๐ Transkrip Materi BINAR Pekan 10
๐ง Pengisi Materi :: Ustadz Abu Razin
๐ Dars 23 :: Al Mu'rabat Bilhuruf 4 โ Fiโil yang 5
โ Durasi audio :: 23.49 menit
---------------------------------------
ุงูุณูุงู
ุนูููู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
ุงูุญู
ุฏ ููู ูุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู
ุนูู ุฑุณูู ุงููู ูุนูู ุงูู ู ุตุญุจู ูู
ู ูุงูุงู, ุฃู
ุง ุจุนุฏ.
Alhamdulillah kita masih melanjutkan pelajaran dari Kitab Al Mumtiโ Fii Syarhil Ajurrumiyyah, dan kita masih di bab ุงูู
ูุนูุฑูุจูุงุชู dan kita sudah sampai ke pembahasan ุงูู
ูุนูุฑูุจูุงุชู ุจูุงูุญูุฑูููู yang ke-empat.
Jadi sebagaimana yang sudah dibahas, bahwasanya ุงูู
ูุนูุฑูุจูุงุชู ุจูุงูุญูุฑูููู, ada empat, yaitu:
1. Mutsanna
2. Jamak mudzakkar salim
3. Isim yang lima,
dan sekarang yang kita bahas,
๐ท 4. Fiโil yang lima, ุงูุฃูููุนูุงูู ุงููุฎูู
ูุณูุฉู
โฌ
ุฑูุงุจูุนูุง : ุงูุฃูููุนูุงูู ุงููุฎูู
ูุณูุฉู
Yang ke-4, yaitu kelompok kata yang muโrabnya dengan huruf (yang berubah-ubah hurufnya, adapun harakatnya sama) adalah:
ุงูุฃูููุนูุงูู ุงููุฎูู
ูุณูุฉู
*FI',IL-FI'IL YANG LIMA*
ุชูุนูุฑูููููููุง :
๐นDefinisi fi'il yang lima adalah:
โช ูููู ููููู ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ุงูุชููุตููู ุจููู ุฃููููู ุงููุงูุซููููููุ ุฃููู ููุงูู ุงููุฌูู
ูุงุนูุฉูุ ุฃููู ููุงุกู ุงููู
ูุฎูุงุทูุจูุฉู
Adalah setiap fiโil mudhari yang bersambung dengan alif mutsanna/tatsniyah, atau wawu jamaโ, atau yaโ mukhatabah.
ูููููู : ููููุนูููุงููุ ุชูููุนูููุงููุ ููููุนูููููููุ ุชูููุนูููููููุ ุชูููุนููููููู
๐น Dan fiโil yang lima itu adalah:
ูก. ููููุนูููุงูู
ูข. ุชูููุนูููุงูู
ูฃ. ููููุนููููููู
ูค. ุชูููุนููููููู
ูฅ. ุชูููุนููููููู
Ini adalah wazan bagi fiโil yang lima.
Artinya kalau ููุตูุฑู, berarti: ููุตูุฑู kan ููููุตูุฑู
ูก. ููููุตูุฑูุงูู
ูข. ุชูููุตูุฑูุงูู
ูฃ. ููููุตูุฑููููู
ูค. ุชูููุตูุฑููููู
ูฅ. ุชูููุตูุฑููููู
Adapun kalau ุถูุฑูุจู โ ููุถูุฑูุจู, maka fiโil yang limanya adalah:
ูก. ููุถูุฑูุจูุงูู
ูข. ุชูุถูุฑูุจูุงูู
ูฃ. ููุถูุฑูุจููููู
ูค. ุชูุถูุฑูุจููููู
ูฅ. ุชูุถูุฑูุจููููู
โ Jadi yang dimaksud dengan alif tatsniyah, yaitu:
ูก. ููููุนูููุงูู
ูข. ุชูููุนูููุงูู
Disitu ada alifnya, sebelum nun.
โ Kemudian wawu jamaโ, yang dimaksud:
ูฃ. ููููุนููููููู
ูค. ุชูููุนููููููู
โ Dan yaโ mukhatabah, yang dimaksud adalah yaโ pada contoh:
ูฅ. ุชูููุนููููููู
โ Ini yang dimaksud dengan ::
- alif mutsanna,
- wawu jamaโ, dan
- yaโ mukhatabah
ุญูููู
ูููุง :
๐น Hukum iโrobnya
ุชูุฑูููุนู ุจูุซูุจูููุชู ุงูููููููู ููุชูููุตูุจู ููุชูุฌูุฒูู
ู ุจูุญูุฐูููููุง
๐ Dirofaโkan dengan tetap nunnya, dan
๐ Dinashabkan dan dijazmkan dengan membuangnya nunnya.
Jadi asalnya
ููููุนูููุงูู
ุชูููุนูููุงูู
ููููุนููููููู
ุชูููุนููููููู
ุชูููุนููููููู
Ini hukum asalnya, marfuโ.
Adapun ketika misalkan diawali oleh huruf nashab atau diawali oleh huruf jazm, maka nunnya dibuang.
๐ธKetika ada huruf nashab, seperti ูููู misalkan, menjadi:
ูููู ููููุนูููุง
ูููู ุชูููุนูููุง
ูููู ููููุนูููููุง
ูููู ุชูููุนูููููุง
ูููู ุชูููุนููููู
๐ธBegitu pula ketika diawali oleh huruf jazm. Misalkan ููู
ู,
Maka dibuang pula nunnya, seperti ketika nashab.
ููู
ู ููููุนูููุง
ููู
ู ุชูููุนูููุง
ููู
ู ููููุนูููููุง
ููู
ู ุชูููุนูููููุง
ููู
ู ุชูููุนููููู
Thayyib.
_____________________
ููู
ูุซูุงููููุง ูููู ุญูุงููุฉู ุงูุฑููููุนู :
ูููููููู ุชูุนูุงููู : (ุชูุคูู
ููููููู ุจูุงููููู)(ูก)
ูููููููููู ุชูุนูุงููู : (ููุงููููุฌูู
ู ููุงูุดููุฌูุฑู ููุณูุฌูุฏูุงูู)(ูข)
ูููููููููู : (ุฃูุชูุนูุฌูุจููููู ู
ููู ุฃูู
ูุฑูุงูููููู)(ูฃ).
๐นJadi contoh fiโil yang lima ketika rofaโ, adalah,
โถ firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla
ูก. ุชูุคูู
ููููููู ุจูุงููููู
รฃ๐ ุชูุคูู
ููููููู Ini adalah fiโil mudhari yang bersambung dengan wawu jamaโah
โถDan firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla:
ูข. ููุงููููุฌูู
ู ููุงูุดููุฌูุฑู ููุณูุฌูุฏูุงูู
รฃ๐ Dan ููุณูุฌูุฏูุงูู Fiโil mudhari yang bersambung dengan alif tatsniyah
โถ Dan firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla:
ูฃ. ุฃูุชูุนูุฌูุจููููู ู
ููู ุฃูู
ูุฑูุงูููููู
รฃ๐ ุชูุนูุฌูุจููููู ini fiโil mudhari yang bersambung dengan yaโ mukhatabah
Thayyib.
ุชูุคูู
ููููููู ุจูุงููููู
1โฃโถ Ini diambil dari Surat As-Shaf ayat 11
Kemudian,
ููุงููููุฌูู
ู ููุงูุดูุฌูุฑู ููุณูุฌูุฏูุงูู
2โฃโถ ini Ar-Rahman ayat 6
Kemudian
ุฃูุชูุนูุฌูุจููููู ู
ููู ุฃูู
ูุฑู ุงููููฐูู
3โฃโถ Ini merupakan surat Hud ayat 73
Thayyibโฆ
๐ ููููู ุงูุขููุฉู ุงูุฃูููููู ููููู
ูุฉู (ุชูุคู
ูููููู) ู
ููู ุงูุฃููุนููู ุงูุฎู
ูุณูุฉู ุ ูููููู ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ุงูุชููุตูููุชู ุจููู ููุงูู ุงูุฌูู
ูุงุนูุฉู ูู ูููู ู
ูุฑููููุนูุ ููุชูุฌูุฑูุฏููู ู
ููู ุงููููุงุตูุจู ููุงูุฌูุงุฒูู
ูุ ููุนูููุงู
ูุฉู ุฑููุนููู ุซูุจูููุชู ุงูููููููู ูููุงูุจูุฉู ุนููู ุงูุถููู
ููุฉู
1โฃ Maka pada ayat yang pertama, kata
๐kata ุชูุคู
ูููููู dalam ayat
ุชูุคูู
ููููููู ุจูุงููููู
Merupakan termasuk fiโil yang lima. Dan dia adalah fiil mudhariโ yang bersambung dengan wawu jamaโah dan dia marfuโ.
Kenapa marfuโ?
ููุชูุฌูุฑูุฏููู ู
ููู ุงููููุงุตูุจู ููุงูุฌูุงุฒูู
ูุ
Karena ia terbebas dari penashab dan penjazm.
โ Jadi simple saja, karena dia tidak ada huruf nashabnya, tidak ada huruf jazm, maka dia marfu. Ini alasannya.
Karena hukum asal setiap fiil mudhari itu adalah marfu'.
Fiil mudhari bisa menjadi nashab atau menjadi jazm, kalau ada amilnya. Ada faktor yg meyebabkan dia menjadi manshub dan juga majzum.
ููุนูููุงู
ูุฉู ุฑููุนููู ุซูุจูููุชู ุงูููููููู
โ Dan tanda rofa'nya adalah tetap nunnya, (artinya tidak dibuang),
ูููุงูุจูุฉู ุนููู ุงูุถููู
ููุฉู
sebagai ganti dari dhammah
โ Nah ini memang kalau kita mengiโrab, semua tanda selain tanda asli, artinya ;
- kalau kita i'rab rofa' selain dhammah,
- nashab selain fathah, jar selain kasrah,
- dan jazm selain sukun,
Ini ditambahkan ูููุงูุจูุฉู dibelakangnya.
Kecuali nanti i'rabnya pakai muqaddarah, ini tidak perlu pakai ูููุงูุจูุฉู.
Thayyib
๐ ูู ููููู
ูุฉู (ููุณูุฌูุฏูุงูู) ูููู ุงููุขููุฉู ุงููุซูุงููููุฉู ู
ููู ุงููุฃููุนูุงูู ุงููุฎูู
ูุณูุฉูุ
2โฃ. Kata ููุณูุฌูุฏูุงูู dalam ayat yg kedua
ููุงููููุฌูู
ู ููุงูุดููุฌูุฑูููุณูุฌูุฏูุงูู
juga termasuk fiil yang lima.
ูู ูููู ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ุงูุชููุตูููุชู ุจููู ุฃููููู ุงููุงูุซูููููููุ
Dan ููุณูุฌูุฏูุงูู adalah fiil mudhari yg bersambung dengan alif tatsniyah.
ูู ูููู ู
ูุฑูููููุนูุ
โDan dia di rafakan. Kenapa? Sama alasannya,
ููุชูุฌูุฑููุฏููู ู
ููู ุงููููุงุตูุจู ููุงููุฌูุงุฒูู
ูุ
karena dia terbebas dari penashab dan penjazm.
ููุนููุงูู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุซูุจูููุชู ุงูููููููู ููููุงุจูุฉูุนููู ุงูุถููู
ููุฉู
โ Tanda rafanya adalah tetap nunnya sebagai ganti dari dhommah.
๐ ููููููู
ูุฉู ( ุชูุนูุฌูุจููููู ) ูููู ุงูุขููุฉู ุงูุซููุงููุซูุฉู ู
ููู ุงูุฃูููุนูุงูู ุงูุฎูู
ูุณูุฉูุ
3โฃ Dan kata ุชุนุฌุจูู dalam ayat
ุฃูุชูุนูุฌูุจููููู ู
ูููุฃูู
ูุฑู ุงููููฐูู
Ini juga termasuk fiil yg lima.
ูููููู ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ุงูุชููุตูููุชู ุจููู ููุงุกู ุงูู
ูุฎูุงุทูุจูุฉูุ
รฃ๐ ุชูุนูุฌูุจููููู ini adalah fiil mudhari yang bersambung dengan ya (ู) mukhattabah. ุชุนุฌุจูู ini adalah dhomir anti.
" Apakah kamu heran/takjub dengan urusan Allah? ".
Dan "ู" nya dengan ya' mukhattabah.
ูููููู ู
ูุฑูููููุนูุ
Dan dia di rofakan. Sama alasan nya.
ููุชูุฌูุฑููุฏููู ู
ููู ุงููููุงุตูุจู ูู ุงูุฌูุงุฒูู
ูุ ููุนูููุงู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุซูุจูููุชู ุงูููููููู ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูุถููู
ููุฉู
Thoyib. ini sama, tidak perlu kita bahas panjang lebar.
________________________
Kemudian setelah selesai contoh yang rofa. Pensyarah Kitab al-Mumti' ini melanjutkan dengan memberikan contoh ketika nashob dan jazm.
๐ููู
ูุซูุงูู ุงูุฃูููุนูุงูู ุงูุฎูู
ูุณูุฉู ูููู ุญูุงููุชูู ุงููููุตูุจู ููุงูุฌูุฒูู
ู: ูููููููู ุชูุนูุงููู { ููุฅููู ููู
ู ุชูููุนูููููุง ูููููู ุชูููุนูููููุง } (ูค)
Dalam surah Al Baqarah ayat 24.
Dan contoh fi'il yang lima dalam keadaan nashob dan jazm adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla
dalam satu ayat lansung ada 2 huruf disini
ููุฅููู ููู
ู ุชูููุนูููููุง ูููููู ุชูููุนููููู.
(lengkap contoh nya, masyaAllah)
1โฃ รฃ... ููุฅููู ููู
ู ุชูููุนูููููุง ini ููู
ู huruf jazm
โก Asalnya ุชูููุนููููููู, karena ada ููู
ู
โก dibuang nun nya. ููุฅููู ููู
ู ุชูููุนูููููุง
2โฃ... Kemudian yg kedua ูููููู ุชูููุนูููููุง.
โก Asalnya ุชูููุนููููููู , kemudian ada huruf nashab disini
dibuang pula nunnya
โก menjadi ูููููู ุชูููุนูููููุง
Thoyib.
ููููู ุงูุขููุฉู ุงูููุนูููุงูู
Maka dalam ayat tersebut ada dua fiil. Yaitu:
โููู
ู ุชูููุนูููููุง
โูููู ุชูููุนูููููุง
ู
ููู ุงูุฃูููุนูุงูู ุงูุฎูู
ูุณูุฉูุ
Dan Kedua nya merupakan fiil yg lima
ููููู
ูุง ููุนูููุงูู ู
ูุถูุงุฑูุนูุงูู ุงูุชููุตููู ุจูููู
ูุง ููุงูู ุงูุฌูู
ูุงุนูุฉูุ
dan kedua nya adalah fiil mudhari yg bersambung dengan wawu jamaah.
ููุงูุฃูููููู ู
ูุฌูุฒูููู
ู ุจู(ููู
ู)
โ Yang pertama ููุฅููู ููู
ู ุชูููุนูููููุง
yang ููู
ู ุชูููุนูููููุง di jazm kan dengan ููู
ู
ููุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฒูู
ููู ุญูุฐููู ุงูููููููู ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูุณููููููููุ
โDan tanda jazm nya adalah membuang nun sebagai ganti daripada sukun.
Karena hukum asal jazm adalah sukun.
Makanya kita katakan
ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูุณูููููููู
ููุงูุซููุงููู ู
ูููุตูููุจู ุจู(ูููู)
โ Ayat ูููููู ุชูููุนูููููุง Ini dinashabkan dengan adanya huruf ูููู
ููุนูููุงู
ูุฉู ููุตูุจููู ุญูุฐููู ุงูููููููู ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูููุชูุญูุฉู.
โdan tanda nashab nya adalah membuang nun sebagai ganti fathah.
๐ด Thoyyib. Ini cara irob secara *ringkas* sampai disini
_______________________
Selanjutnya di halaman 55.
Kita melihat Adanya ู
ูุญูุทููุทู bagan yg menjelaskan fiil2 yg lima.
ุงูุฃูููุนูุงูู ุงูุฎูู
ูุณูุฉู ูููู:
ููููู ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ุงูุชููุตููู ุจููู ุฃููููู ุงูุฅุซููููููู ุฃููู ููุงูู ุงูุฌูู
ูุงุนูุฉู ุฃููู ููุงุกู ุงูู
ูุฎูุงุทูุจูุฉู .
๐น Fiil yang lima adalah:
setiap fi'il mudhori yang bersambung dengan alif tatsniyah, wawu jamak atau ya mukhattabah.
Disini beliau menunjukkan bagan.
1โฃ Misalkan :ููููุนููู
๐พBersambung dengan alif tasniyyah
๐นููููุนูููุงููโุชูููุนูููุงูู
๐พBersambung dengan Waw jamak
๐นููููุนูููููููโุชูููุนููููููู
๐พBersambung dengan ya mukhattabah
๐นุชูููุนููููููู
Ini kedaan ketika rofa. Jadi yang pertama ini, keadaan ketika rofa'
2โฃ Kemudian keadaan yang kedua ููููุนููู kalo ada ูููู huruf nashab maka dia
_kalo ููููุนููู ini kan tidak bersambung dengan akhir sesuatu_ maka nasab nya fathah.
โก Menjadi ูููู ููููุนููู.
Untuk fiil yang lima nya, asalnya
ููููุนูููุงูู
ุชูููุนูููุงูู
ููููุนููููููู
ุชูููุนููููููู
ุชูููุนููููููู
๐พ Kemudian dibuang (ketika nashab) menjadi:
ูููู ููููุนูููุง
ูููู ุชูููุนูููุง
ูููู ููููุนูููููุง
ูููู ุชูููุนูููููุง
ูููู ุชูููุนููููู
๐พ Begitu juga ketika jazm:
Asalnya ููููุนููู ,
kalo ada ููู
ู menjadi โก ููู
ู ููููุนููู
Tapi kalo fiil yang lima nya, sama dengan ketika ia nashab, dibuang nun nya.
ููู
ู ููููุนูููุง
ููู
ู ุชูููุนูููุง
ููู
ู ููููุนูููููุง
ููู
ู ุชูููุนูููููุง
ููู
ู ุชูููุนููููู
Thayyib.
__________________
Terakhir yang kita bahas adalah masalah irob. Kalau yang tadi irob yang ringkasnya.
๐ด๐ด Ini adalah irob yang lebih lengkapnya.
ุงูุฅูุนูุฑูุงุจู :
I'rab :
ูก - (ุชูุคูู
ููููููู ุจูุงูููููู)
Ayat ini cara ngi'rob nya _maa syaa Allah ini kita mendapatkan contoh cara mengi'rab dengan lengkap sekali, ini sangat baik untuk dipelajari_
ุชูุคูู
ููููููู : ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูุฑูููููุนู ูู ุนูููุงู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุซูุจูููุชู ุงูููููููู ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูุถููู
ููุฉูุ ููุฃูููููู ู
ููู ุงูุฃูููุนูุงูู ุงูุฎูู
ูุณูุฉู ุ ููููุงูู ุงูุฌูู
ูุงุนูุฉู : ุถูู
ูููุฑู ู
ูุชููุตููู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณูููููููู ูููู ู
ูุญูููู ุฑูููุนู ููุงุนููู.
1โฃ๐ธJadi kalau fiil mudhari itu ุชูุคูู
ููููููู
jangan kita katakan fail nya antum, meskipun memang ุชูุคูู
ููููููู ini, kembali kepada antum. Tapi kalo cara ngi'rob nya
๐ธfail nya adalah wawu nya. Jadi wawu dalam lafadz ุชูุคูู
ููููููู ini adalah failnya.
Meskipun kalau kita tanya lagi wawunya ini kembali kepada siapa?
๐ธJelas sekali bahwa ini kembali kepada antum.
ุจูุงุงูููู : ุงูุจูุงุกู : ุญูุฑููู ุฌูุฑูู ุุงููููฐูู : ููููุธู ุงููุฌูููุงููุฉู ุงูุณูู
ู ู
ูุฌูุฑููุฑู ุจูุงููุจูุงุกู ูู ุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงููููุณูุฑูุฉู ุงูุธููุงููุฑูุฉู ููุงููุฌูุงุฑู ููุงููู
ูุฌูุฑูููุฑู ู
ูุชูุนููููููุงูู ุจูุงููููุนููู
Thoyyib
ูข.- ููุงููููุฌูู
ู ููุงูุดููุฌูุฑู ููุณูุฌูุฏูุงูู
2โฃ "dan bintang dan pohon kedua nya bersujud"
ุงููููุฌูู
ู : ู
ูุจูุชูุฏูุฃู ู
ูุฑูููููุนู ููุนููุงูู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุงูุถููู
ููุฉู ุงูุธููุงููุฑูุฉู ุนูููู ุขุฎูุฑููู .
๐นJadi ุงููููุฌูู
ู sebagai mubtada.
Untuk ููุงูุดููุฌูุฑู karena ada wawu athof
disini, maka jelas dia pasti athaf ma'thuf. Dan memang secara konteks kalimat ini adalah bentuk athof mathuf.
ุงููููุงูู: ุญูุฑููู ุนูุทูููุ ุงูุดููุฌูุฑู : ู
ูุนูุทููููู ุนูููู ุงููููุฌูู
ู ู
ูุฑูููููุนู ููุนูููุงู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุงูุถููู
ููุฉู ุงูุธููุงููุฑูุฉู.
Perhatikanโ
Kenapa fiil nya ููุณูุฌูุฏูุงูู?
๐ธKarena memang disini, failnya adalah ุงููููุฌูู
ู dan ุงูุดููุฌูุฑู (dua) maka fiil yg di pilih adalah yang mustanna.
Karena ini jumlah ismiyyah, maka fiil harus mengikuti failnya, harus mengikuti mubtada. Yang mana _pada asal nya_ mubtada adalah failnya.
๐ธรฃ. ููุณูุฌูุฏูุงูู Cara mengirobnya.
ููุณูุฌูุฏูุงูู: ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูุฑูููููุนู ูู ุนูููุงู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุซูุจูููุชู ุงูููููู ููููุงุจูุฉู ุนููู ุงูุถููู
ููุฉู ุ ููุฃู ููููู ู
ููู ุงูุฃู ููุนูุงูู ุงูุฎูู
ูุณูุฉู.
Ini jelas insyaAllah.
ููุฃููููู ุงููุงูุซููููููู :
๐ธ Yakni Alif dalam lafadz ููุณูุฌูุฏูุงูู
ุถูู
ูููุฑู ู
ูุชููุตููู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณูููููู ูููู ู
ูุญูููู ุฑูููุนู ููุงุนููู
Dhomir alif pada ููุณูุฌูุฏูุงูู merupakan dhomir bersambung yang dimabniykan atas sukun dalam keadaan rofa menjadi failnya.
โ Jadi ini cara mengirob fiil yang lima.
รฃโถ ููุณูุฌูุฏููููู mana fail nya? wawu "ู" nya.
รฃโถDan ููุณูุฌูุฏูุงูู , mana fail nya? alif "ุง" nya.
Seperti itu.
ููุงูุฌูู
ูููุฉู ู
ููู ุงูููุนููู ู ุงูููุงุนููู ูููู ู
ูุญูููู ุฑูููุนู ุฎูุจูุฑู ุงูู
ูุจูุชูุฏูุฃู
๐ธDan keseluruhan kalimat ููุณูุฌูุฏูุงูู
Jumlah dari fiil dan failnya ini, dalam keadaan/kedudukan rofa menjadi khobar mubtada.
Karena ุงููููุฌูู
ู itu kan mubtada nya. Nah tipsnya kalo kita mengirob itu,
โ ketika kita ketemu *mubtada* maka harus kita cari mana *khabar* nya.
โ Begitupun jika kita menemukan *fiil* maka mencari mana *failnya*.
โ Dan jika *fiil mutaadi* maka cari mana *mafulbih nya*.
InsyaAllah ini mudah
ูฃ- ุฃูุชูุนูุฌูุจููููู ู
ููู ุฃูู
ูุฑู ุงููููฐูู
3โฃ " Apakah engkau takjub dengan urusan Allah?"
ุฃูุชูุนูุฌูุจููููู:
ุฃู: ุงูููู
ูุฒูุฉู ูููุงูุณูุชูููููุงู
ูุ
โซHamzahnya istifham
ุชูุนูุฌูุจููููู: ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูุฑูููููุนู ูู ุนููุงูู
ูุฉู ุฑูููุนููู ุซูุจูููุชู ุงูููููููู ูุฃูููููู ู
ููู ุงูุฃููุนูุงูู ุงูุฎูู
ูุณูุฉูุ ูู ููุงุกู ุงูู
ูุฎูุงุทูุจูุฉู: ุถูู
ูููุฑู ู
ูุชููุตููู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณูููููููู ูููู ู
ูุญูููู ุฑูููุนู ููุงุนููู.
Ini sama.
โซ Mana fail ุชูุนูุฌูุจููููู? Yaitu "ู" nya. Sekalipun kalau kita tanya Ya' nya kembali kepada siapa? Jelas kembali kepada anti. Tapi ini cara irob. Fiil mudhari itu cara mengi'rab nya seperti ini.
ู
ููู ุฃูู
ูุฑู : ู
ููู ุญูุฑููู ุฌูุฑููุ ุฃูู
ูุฑู ุงูุณูู
ู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ุจู(ู
ููู) ููุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงูููุณูุฑูุฉู ุงูุธููุงููุฑูุฉู
Kalo mengirob :
โช boleh kita bilang ุฃูู
ูุฑู โก namanya kita mengutip, membaca sesuai dengan yang ada di ayat
โช atau kalo ุฃูู
ูุฑู , boleh juga. Kita anggap dia sebagai mubtada
ุงูููู : ููููุธู ุงูุฌูููุงููุฉู ู
ูุถูุงูู ุฅููููููู ู
ูุฌูุฑูููุฑู ููุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฑูููู ุงูููุณูุฑูุฉู ุงูุธููุงููุฑูุฉู
Thoyib. InsyaAllah ini jelas.
ูค- ๏ดฟููุฅููู ูููู
ู ุชูููุนูููููุง ูููููู ุชูููุนูููููุง๏ดพ
ููุฅููู : ุงูููุงุกู, ุชูุนูุฑูุจู ุญูุณูุจู ู
ูุง ููุจูููููุง ุ
4โฃ dan (ู) itu diirab sesuai dengan apa yang sebelumnya. Kemudian
ุฅููู: ุญูุฑููู ุดูุฑูุทู ูู ุฌูุฒูู
ู.
รฃ๐น. ุฅููู adalah huruf syarat dan huruf jazm.
ููู
ู ุชูููุนูููููุง : ููู
ู : ุญูุฑููู ูููููู ูู ุฌูุฒูู
ู ูู ููููุจูุ
รฃ๐น "ูู
" adalah huruf nafi dan hurf jazm dan huruf qolb.
Huruf qolbin ini maksudnya huruf mustaqbal, ini yang berlaku dimasa yang akan datang.
Jadi kalau kita bilang ููู
ู ุชูููุนูููููุง, belum.
ุชูููุนูููููุง : ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูุฌูุฒูููู
ู ุจู (ููู
ู) ูู ุนูููุงู
ูุฉู ุฌูุฒูู
ููู ุญูุฐููู ุงูููููููู ููุฃูููููู ู
ููู ุงูุฃูููุนูุงูู ุงููุฎูู
ูุณูุฉูุ
๐นJadi asalnya ุชูููุนูููููุงูู
Jadi asalnya ุชูููุนูููููุงูู , tapi karena ada ููู
ู jadi majzum dan tanda jazm nya adalah buang nun, dibuang ู nya.
ูู ููุงููุงูุฌูู
ูุงุนูุฉู: ุถูู
ูููุฑู ู
ูุชููุตููู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณูููููููู ูููู ู
ูุญูููู ุฑูููุนู ููุงุนูููุ ูู(ููู
ู ุชูููุนูููููุง) ูููู ู
ูุญูููู ุฌูุฒูู
ู ุจู(ุงูููู)
Jadi dia dijazmkan dengan ุงูููู .
Kalimat ูู(ููู
ู ุชูููุนูููููุง) ูููู ู
ูุญูููู ุฌูุฒูู
ู ุจู(ุงูููู)
ini hanya tambahan saja.
Kemudian
ูู ูููู ุชูููุนูููููุง : ุงูููููุงูู: ุงูุนูุชูุฑูุงุถูููุฉู
(ุงูุนูุชูุฑูุถูุชู ุจููููู ุงูุดููุฑูุทู ููุฌูููุงุจููู ูููููู (ููุงูุชููููููุง ุงููููุงุฑู))
๐น Jadi wawu dalam kalimat ูููู ุชูููุนูููููุง adalah wawu i'tirodiyah.
โ *Wawu i'tirodiyah adalah wawu yang menujukkan bahwa itu adalah kalimat yang berada diantara dua kalimat yang lain*.
Karena ูููู ุชูููุนูููููุง ini, ada diantara
ููุฅููู ูููู
ู ุชูููุนูููููุง dan ููุงูุชููููููุง ุงููููุงุฑ
ini yang disebut dengan i'tirodiyah. Yaitu adanya kalimat dalam dua kalimat.
Jadi antara ููุฅููู ูููู
ู ุชูููุนูููููุง dan ููุงูุชููููููุง ุงููููุงุฑ
tadikan ayat utuhnya
๐ (ููุฅููู ููู
ู ุชูููุนููููุง ูููููู ุชูููุนููููุง ููุงุชูููููุง ุงููููุงุฑู ุงูููุชูู ูููููุฏูููุง ุงููููุงุณู ููุงููุญูุฌูุงุฑูุฉู ... Dst )
ini adalah wawu i'tirodiyah
Thoyyib
ุงูุนูุชูุฑูุถูุชู ุจููููู ุงูุดููุฑูุทู ููุฌูููุงุจููู
yang berada diantara syarat.
๐ syarat nya ini kanโก ููุฅููู ููู
ู ุชูููุนููููุง
๐ dan jawabnyaโก ููุงุชูููููุง ุงููููุงุฑู
seperti itu.
Thoyyib. Kemudian
ูููู : ุญูุฑููู ูููููู ูู ููุตูุจู ูู ุงูุณูุชูููุจูุงููุ
รฃ๐น ูููู adalah huruf nafi, huruf nashab dan huruf istiqbal,
ุชูููุนูููููุง : ููุนููู ู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูููุตูููุจู ุจู(ูููู) ูู ุนูููุงู
ูุฉู ููุตูุจููู ุญูุฐููู ุงููููููู ูููุฃูููููู ู
ููู ุงููุฃูููุนูุงูู ุงููุฎูู
ูุณูุฉู ูู ููุงูู ุงููุฌูู
ูุงุนูุฉู : ุถูู
ูููุฑู ู
ูุชููุตููู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณูููููููู ูููู ู
ูุญูููู ุฑูููุนู ููุงุนููู.
jadi ini adalah cara mengirab ayat
ููุฅููู ููู
ู ุชูููุนููููุง ูููููู ุชูููุนููููุง
ini in syaa Allah mudah
ููุฅููู ููู
ู ุชูููุนููููุง
โ dimana ุชูููุนููููุง ini asalnya ุชูููุนููููุงูู
โก karena ada ููู
ู menjadi
ุชูููุนููููุง
Begitupun yang kedua
ููููู ุชูููุนููููุง
โ Asalnya ุชูููุนููููุงูู
โก ada ูููู menjadi ุชูููุนููููุง
dan failnya adalah wawu nya
Thoyyib.
----------------------------
Terakhir kita bias lihat semacam kesimpulan di halaman 58.
Jadwal (tabel).
ุฌูุฏููููู : ุจููููู ุฃูููููุงุนู ุงููุฅูุนูุฑูุงุจู ูู ุนูููุงู
ูุชููู ูู ู
ูููุงุถูุนูููุง ูููู ุงููุฃูุณูู
ูุงุกู ููุงููุฃูููุนูุงูู
Tabel yang menujukkan yang menjelaskan macam-macam i'rab dan tanda-tandanya dan kedudukan-kedudukannya di dalam isim-isim dan fiil-fiil.
Jadi semacam kesimpulan bahwa,
๐ฎ i'rab itu ada empat macam, yaitu ada ::
1. rofa,
2. nashab,
3. jarr, dan
4. jazm.
โป Kemudian rofa punya empat tanda, yaitu
1. dhommah,
2. wawu,
3. alif, dan
4. tetap nun
โป Nashab punya lima tanda:
1. fathah,
2. alif,
3. kasrah,
4. ya, dan
5. buang nun
โป Jar ada tiga tanda:
1. kasrah,
2. ya, dan
3. fathah
โป Jazm ada dua tanda:
1. sukun, dan
2. membuang,
______, Membuang ini ada dua
1. Ada membuang huruf ilat, dan
2. ada membuang nun
Kemudian di kolom yang ketiga, ditunjukkan
๐apa saja yang ketika rofa itu tandanya dhommah,
โ Untuk isim yang pertama adalah
1. isim mufrod,
2. jamak taksir, yang
3. jamak muannats salim
โ Untuk fiil adalah
4. fiil mudhari, tentu fiil mudhari yang akhirnya bersambung dengan akhiran sesuatu.
๐ Kemudian yang ketika rofa tandanya wawu, dia ada dua yaitu
1. jamak mudzakkar salim, dan
2. isim yang lima.
Jadi ini berlaku untuk isim saja, nggak ada fiil yang tanda rofanya wawu.
Kemudian untuk alif, ini hanya satu,
๐ketika rofa tandanya alif hanya satu. Yaitu
1. mutsanna saja.
Adapun tsubutun nun yaitu tetap nun. Ini hanya berlaku untuk fiil , tepatnya pada fiil-fiil yang lima. Adapun isim tidak ada yang rofanya dengan tsubutun nun.
Kemudian untuk nashab,
๐พ yang ketika nashab fathah ini ada tiga. Dua isim satu fiil.
Dua isim yaitu
1. isim mufrod,
2. jamak taksir
Kemudian untuk fiil,
3. fiil mudhari, tentu fiil mudhari yang tidak bersambung dengan akhiran sesuatu.
๐พ Kemudian yang ketika nashab alif, yaitu
1. isim yang lima saja.
๐พ Adapun yang ketika nashab kasrah. Dan ini suatu keanehan, adalah
1. jamak muannats salim.
๐พ Dan yang ketika nashab ya' ada dua,
1. mutsanna, dan
2. jamak mudzakkaar salim.
๐พ Dan yang ketika nashab membuang nun hanya satu. Ini hanya berlaku untuk fiil, yaitu untuk
1. fiil yang lima
๐ Kemudian yang untuk jarr yang ketika jar tanda nya kasrah _tanda asli_ yaitu ada tiga
1. isim mufrod
2. jamak taksir
3. jamak muannats salim
๐ kemudian yang ketika jar tandanya ya' ada tiga juga
1. isim yang lima
2. mutsanna
3. jamak mudzakkar salim
๐ dan yang ketika jar __aneh ya__ ketika jar malah fathah itu cuma
satu
1. yaitu ุงูู
ูู
ูููููุนู ู
ููู ุงูุตููุฑููู
Atau ghairu munsharif
๐ฅ adapun untuk jazm ini merupakan tanda khusus untuk fiil. Sebagaimana jar tanda khusus untuk isim.
Jazm ini ada dua tanda
1. sukun
2. membuang
๐ฅ yang ketika jazm tandanya sukun adalah fiil mudhari yang shohih akhirnya.
๐ฅ Adapun yang ketika jazm membuang ini ada dua
1. Ada membuang huruf ilat
2. Ada membuang huruf nun
Yang membuang huruf illat tentu berlaku pada fiil mudhari yang diakhiri oleh huruf illat.
Membuang nun ini berlaku pada fiil yang lima.
*Jadi masyaa Allah ini tabel di halaman 58 silahkan dipelajari dan kalau bisa dihafalkan*.
Kalau bisa dihafalkan karena ini adalah inti dari ilmu nahwu.
โ Inti Ilmu nahwu itu ada disini
Kita bicara apapun tentang nahwu, kembalinya kesini. Karena kita bicara masalah
ุฃูุญููุงูู ุงูููุงุฎูุฑู ุงููููููู
ูุงุช
Keadaan akhir dari suatu kata.
Maka kalau kita ingin menguasai nahwu dengan baik. Jangan lupa untuk menghafal dalam masalah ini. Ini kita tahu bahwasannya irab ada empat.
๐ Kemudian rofa ada 4 tanda,
๐ nashab ada 5 tanda,
๐ jarr ada 3 tanda,
๐ jazm ada 2 tanda .
Kemudian setelah itu kita harus tahu tandanya,
- yang ketika rofa dhommah apa saja
?
- yang ketika rofa wawu apa saja?, dan seterusnya.
โ Jadi memang ini merupakan yang sangat ditekankan untuk di hafalkan.
Thoyyib. Barangkali cukup sampai disini
semoga bermanfaat.
ูุตูู ุงููู ุนูู ูุจููุง ู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุงููู ูุตุญุจู ูุณูู
ุณุจุญุงูู ุงูููู
ูุจุญู
ุฏูุ ุฃุดูุฏ ุฃู ูุง ุฅูู ุฅูุง ุฃูุชุ ุฃุณุชุบูุฑู ูุฃุชูุจ ุฅููู
ูุงูุณูุงู
ุนูููู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
-----------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar