-------------------------------------------------------------------------
๐ Transkrip Materi BINAR Pekan 9
๐ง Pengisi Materi :: Ustadz Abu Razin
๐ Dars 22 :: Latihan I'rab Isim yang Lima
โ Durasi audio :: 16.14 menit
--------------------------------------------------------------------------
ุงูุณูุงู
ุนูููู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
ุงูุญู
ุฏ ููู ูุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู
ุนูู ุฑุณูู ุงููู, ู ุนูู ุงูู ูุตุญุจู ูู
ู ูุงูุงูุ ุฃู
ุง ุจุนุฏ.
Alhamdulillah kita masih melanjutkan pembahasan kita dari Kitab Al Mumtiโ Fii Syarhil Ajurrumiyyah.
Dan kita masih di bab ุงูููู
ูุนูุฑูุจูุงุชู ุจูุงููุญูุฑููููู .
Kita alhamdulillaah telah sampai ke halaman 51, dimana halaman 51 sampai 52 ini, berisi tentang contoh i'rab ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan pembahasan dari bab ุงูููู
ูุนูุฑูุจูุงุชู ุจูุงููุญูุฑููููู
Buka hal 51 " ุงูุฅุนุฑุงุจ "
I'rab dari beberapa ayat al-Qur'an
1โฃ
ูก- {ููุงูู ุฃูุจูููููู
ู}
Artinya " Telah berkata bapak mereka"
โIrabnya, Tentu bahwa ููุงูู disini adalah fi'il madhi
โKemudian ุฃูุจููู, ini adalah isim yang lima menjadi fa'il. Tanda rofa'nya adalah wawu. Karena isim yang lima ketika rofa' dengan wawu
โKemudian ูููู
adalah mudhaf ilah
Thoyyib i'rab nya
๐ ููุงูู : ููุนููู ู
ูุงุถู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชูุญู ููุง ู
ูุญูููู ูููู ู
ููู ุงููุฅูุนูุฑูุงุจู.
๐ ุฃูุจูููููู
ู : ููุงุนููู ู
ูุฑูููููุนู ูู ุนูููุงู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุงูููุงูู ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูุถููู
ููุฉูุ ููุฃูููููู ู
ููู ุงููุฃูุณูู
ูุงุกู ุงููุฎูู
ูุณูุฉู
๐ ูู ุงููููุงุกู : ุถูู
ูููุฑู ู
ูุชููุตููู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุถููู
ูู ูููู ู
ูุญูููู ุฌูุฑูู ู
ูุถูุงูู ุฅููููููู
๐ ูู ุงููู
ูููู
ู ุนูููุงู
ูุฉู ุงููุฌูู
ูุนู.
Ini adalah contoh mengi'rab yang sempurna. Sangat lengkap ini i'rab nya
2โฃ Kemudian ayat yang kedua, yakni
ูข. {ูููููููููู ุฐููู ุณูุนูุฉู}
" hendaknya orang-orang yang mamiliki keluasan, berinfaq "
โ Disini lam nya adalah lam perintah
โ Kemudian ูููููููู ini fi'il mudhari majzum, di jazm kan dengan lam amr ini
โ Kemudian ุฐููู nya, ini merupaka fa'ilnya. Dan dia merupakan isim yang lima.
โ Dan ุณูุนูุฉู mudhaf ilah.
I'rab lengkapnya,
ูููููููููู :
๐ ุงููููุงู
ู : ูุงูู
ูู ุงููุฃูู
ูุฑูุ ุญูุฑููู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงููููุณูุฑูุ
๐ ูููููููู : ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูุฌูุฒูููู
ู ุจู (ูููุงู
ู ุงููุฃูู
ูุฑู) ูู ุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฒูู
ููู ุงูุณูููููููู.
Jadi ูููููููููู , lam nya lam amr, dan dia adalah huruf, mabniy alal kasri.
Karena bacanya li makanya ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงููููุณูุฑู .
ูููููููู : ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูุฌูุฒูููู
ู ุจู (ูููุงู
ู ุงููุฃูู
ูุฑู)
Yunfiq adalah fi'il mudhari, dijazm kan dengan lam perintah.
๐นSeperti kita tahu bahwasannya amil jazm itu ada 18.
๐น ููุงูุฌูููุงุฒูู
ู ุซูู
ูุงููููุฉู ุนูุดูุฑู:
ูููููู: ููู
ูุ ููููู
ููุงุ ููุฃูููู
ูุ ููุฃูููู
ููุงุ ูููุงู
ู ุงูุฃูู
ูุฑู ููุงูุฏููุนูุงุกูุ ....
Dan seterusnya, Jadi salah satunya adalah ููุงู
ู ุงูุฃูู
ูุฑู , lam perintah, termasuk amil jazm
๐ ูู ุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฒูู
ููู ุงูุณููููููู
โ Dan tanda jazm nya adalah sukun
๐รฆ ูููููููููู asalnya ูููููููู , tapi ada lam amr, majzum jadi sukun ูููููููููู .
Kemudian ุฐููู ุณูุนูุฉู
๐ ุฐููู : ููุงุนููู ู
ูุฑูููููุนู ูู ุนูููุงู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุงูููุงูู ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูุถููู
ููุฉู ููุฃูููููู ู
ููู ุงููุฃูุณูู
ูุงุกู ุงููุฎูู
ูุณูุฉู.
โ Dzu adalah fail yang dirofa'kan, tanda rofa'nya adalah wawu sebagai ganti dari pada dhommah.
ููุฃูููููู ู
ููู ุงููุฃูุณูู
ูุงุกู ุงููุฎูู
ูุณูุฉู.
Karena ia termasuk isim-isim yang lima.
๐ Perhatikan kalau kita mengi'rab kata, yang tandanya bukan irab asli, bukan tanda asli, artinya
- ketika rafa' bukan dhommah,
- ketika nashab bukan fathah,
- ketika jarr bukan kasrah,
- ketika jazm bukan sukun,
Maka kita menambahkan kata "ููููุงุจูุฉู"
dan " ูุนูู" nya ini, "dari" tanda aslinya.
Seperti ุฐููู kenapa disini dikatakan ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูุถููู
ููุฉู ?
Karena ุฐููู ini dalam kalimat {ูููููููููู ุฐููู ุณูุนูุฉู} menjadi fail marfu', dan rofa' itu kan tanda aslinya dhommah. Makanya dikatakan ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูุถููู
ููุฉู
Kalau sekiranya dia manshub misalkan,
รฆ๐ ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูููุชูุญูุฉู
Kalo majrur
รฆ๐ ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูููุณูุฑูุฉู
๐ Jadi ini rumusnya
๐ ููููุงุจูุฉู + ุนููู + ุงูุนูููุงู
ูุฉ ุงูุฃุตููููุฉ
( ุงูุนูููุงู
ูุฉ ุงูุฃุตููููุฉ ) = tanda aslinya
Kalau rofa', โก dhommah
Kalau nashab,โก fathah
Kalau jar, โก kasrah
๐ Kemudian kaidahnya bahwa isim yang lima ini berlaku hukum ini,
Isim yang lima kalau ia idhofah kepada kata yang lain.
Seperti dalam kalimat ini ุฐููู mudhaf,
Mudhaf ilah nya ุณูุนูุฉู . Jadi
๐ ุณูุนูุฉู: ู
ูุถูุงูู ุฅููููููู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ูู ุนููุงูู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงูููุณูุฑูุชู ุงูุธููุงููุฑูุฉู ุนูููู ุขุฎูุฑููู.
Ini sangat jelas.
3โฃ Kemudian ayat yang ketiga
ูฃู {ุฌูุขุกูููุง ุฃูุจูุงููู
ู}
I'rob nya
๐ ุฌูุขุกูููุง : ููุนููู ู
ูุงุถู ู
ูุจููููู ุนูููู ุงูุถูู
ููุ
๐ ููููุงูู ุงูุฌูู
ูุงุนูุฉู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุจููููู ูููู ู
ูุญููู ุฑูููุนู ููุงุนููู
ุฌูุขุกูููุง dari kata
ุฌูุงุกู โฌ
ุฌูุงุกโฌ
ุฌูุขุกูููุง
" mereka mendatangi bapak mereka "
โ Maka ุฌูุขุกูููุง ini adalah fi'il dan fail.
โ Jadi wawunya adalah failnya.
โ Kemudian ุฃูุจูุงููู
ู ini maf'ul bih. I'rab lengkapnya
๐ ุฌูุขุกูููุง : ููุนููู ู
ูุงุถู ู
ูุจููููู ุนูููู ุงูุถูู
ููุ ููููุงูู ุงูุฌูู
ูุงุนูุฉู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุจููููู ูููู ู
ูุญููู ุฑูููุนู ููุงุนููู
๐ ุฃูุจูุงููู
ู : ุฃูุจูุง : ู
ูููุนููููู ุจููู ู
ูููุตูููุจู ููุนูููุงู
ูุฉู ููุตูุจููู ุงูุฃููููู ูุฃูููููู ู
ููู ุงูุฃูุณูู
ูุงุกู ุงูุฎูู
ูุณูุฉูุ
Kenapa alif ? Karena ุฃุจุง ini isim yang lima, yang ketika nashab, tandanya adalah alif
๐ ููุงูููุงุกู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุจููููู ูููู ู
ูุญููู ุฌูุฑูู ู
ูุถูุงูู ุงูููููููุ ููุงูู
ูููู
ู ููููุฌูู
ูุนู
โ Dan haa (ู), dalam kalimat {ุฌูุขุกูููุง ุฃูุจูุงููู
ู}
Dan ุฃูุจูุงููู
ู ini, ู nya adalah dhomir yang dimabniykan didalam kedudukan jarr menjadi mudhaf ilah.
๐ ููุงูู
ูููู
ู ููููุฌูู
ูุนู
โ Dan mimnya, ุฃูุจูุงููู
ู kan ูู
ada "ู
" nya, Nah "mim"nya ini adalah tanda kalau dia adalah jamak.
4โฃ Kemudian ayat yang ke empat
ูคู {ููููุญูููุธู ุฃูุฎูุงููุง}
"Dan kami menjaga saudara kami"
๐ ููููุญูููุธู : ุงูููุงูู ุชูุนูุฑูุจู ุนูููู ุญูุณูุจู ู
ูุงููุจูููููุงุ
Jadi wawu ini i'rab nya, di i'rab tergantung apa yang sebelumnya. Karena ini adalah potongan ayat, maka wawu nya ini tergantung ayat yang sebelumnya
Memang kalau kita mengi'rab kutipan ayat, seperti ini (potongan). Maka tentu kita tidak bisa mengatakan kalo wawu ini wawu athaf, atau wawu isti'naf, atau wawu apa.
โ Karena kita harus melihat kalimat secara utuh. Karena kita tidak melihatnya secara utuh, hanya potongan saja,
{ููููุญูููุธู ุฃูุฎูุงููุง}
maka kita katakan ,
ุงูููุงูู ุชูุนูุฑูุจู ุนูููู ุญูุณูุจู ู
ูุงููุจูููููุงุ
Tergantung kata yang sebelumnya
๐ ููุญูููุธู: ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูุฑูููููุนู ููุนูููุงู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุงูุถูู
ููุฉู ุงูุธูุงููุฑูุฉู ููุงูููุงุนููู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุณูุชูุชูุฑู ููุฌูููุจูุง ุชูููุฏูููุฑููู (ููุญููู)
โ Jadi kalimat ููุญูููุธู , Mana failnya ? jelas kita katakan failnya itu ูุญู . Cara mengi'rab nya kita katakan
๐ ููุงูููุงุนููู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุณูุชูุชูุฑู ููุฌูููุจูุง ุชูููุฏูููุฑููู (ููุญููู)
Jadi ini cara mengirabnya.
Kita tidak boleh mengatakan, ูุงูููู (misalnya).
Jadi kita katakan ููุญูููุธู ini, yang menjadi fail nya adalah nun nya, Tidak โ
Tapi dhomir yang tersembunyi โ
๐ ุฃูุฎูุงููุง : ู
ูููุนููููู ุจููู ู
ูููุตูููุจู ููุนูููุงู
ูุฉู ููุตูุจููู ุงูุฃููููู ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูููุชูุญูุฉู ููุฃูููููู ู
ููู ุงูุฃูุณูู
ูุงุกู ุงูุฎูู
ูุณูุฉูุ
Sangat jelas, sudah diulang-ulang tadi.
โ Bahwa ุฃูุฎูุงููุง , mafulbih manshub.
Karena ia adalah isim yang lima, maka tanda nashab nya adalah alif. Sebagai ganti dari fathah, karena ini kan mafulbih, manshub tanda aslinya fathah.
Jadi kalau ููููุงุจูุฉู itu, setelah ุนููู disebutkan tanda aslinya
โDalam kalimat {ููููุญูููุธู ุฃูุฎูุงููุง} na nya itu,
๐ ููููุง : ุถูู
ูููุฑู ู
ูุชููุตูู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณููููููู ูููู ู
ูุญููู ุฌูุฑูู ู
ูุถูุงูู ุงููููููู.
Thoyyib sangat jelas.
5โฃ Ayat ke lima
ูฅ- {ููุกูุงุชู ุฐูุงุงููููุฑูุจูููฐ ุญูููููู}
" Dan berikanlah kepada orang-orang terdekat ( yang memiliki kedekatan) haknya"
๐ ุขุชู: ููุนููู ุฃูู
ูุฑู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุญูุฐููู ุญูุฑููู ุงููุนููููุฉู ูููููู ุงููููุงุกู ููุงููููุณูุฑูุฉู ุฏููููููู ุนูููููููุงุ
โ Dan ุกุขุชู fiil amr, dimabnikan atas membuang huruf ilat. Ini asalnya ada huruf ilat ู nya. Tapi karena dia fiil amr, dia mabniy jazm ูู ู
ุญู ุฌุฒู
dan dia disini membuang huruf ilat, asalnya ada ู dibuang menjadi ุกุงุชู
๐ ููุงููููุณูุฑูุฉู ุฏููููููู ุนูููููููุงุ
โ Dan kasrah pada ุชู nya, menujukkan bahwa ada yang dibuang. Karena yang namanya fi'il amr itu hukum asalnya adalah sukun. Adanya harakat kasrah dalam kata ุกุงุชู menunjukkan bahwa itu ada yang dibuang, yaitu ู.
๐ ููุงููููุงุนููู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุณูุชูุชูุฑู ููุฌูููุจูุง ุชูููุฏูููุฑููู ุฃูููุชู.
โ Setiap fi'il amr, failnya itu terutama yang dhomirnya anta, failnya itu adalah dhomir tersembunyi, wujuuban (secara wajib), takdirnya adalah kamu.
Jadi arti "datangkanlah !", siapa yang diminta untuk mendatangkan? Kamu. Makannya dikatakan
ููุงููููุงุนููู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุณูุชูุชูุฑู ููุฌูููุจูุง ุชูููุฏูููุฑููู ุฃูููุชู.
โ Kemudian ุฐูุง
๐ ุฐูุง: ู
ูููุนููููู ุจููู ู
ูููุตูููุจู ููุนูููุงู
ูุฉู ููุตูุจููู ุงููุฃููููู ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงููููุชูุญูุฉู ููุฃูููููู ู
ููู ุงููุฃูุณูู
ูุงุกู ุงููุฎูู
ูุณูุฉู.
Ini sangat jelas
โ Kemudian ุงููููุฑูุจูููฐ ini adalah mudhaf ilah, hanya saja karena ia diakhiri oleh huruf ilat, maka cara ngirabnya agak beda. Karena dia adalah pasti muqoddarah. Kita katakan,
ุงููููุฑูุจูููฐ: ู
ูุถูุงูู ุฅููููููู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ููุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงููููุณูุฑูุฉู ุงููู
ูููุฏููุฑูุฉู ุนูููู ุงููุฃููููู ูููุชููุนูุฐููุฑู
Jadi ini hampir sama dengan niyabah, bedanya
๐น kalau niyabah disebutkan dulu tanda yang kita lihat, seperti misalkan tadi {ููุญูููุธู ุฃูุฎูุงููุง}
Yang kita lihat ุฃูุฎูุงููุง ini alif,
walaupun ููุตูุจููู ุงูุฃููููู โก
โฌ
ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูููุชูุญูุฉู
Tetep dia merujuk ke tanda aslinya.
๐ Begitupun yang muqoddarah. Tetep merujuk kepada tanda aslinya.
๐ Bedanya kalau niyabah itu dibelakangnya ููููุงุจูุฉู ุนููู + baru sebutkan tanda asli.
๐น Kalau muqoddarah di depannya dulu,
misalkan ุฐูุงุงููููุฑูุจูููฐ kita tahu bahwasannya ุงููููุฑูุจูููฐ ini mudhaf ilah, dan mudhaf ilah itu majrur, dan tanda jarr itu kasrah tanda aslinya. Maka kita katakan
ู
ูุถูุงูู ุฅููููููู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ููุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงููููุณูุฑูุฉู โฌ
...
Cuma dilanjutkan
...โฌ
ุงููู
ูููุฏููุฑูุฉู ุนูููู ุงููุฃููููู ูููุชููุนูุฐููุฑู
Tanda jarrnya adalah kasrah yang ditakdirkan atas alif. Karena apa? Karena udzur
๐ Jadi dalam mengi'rab itu nanti
๐ ada ูููุชููุนูุฐููุฑู
๐ sama ูููุซููููุงูู
Ada yang udzur ada yang tsiqol.
Udzur itu yang berlaku untuk kata yang diakhili alif . Adapun untuk wawu dan ya, bukan udzur istilahnya ( bukan ูููุชููุนูุฐููุฑู ), tapi ูููุซููููุงูู karena berat.
๐ ุญูููููู: ู
ูููุนููููู ุจููู ุซูุงููุ ููุงููููุงุกู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุชููุตููู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุถููู
ูู ูููู ู
ูุญูููู ุฌูุฑูู ู
ูุถูุงูู ุฅููููููู.
Ini insyaa Allah jelas.
6โฃ Kemudian ayat yang ke enam
ูฆ . { ุฑูุฌูุนูููุง ุฅูููู ุฃูุจููููู
ู }
"Mereka kembali kepada bapak mereka"
โรฆโก ุฑูุฌูุนูููุง ini sudah sepaket dengan failnya
๐ ุฑูุฌูุนูููุง : ููุนููู ู
ูุงุถู ู
ูุจููููู ุนูููู ุงูุถููู
ููุ ููููุงูู ุงูุฌูู
ูุงุนูุฉู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุจูููููู ูููู ู
ูุญูููู ุฑูููุนู ููุงุนููู.
ุฅูููู ุฃูุจูููููู
ู :
๐ ุฅูููู : ุญูุฑููู ุฌูุฑููุ
๐ ุฃูุจููููู
ู : ุงุณู
ู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ุจู ( ุฅูููู ) ููุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงูููุงุกู ูุฃูููููู ู
ููู ุงูุฃูุณูู
ูุงุกู ุงูุฎูู
ูุณูุฉูุ
Isim yang lima dalam keadaan jar tandanya adalah ya.
๐ ูู ุงูููุงุกู : ุถูู
ูููุฑู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุณูุฑู ูููู ู
ูุญูููู ุฌูุฑูู ู
ูุถูุงูู ุฅููููููู
โ Dan ha (ู) dalam kalimat ุฃูุจููููู
ู adalah dhomir yang dimabniy kan atas kasrah dalam keadaan jar menjadi mudhaf ilah.
Ditambahkan
๐ ููุงูู
ูููู
ู : ุนููุงูู
ูุฉู ุงููุฌูู
ูุนู
โ Dan mim itu merupakan tanda jamak.
7โฃ Kemudian yang ke tujuh, ayat
ูง. {ุณูููุดูุฏูู ุนูุถูุฏููู ุจูุฃูุฎููููู}
๐ ุณูููุดูุฏูู : ุงูุณููููู : ุญูุฑููู ุงูุณูุชูููุจูุงูู ุ
Jadi ุณ itu huruf yang akan datang, istiqbal itu maknanya akan datang. Jadi huruf disitu menunjukkan makna akan datang.
๐ ููุดูุฏูู : ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูุฑูููููุนู ูู ุนููุงูู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุงูุถููู
ูุฉู ุ
โ Fi'il mudhari marfu', kenapa marfu'? Karena nggak ada amil nashab atau amil jazm, maka kembali ke hukum asal. Bahwa fi'il mudhari itu hukum asalnya adalah marfu'.
๐ ููุงูููุงุนููู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุณูุชูุชูุฑู ููุฌูููุจูุง ุชูููุฏูููุฑููู ููุญููู
โ Dan failnya adalah dhomir mustatir (tersembunyi) secara wajib takdirnya adalah ููุญููู
๐ ุนูุถูุฏููู : ุนูุถูุฏู : ู
ูููุนููููู ุจููู ู
ูููุตูููุจู ูู ุนููุงูู
ูุฉู ููุตูุจููู ุงูููุชูุญูุฉู ุ
Ini jelas in syaa Allah .
ูู ุงูููุงูู : ุถูู
ูููุฑู ู
ูุชููุตููู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชูุญู ูููู ู
ูุญูููู ุฌูุฑูู ู
ูุถูุงูู ุฅููููููู
๐ ุจูุฃูุฎููููู : ุงูุจูุงุกู : ุญูุฑููู ุฌูุฑูู ุ ูู ุฃูุฎููููู : ุฅูุณูู
ู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ุจู (ุงูุจูุงุกู) ููุนููุงูู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงูููุงุกู ูุฃููููููู ู
ููู ุงูุฃูุณูู
ูุงุกู ุงูุฎูู
ูุณูุฉู ุ
๐ ููุงูููุงูู ุถูู
ูููุฑู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชูุญู ูููู ู
ูุญูููู ุฌูุฑูู ู
ูุถูุงูู ุฅููููููู
In sya Allah ini juga jelas.
8โฃ Kemudian yang terakhir, yang ke delapan.
ูจ. {ููููุฐูู ุงูููุฑูุจูููฐ}
Dan ููููุฐูู ุงูููุฑูุจูููฐ ini,
๐ ููุฐูู : ุงููุงูู
ู : ุญูุฑููู ุฌูุฑููุ
๐ ุฐูู : ุงูุณูู
ู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ุจู (ุงููุงู
ู) ููุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงูููุงุกู ููุฃูููููู ู
ููู ุงูุฃูุณูู
ูุงุกู ุงูุฎูู
ูุณูุฉู.
๐ ุงูููุฑูุจูููฐ : ู
ูุถูุงูู ุฅููููููู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ููุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงูููุณูุฑูุฉู ุงูู
ูููุฏููุฑูุฉู ุนูููู ุขุฎูุฑููู ูููุชููุนูุฐุฑู
_____________
Jadi ini _maa syaa Allah_ salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Kitab al-Mumti', memberikan contoh i'rab yang sangat baik. Jadi ini bisa dijadikan contoh cara mengi'rab yang lengkap seperti ini.
Thayyib, barangkali kita cukupkan sampai disini semoga bermanfaat.
ูุตูู ุงููู ุนูู ูุจููุง ู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุงููู ูุตุญุจู ูุณูู
ุณุจุญุงูู ุงูููู
ูุจุญู
ุฏูุ ุฃุดูุฏ ุฃู ูุง ุฅูู ุฅูุง ุฃูุชุ ุฃุณุชุบูุฑู ูุฃุชูุจ ุฅููู
ูุงูุณูุงู
ุนูููู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
__________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar