ููŠู ,ุชูŽู…ูŽู†ู‘ููŠ ini artinya berandai-andai, mengharapkan sesuatu, yang kejadiannya itu mendekati mustahil.

โ™ป Adapun ุชูŽุฑูŽุฌู‘ููŠู ini mengharapkan sesuatu yang mungkin terjadi.
Jadi ini definisi dari pada ุทูŽู„ูŽุจู’.
Kita ulang saja, biar lengkap.
________________________

ูˆูŽ ุงู„ุซู‘ูŽุงู…ูู†ู:  ููŽุงุกู ุงู„ุณู‘ูŽุจูŽุจููŠู‘ูŽุฉู
8โƒฃ. Yang ke 8 ู sababiyah.

ุงู„ู’ูˆูŽุงู‚ูุนูŽุฉู ูููŠ ุฌูŽูˆูŽุงุจู ู†ูŽูู’ูŠู ุฃูŽูˆู’ ุทูŽู„ูŽุจู
Yang terdapat pada menjawab nafiy, ู†ูŽูู’ูŠู penafiyan  ุฃูŽูˆู’ ุทูŽู„ูŽุจู atau permintaan.

ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูˆูŽุงู‚ูุนูŽุฉู ูููŠ ุฌูŽูˆูŽุงุจู ู†ูŽูู’ูŠู
๐Ÿ“ŒAdapun yang terdapat pada jawab nafiy, Contohnya adalah firman Allah Subhanallaah wata'ala
{ ู„ูŽุง ูŠูู‚ู’ุถูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ููŽูŠูŽู…ููˆู’ุชููˆุง}
"Allah tidak membinasakan mereka, maka mereka mati."

ูˆุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ูˆูŽุงู‚ูุนูŽุฉู ูููŠ ุฌูŽูˆูŽุงุจู ุทูŽู„ูŽุจู
๐Ÿ“ŒAdapun yang terjadi pada menjawab permintaan, contohnya adalah

ููŽู†ูŽุญู’ูˆู : ุชูŽุนูŽู„ู‘ูŽู…ู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ูŽ ููŽูŠูŽู†ู’ููŽุนูŽูƒูŽ
"pelajarilah ilmu!" _kenapa kalo kita mempelajari ilmu?_
"maka ilmu itu akan memberikan kamu manfa'at."

๐Ÿ’กJadi ini yang dimaskud dengan ู  sababiyah,  adalah kalimat sebelumnya menjadi alasan bagi kalimat setelahnya.

Contohnya ุชูŽุนูŽู„ู‘ูŽู…ู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ูŽ "pelajarilah ilmu."
Kenapa kalo kita mempelajari ilmu?
kalo kita mempelajari ilmu ููŽูŠูŽู†ู’ููŽุนูŽูƒูŽ, "maka ia akan memberikan manfaat kepadamu." Jadi ini penjelasan dari ู sababiyah.

ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุงุณูุนูŽ : ูˆูŽุงูˆู ุงู„ู’ู…ูŽุนูู‘ูŠู‘ูŽุฉู (ูฆ)
9โƒฃ. Yang ke 9 adalah wawu ma'iyah. Kita lihat disini penjelasannya.

Apa itu wawu ma'iyah?

ุฃูŠู’ ุงู„ูˆูŽุงูˆู ุงู„ู…ููููŠู’ุฏูŽุฉู ู„ูู„ู’ู…ูŽุนููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุงู„ู…ูุตูŽุงุญูŽุจูŽุฉูุŒ
๐Ÿ”ฎ Wawu yang berfaidah untuk ma'iyah (kebersamaan)

 ููŽุชููููŠู’ุฏู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽุงู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ูŽุง ู…ูุตูŽุงุญูุจูŒ ู„ูู…ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูŽุง
Maka wawu ma'iyah ini memberikan faidah, bahwa apa yang ada setelah nya itu "membersamai-i" apa yang ada setelahnya.

Kita kembali lagi.

ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุงุณูุนู : ูˆูŽุงูˆูุงู„ู…ูŽุนููŠู‘ูŽุฉู (ูฆ) : ุงู„ูˆูŽุงู‚ูุนูŽุฉู ูููŠ ุฌูŽูˆูŽุงุจู  ู†ูŽูู’ูŠู ุฃูŽูˆู’ ุทูŽู„ูŽุจู.
Wawu ma'iyah yang terdapat pada menjawab nafi' atau tholab, permintaan.

ููŽุงู„ู†ู‘ูŽูู’ูŠู ูƒูŽู‚ูŽูˆู„ููƒูŽ: ู„ูŽุง ู†ูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู’ ุฎูู„ูู‚ู ูˆูŽู†ูŽุฃู’ุชููŠูŽ ู…ูุซู„ูŽู‡ู.
"Jangan kita melarang dari sebuah perbuatan,"
(kita tidak boleh melarang dari sebuah perbuatan), ูˆูŽู†ูŽุฃู’ุชููŠูŽ ู…ูุซู„ูŽู‡ู
 "disaat yang sama kita malah melakukannya."
Ini maksudnya.

๐Ÿ’กJadi wawu ma'iyah itu seperti ini. Kalimat yang ada setelahnya itu membersama-i kalimat yang sebelumnya.

ู„ูŽุง ู†ูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู’ ุฎูู„ูู‚ู
๐Ÿ€Jadi, "jangan kita melarang sebuah perbuatan'

ูˆูŽู†ูŽุฃู’ุชููŠูŽ ู…ูุซู„ูŽู‡ู.
"Sedangkan disaat yang sama kita malah ngasih contohnya.' Ini gak boleh.
- Ini contoh wawu ma'iyah dalam kalimat nafi'.

Adapun contoh penggunaan wawu ma'iyah dalam kalimat yang sifatnya tholab atau permintaan,

ู†ูŽุญูˆู ู‚ูŽูˆู„ููƒูŽ : ุฒูุฑู’ู†ููŠ ูˆูŽุฃููƒู’ุฑูู…ูŽูƒูŽ.
๐Ÿ€"Kunjungilah aku,"
kenapa? ูˆูŽุฃููƒู’ุฑูู…ูŽูƒูŽ dan kalo kamu mengunjungi aku, "saya memuliakan kamu."
- Jadi ini contoh wawu ma'iyah dalam kalimat tholab, permintaan.
Thoyyib.

๐Ÿ”Ÿ. Yang ke 10, ini yang terakhir ุฃูŽูˆู’

ูˆุงู„ุนูŽุงุดูุฑู : (ุฃูŽูˆู’) ุงู„ู‘ูŽุชูู‰ ุจูู…ูŽุนู’ู†ูŽู‰ (ุฅู„ู‘ูŽุง) ุฃูŽูˆู’ (ุฅู„ูŽู‰)
Huruf nashab yang ke 10 ุฃูŽูˆู’ yang artinya kecuali atau "ke"

ู†ูŽุญู’ูˆู : ุงูุถู’ุฑูุจู ุงู„ู…ูุฐู’ู†ูุจูŽ ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุชููˆู’ุจูŽ ุฃูŽูŠู’  ุฅู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชููˆู’ุจูŽ ุŒ ุฃูŽูˆู’ ุฅู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชููˆู’ุจูŽ

jadi ini ู…ุงุดุงุก ุงู„ู„ู‡ contohnya
ุงูุถู’ุฑูุจู ุงู„ู…ูุฐู’ู†ูุจูŽ ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุชููˆู’ุจ
"Pukullah orang yang melakukan dosa, atau dia bertaubat."

Maksud ุฃูŽูˆู’ disini adalah ุฅู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชููˆู’ุจ  kecuali dia bertaubat. Jadi kita boleh memukul seorang pendosa, kecuali dia bertaubat.
Atau maknanya ุฅู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชููˆู’ุจูŽ kita pukulin si pendosa itu, sampai dia bertaubat.

Jadi ุฃูŽูˆู’ disini yang bermakna ุฅู„ู‘ูŽุง atau ุฅู„ูŽู‰.

๐Ÿ’กKalo bermakna ุฅู„ู‘ูŽุง
ุงูุถู’ุฑูุจู ุงู„ู…ูุฐู’ู†ูุจูŽ ุฅู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชููˆู’ุจูŽ ุŒ
Artinya kita pukuli, *KECUALI* dia bertaubat.

๐Ÿ’กKalo bermakna ุฅู„ูŽู‰ (sampai) maknanya,
ุงูุถู’ุฑูุจู ุงู„ู…ูุฐู’ู†ูุจูŽ ุฃูŽูˆู’ ุฅู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชููˆู’ุจูŽ
Pukullah seorang pendosa, *SAMPAI* dia bertaubat.

Jadi ini huruf nashab yang ke 10.


ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงุจู’ู†ู ุขุฌูุฑู‘ููˆู’ู…ูŽ ุชูŽุจูŽุนู‹ุง ู„ูู„ู’ูƒููˆู’ูููŠู‘ููŠู’ู†ูŽุŒ ุฅู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุนูŽุดูŽุฑูŽุฉูŽ ุฌูŽู…ููŠู’ุนูŽู‡ูŽุง ู†ูŽุงุตูุจูŒ ู„ูู„ู’ู…ูุถูŽุงุฑูุนู.
Jadi huruf nashab yang 10 ini,
๐Ÿ Ibnu Ajurrum ini mengatakan huruf nashab ada 10, karena dia mengikuti pendapat ulama kuffah, yang mengatakan bahwasannya ke 10 huruf ini  seluruhnya adalah penashab fiil mudhari.

ูˆูŽุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ุจูŽุตูŽุฑููŠู‘ููˆู’ู†ูŽ ูˆูŽุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู…ูุญูŽู‚ู‘ูู‚ููŠู’ู†ูŽ (ูง)ุŒ ุฅู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุตูุจูŽ ู„ูู„ู’ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ู‡ููŠูŽ ุงู„ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽุฉู ุงู„ุฃููˆู’ู„ูŽู‰ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุทู’ ูˆูŽู‡ููŠ ูŽ: ุฃูŽู†ู’ุŒ ูˆูŽู„ูŽู†ู’ุŒ ูˆูŽุฅูุฐูŽู†ู’ ุŒ ูˆูŽูƒูŽูŠู’.

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุจูŽู‚ููŠู‘ูŽุฉู ููŽูŠูŽูƒููˆู’ู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูŽุง ุจูุฃูŽู†ู’ ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑูŽุฉู‹ ุฌูŽูˆูŽุงุฒู‹ุง ุฃูŽูˆู’  ูˆูุฌููˆู’ุจู‹ุง . ุฌูŽูˆูŽุงุฒู‹ุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ู„ูŽุงู…ู ุงู„ุชู‘ูŽุนู’ู„ููŠู’ู„ู (ูจ) ูˆูŽูˆูุฌููˆู’ุจู‹ุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ุจูŽุงู‚ููŠ

Kata pengarang kitab al-Mumti, jadi kalo ibnu Ajurrum itu mengatakan bahwa huruf nashab itu ada 10.  an, lan, idzan, kay sampai aw.

๐Ÿ Tapi disini pengarang kitab al-mumti menjelaskan kalo ulama Bashrah dan sekelompok dari muhaqqiqin (muhaqqiqin ini adalah orang-orang yang meneliti yang mentakhkik) apakah benar bahwa huruf nashab ini ada 10? .

_______________________
_bersambung_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar