๐ Transkrip Materi BINAR Pekan 13
๐ง Pengisi Materi :: Ustadz Abu Razin
๐ Dars 29 :: Bab Marfuat Al Asmaa
โ Durasi audio :: 11.48 menit
-----------------------------------------------------------------
ุงูุณูุงู
ุนูููู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
ุงูุญู
ุฏ ููู ูุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู
ุนูู ุฑุณูู ุงููู ูุนูู ุงูู ู ุตุญุจู ูู
ู ูุงูุงู, ุฃู
ุง ุจุนุฏ.
Alhamdulillah kita masih melanjutkan pembahasan dari Kitab Al Mumtiโ Fii Syarhil Ajurrumiyyah, dan Alhamdulillah kita sudah sampai ke pembahasan ุจูุงุจู ู
ูุฑูููููุนูุงุชู ุงูุฃูุณูู
ูุงุกู bab tentang isim-isim yang dirofaโkan.
ููุงูู ุงูู
ูุตูููููู ุฑุญู
ู ุงููู ูุชุนุงูู:
Berkata pengarang kitab Al Ajurrumiyyah yaitu Ibnu Ajurum Ash-Shanhaji
ุจูุงุจู ู
ูุฑูููููุนูุงุชู ุงูุฃูุณูู
ูุงุกู :
*Bab tentang isim-isim yang dirofaโkan.*
ุงูู
ูุฑูููููุนูุงุชู ุณูุจูุนูุฉู
isim yang dirofaโkan itu ada 7.
Maksud dari ุงูู
ูุฑูููููุนูุงุชู adalah, yang dirofaโkan disini maksudnya adalah kedudukan isim dalam kalimat bahasa arab yang wajib rofaโ itu ada 7. Jadi, kedudukan kata dalam kalimat bahasa arab yang wajib rofaโ itu ada 7. Sebagaimana yang sering kita pelajari, kalau kita belajar jumlah fiโliyyah misalkan. Disitu ada fiil ada fail. Dimana fail harus marfuโ. Maka fail termasuk yang marfuโat, dari yang 7 itu. Kemudian ketika kita belajar mubtada dan khobar. Kita tahu bahwasannya mubtada dan khobar ini harus marfuโ.
Berarti fail kemudian mubtada, yang ketiga khobar. Dia termasuk dari 7 kedudukan kata dalam bahasa arab yang wajib marfuโ.
Jadi Alhamdulillah dalam bab ini kita akan pelajari apa saja kedudukan kata dalam kalimat yang wajib marfuโ.
Thoyyib
Kita baca lagiโฆ
ุงูู
ูุฑูููููุนูุงุชู ุณูุจูุนูุฉู
yang dirofaโkan itu ada 7.
ูู ูููู : ุงูููุงุนูููุ
1โฃ yang pertama : *Fail*
Ini jelas.
Contohnya
ุฌูุงุกู ุฒูููุฏู
Kenapa ุฒูููุฏู disini kita baca marfuโ? Karena dia fail dan kaidahnya fail itu harus marfuโ, makanya bacanya
ุฌูุงุกู ุฒูููุฏู
bukan
ุฌูุงุกู ุฒูููุฏู
atau
ุฌูุงุกู ุฒูููุฏู.
2โฃ Kemudian yang kedua
ูู ุงูู
ูููุนููููู ุงูููุฐูู ููู
ู ููุณูู
ูู ููุงุนูููููุ
yang kedua kedudukan kata yang wajib marfuโ adalah *mafโul yang tidak disebut failnya*. Ini adalah istilah lain dari *naibul fail*.
Apa itu naibul fail? Naibul fail adalah pengganti fail dan ini kita temukan pada fiil yang majhul pada fiil binaa majhul dimana kalau kita bahas fiil binaa maโlum, maka kita mencari mana failnya, mana pelakunya. tapi kalau kita membahas fiil binaa majhul yang kita cari bukan failnya tapi naibul fail, pengganti failnya. Jadi yang kedua kedudukan kata dalam bahasa arab yang harus marfuโ adalah naibul fail.
Contohnya misalkan
ุถูุฑูุจู ุฒูููุฏู โ
Zaid telah dipukul.
Kenapa
ุถูุฑูุจู ุฒูููุฏู
enggak
ุถูุฑูุจู ุฒูููุฏูุง โ
enggak
ุถูุฑูุจู ุฒูููุฏู. โ
Karena kaidahnya bahwa naibul fail itu marfuโ, seperti itu.
Jadi cara memahami bab ini adalah seperti itu.
Kemudian selanjutnya
3โฃ dan 4โฃ
ููุงูู
ูุจูุชูุฏูุฃู ูู ุฎูุจูุฑูููุ
dan *mubtada beserta khobarnya*. Nah ini kita hitung satu-satu.
Jadi :
yang Pertama fail
Kedua naibul fail
Ketiga mubtada
Keempat khobar mubtada
Jadi kedudukan kata dalam bahasa arab yang wajib marfuโ selain fail, kemudian naibul fail, yang ketiga adalah mubtada, yang keempat adalah khobar.
Dan ini adalah maโruf. insyaAllah kita semua sudah paham bahwa mubtada dan khobar keduanya harus marfuโ.
Seperti misalkan
ุฒูููุฏู ู
ูุฏูุฑููุณู
kenapa
ุฒูููุฏู โ
enggak
ุฒูููุฏูุง โ
enggak
ุฒูููุฏู โ
begitupula kenapa
ู
ูุฏูุฑููุณู โ
enggak
ู
ูุฏูุฑููุณูุง โ
enggak
ู
ูุฏูุฑููุณู โ
karena kaidahnya yang namanya mubtada dan khobar ini harus marfuโ.
Ini yang ketiga dan keempat.
5โฃ Kemudian yang *kelima*
ููุงุณูู
ู ููุงูู ูู ุฃูุฎูููุงุชูููุง ุ
Yang kelima adalah *isim ููุงูู dan saudara-saudaranya.*
Apa yang dimaksud dengan isim ููุงูู? Ini kita sudah bahas di program ilmu nahwu untuk pemula. Kita tahu bahwasannya ููุงูู ini termasuk aamil nawasikh yaitu aamil perusak. Kenapa dinamakan nawasikh? karena dia merusak hukum mubtada dan khobar.
๐นMubtada dan khobar yang asalnya marfuโ keduanya, ketika ada ููุงูู maka dia:
ุชูุฑููุนู ุงูุงุณู
ู ููุชููุตูุจู ุงูุฎูุจูุฑู
_merofaโkan isim atau merofaโkan mubtada dan menashobkan khobar._
Jadi yang marfuโ itu adalah isimnya, Isimnya ููุงูู, adapun khobarnya dia manshub.
Makanya disini dibilangnya
ููุงุณูู
ู ููุงูู ูู ุฃูุฎูููุงุชูููุง
dan isimnya ููุงูู, bukan khobarnya ููุงูู. Karena khobarnya ููุงูู manshub. Yang harus marfuโ adalah isimnya ููุงูู dan saudara-saudaranya. Maksudnya saudara-saudaranya ููุงูู, isim saudaranya ููุงูู seperti :
ุฃูู
ูุณูู, ุฃูุตูุจูุญู, ุฃูุถูุญูู, ุถูููู, ุจูุงุชู, ุตูุงุฑู, ููููุณู,
dan sebagainya.
Contohnya misalkan
ููุงูู ุนูุซูู
ูุงูู ู
ูุฏูุฑููุณูุง
kenapa
ุนูุซูู
ูุงูู โ
enggak
ุนูุซูู
ูุงูู โ
karena Usman dalam kalimat
ููุงูู ุนูุซูู
ูุงูู ู
ูุฏูุฑููุณูุง
ini isimnya ููุงูู, dan kaidahnya isimnya ููุงูู itu harus marfuโ.
Misalkan dari saudaranya ููุงูู, misalkan kita ambil contoh ุฃูุตูุจูุญู, artinya memasuki waktu shubuh.
Kita katakan misalkan
ุฃูุตูุจูุญู ุงูุจูุฑูุฏู ุดูุฏููุฏูุง
di waktu shubuh, dingin itu terasa sangat dingin. Di waktu shubuh sangat dingin.
Nah kenapa
ุฃูุตูุจูุญู ุงูุจูุฑูุฏู โ
enggak
ุฃูุตูุจูุญู ุงูุจูุฑูุฏูุง โ
karena
ุงูุจูุฑูุฏู
dalam kalimat
ุฃูุตูุจูุญู ุงูุจูุฑูุฏู ุดูุฏููุฏูุง
ini merupakan isimnya ุฃูุตูุจูุญู dan kaidahnya, isimnya saudara ููุงูู itu seperti isim ููุงูู dimana dia harus marfuโ. Ini yang kelima.
6โฃ Kemudian *yang keenam*
ูู ุฎูุจูุฑู ุฅูููู ูู ุฃูุฎูููุงุชูููุงุ
*khobarnya ุฅูููู dan saudara-saudaranya.*
Jadi ini ุฅูููู kebalikannya atau lawannya dari ููุงูู.
Kalau ููุงูู yang marfuโ itu isimnya. Kalau ุฅูููู yang marfuโ itu khobarnya. ๐นKarena kalau ููุงูู:
ุชูุฑููุนู ุงูุงุณู
ู ููุชููุตูุจู ุงูุฎูุจูุฑู
_merofaโkan isim dan menashobkan khobar._
๐นAdapun ุฅูููู lawannya
ุชููุตูุจู ุงูุงุณู
ู ููุชูุฑููุนู ุงูุฎูุจูุฑู
_menashobkan isim dan merofaโkan khobar_
sehingga yang marfuโ adalah khobarnya.
Contohnya
ุฅูููู ุจูููุฑูุง ู
ูุฌูุชูููุฏู
sesungguhnya Bakr itu bersungguh-sungguh,
maka kenapa dia dibacanya
ู
ูุฌูุชูููุฏู
karena
ู
ูุฌูุชูููุฏู
disini sebagai khobarnya ุฅูููู.
Dimana khobarnya ุฅูููู , kaidahnya dia harus marfuโ. Begitupun dengan teman-temannya ุฅูููู. Seperti
ุฃูููู, ููููููู , ููููุชู, ููุนูููู
ini semua juga khobarnya marfuโ. Seperti itu.
7โฃ Kemudian *yang ketujuh*.
Kan tadi disebutkan bahwa kedudukan yang wajib marfuโ dalam bahasa arab itu ada 7. Dan ini adalah yang ketujuh.
ููุงูุชููุงุจูุนู ููููู
ูุฑูููููุนูุ
dan *yang mengikuti bagi yang dirofaโkan.*
Jadi ini ada istilah taabiโ. Dan Alhamdulillah kita sudah belajar program nahwu untuk pemula. _Taabiโ atau jamaknya tawabbi_ merupakan kelompok kedudukan dalam bahasa arab yang iโrobnya ini tidak mutlak. Ya seperti kalau fail kan harus marfuโ. Mubtada harus marfuโ. Khobar harus marfuโ. Naibul fail harus marfuโ. Tapi kalau naat, athof, taukid, dan badal ini ga harus marfu. Tergantung kalau yang diikuti marfuโ, maka dia marfuโ. Kalau yang diikuti manshub, ya manshub. Kalau yang diikuti majrur ya majrur. Begitupun kalau majzum ya majzum. Jadi inilah kenapa naat, athof, taukid, dan badal disebut sebagai taabiโ (pengikut).
ูููููู ุฃูุฑูุจูุนูุฉู ุฃูุดูููุงุกู
dan yang namanya taabiโ itu tawaabi ada empat:
1โฃ- ุงููููุนูุชู
sifat
2โฃ- ููุงูุนูุทููู
athof kata sambung
3โฃ- ููุงูุชููููููููุฏูุ
penguat kalimat
4โฃ- ููุงูุจูุฏููู
keterangan pengganti.
Jadi inilah 7 kedudukan dalam kalimat bahasa arab yang harus marfuโ. Kita ulangi:
โYang pertama adalah fail
โ Yang kedua naibul fail
โYang ketiga mubtada
โYang keempat khobar
โYang kelima isimnya ููุงูู dan saudaranya
โYang keenam khobarnya ุฅูููู dan saudaranya
โYang ketujuh attawaabi
ุงูุดููุฑูุญู :
Penjelasan,
ini cukup ringkas karena
ุจูุงุจู ู
ูุฑูููููุนูุงุชู ุงูุฃูุณูู
ูุงุกู
ini sebagai muqoddimah saja. Setelahnya baru dijelaskan secara rinci, 7 ู
ูุฑูููููุนูุงุชู ุงูุฃูุณูู
ูุงุกู ini.
ุงูู
ูุฑูููููุนูุงุชู ูููู : ุงูููุงุนูููุ ูู ุงูู
ูููุนููููู ุงูููุฐูู ููู
ู ููุณูู
ูู ููุงุนูููููุ ููุงูู
ูุจูุชูุฏูุฃู ูู ุฎูุจูุฑูููุ ููุงุณูู
ู ููุงูู ูู ุฃูุฎูููุงุชูููุงุ ูู ุฎูุจูุฑู ุฅูููู ูู ุฃูุฎูููุงุชูููุงุ ููุงูุชููุงุจูุนู ููููู
ูุฑูููููุนูุ
Ini hanya mengulangi saja, kata pengarang kitab Al Mumti,
Penjelasannya, kedudukannya harus marfuโ dalam kalimat bahasa arab itu adalah:
๐1. fail,
๐2. kedua ุงูู
ูููุนููููู ุงูููุฐูู ููู
ู ููุณูู
ูู, yang disingkat sebagai naibul fail,
๐3. yang ketiga mubtada,
๐4. yang keempat khobar,
๐5. yang kelima isimnya ููุงูู dan saudara-saudaranya,
๐6. yang keenam khobarnya ุฅูููู dan saudara-saudaranya,
๐7. yang ketujuh attawaabiโ.
ููู
ูุชูู ููููุนู ุงูุงูุณูู
ู ูููู ุฃูุญูุฏู ููุฐููู ุงูู
ูููุงุถูุนู ููุญูููู
ููู ุงูุฑููููุนู ููุณูุชูู
ูุฑูู ุจููู ู
ูููุตููููุฉู ุจูุงุจูุง ุจูุงุจูุง ุจูุฅูุฐูููุงูููููู ุชูุนูุงููู
Maka kapanpun ada isim yang menempati, salah satu dari beberapa kedudukan ini, maka hukumnya adalah rofaโ. Jadi kalau ada isim yang menempati misalkan fail, maka dia harus marfuโ. Misalkan ุฒูููุฏู kalau dia sebagai pelaku, maka dia harus dibaca ุฒูููุฏู.
ูู ุณูุชูู
ูุฑูู ุจููู ู
ูููุตููููุฉู ุจูุงุจูุง ุจูุงุจูุง
dan insyaaAllah akan selanjutnya yakni setelah dijelaskan tentang bab ู
ูุฑูููููุนูุงุชู ุงูุฃูุณูู
ูุงุกู ini selanjutnya akan ada penjelasannya secara terperinci bab demi bab. Biidznillahi taโalaa dengan izin Allah Subhanahu wa taโalaa. Jadi ini merupakan bab yang sangat ringkas karena ini sebagai muqoddimah saja, dan nanti setelah bab ini, akan ada penjelasan yag lebih rinci. Jadi nanti fail akan dibahas secara detail begitupun naibul fail, mubtada, khobar dan seterusnya. Dan ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kitab Al Ajurrumiyyah. Beliau yakni Ibnu Ajurum Ash-Shanhaji memulas sesuatu dengan gambaran besar, kemudian setelah itu dibahas secara rinci. Dan ini merupakan salah satu kelebihan dari kitab ini. Thoyyib barangkali cukup sampai disini, semoga bermanfaat.
ูุตูู ุงููู ุนูู ูุจููุง ู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุงููู ูุตุญุจู ูุณูู
ุณุจุญุงูู ุงูููู
ูุจุญู
ุฏูุ ุฃุดูุฏ ุฃู ูุง ุฅูู ุฅูุง ุฃูุชุ ุฃุณุชุบูุฑู ูุฃุชูุจ ุฅููู
ูุงูุณูุงู
ุนูููู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
Tidak ada komentar:
Posting Komentar