Senin, 06 Maret 2017

Dars 23: Fi'il yang lima

๐Ÿ“ Transkrip Materi BINAR Pekan 10
๐ŸŽง Pengisi Materi :: Ustadz Abu Razin
๐Ÿ“š Dars 23 :: Al Mu'rabat Bilhuruf 4 โ€“ Fiโ€™il yang 5
โŒ› Durasi audio ::  23.49 menit

---------------------------------------

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡  ูˆุนู„ู‰ ุงู„ู‡ ูˆ ุตุญุจู‡  ูˆู…ู† ูˆุงู„ุงู‡, ุฃู…ุง ุจุนุฏ.


Alhamdulillah kita masih melanjutkan pelajaran dari Kitab Al Mumtiโ€™ Fii Syarhil Ajurrumiyyah, dan kita masih di bab ุงู„ู…ูุนู’ุฑูŽุจูŽุงุชู dan kita sudah sampai ke pembahasan ุงู„ู…ูุนู’ุฑูŽุจูŽุงุชู ุจูุงู„ุญูุฑููˆูู yang ke-empat.
Jadi sebagaimana yang sudah dibahas, bahwasanya ุงู„ู…ูุนู’ุฑูŽุจูŽุงุชู ุจูุงู„ุญูุฑููˆูู, ada empat, yaitu:
1.    Mutsanna
2.   Jamak mudzakkar salim
3.    Isim yang lima,

dan sekarang yang kita bahas,


๐Ÿ”ท 4.    Fiโ€™il yang lima, ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู


โฌ… ุฑูŽุงุจูุนู‹ุง : ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู

Yang ke-4, yaitu kelompok kata yang muโ€™rabnya dengan huruf (yang berubah-ubah hurufnya, adapun harakatnya sama) adalah:

 ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู
*FI',IL-FI'IL YANG LIMA*

ุชูŽุนู’ุฑููŠู’ููู‡ูŽุง :
๐Ÿ”นDefinisi fi'il yang lima adalah:

โ–ช ู‡ููŠูŽ ูƒูู„ู‘ู ููุนู’ู„ู ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ุงูุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽ ุจูู‡ู ุฃูŽู„ููู ุงู„ู’ุงูุซู†ูŽูŠู’ู†ูุŒ ุฃูŽูˆู’ ูˆูŽุงูˆู ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉูุŒ ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุงุกู ุงู„ู’ู…ูุฎูŽุงุทูŽุจูŽุฉู

Adalah setiap fiโ€™il mudhari yang bersambung dengan alif mutsanna/tatsniyah, atau wawu jamaโ€™, atau yaโ€™ mukhatabah.


ูˆูŽู‡ููŠูŽ : ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ูุŒ ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ูุŒ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽุŒ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูุŒ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’ู†ูŽ

๐Ÿ”น Dan fiโ€™il yang lima itu adalah:
ูก. ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู
ูข. ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู
ูฃ. ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ
ูค. ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ู
ูฅ. ุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’ู†ูŽ
Ini adalah wazan bagi fiโ€™il yang lima.

Artinya kalau ู†ูŽุตูŽุฑูŽ, berarti: ู†ูŽุตูŽุฑูŽ kan ูŠูŽู†ู’ุตูุฑู
ูก. ูŠูŽู†ู’ุตูุฑูŽุงู†ู
ูข. ุชูŽู†ู’ุตูุฑูŽุงู†ู
ูฃ. ูŠูŽู†ู’ุตูุฑููˆู’ู†ูŽ
ูค. ุชูŽู†ู’ุตูุฑููˆู’ู†ู
ูฅ. ุชูŽู†ู’ุตูุฑููŠู’ู†ูŽ

Adapun kalau ุถูŽุฑูŽุจูŽ โ€“ ูŠูŽุถู’ุฑูุจู, maka fiโ€™il yang limanya adalah:
ูก. ูŠูŽุถู’ุฑูุจูŽุงู†ู
ูข. ุชูŽุถู’ุฑูุจูŽุงู†ู
ูฃ. ูŠูŽุถู’ุฑูุจููˆู’ู†ูŽ
ูค. ุชูŽุถู’ุฑูุจููˆู’ู†ู
ูฅ. ุชูŽุถู’ุฑูุจููŠู’ู†ูŽ

โ˜˜ Jadi yang dimaksud dengan alif tatsniyah, yaitu:
ูก. ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู
ูข. ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู
Disitu ada alifnya, sebelum nun.


โ˜˜ Kemudian wawu jamaโ€™, yang dimaksud:
ูฃ. ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ
ูค. ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ู


โ˜˜ Dan yaโ€™ mukhatabah, yang dimaksud adalah yaโ€™ pada contoh:
ูฅ. ุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’ู†ูŽ


โœ Ini yang dimaksud dengan  ::
- alif mutsanna,
- wawu jamaโ€™, dan
- yaโ€™ mukhatabah


ุญููƒู’ู…ูู‡ูŽุง :
๐Ÿ”น Hukum iโ€™robnya

ุชูุฑู’ููŽุนู ุจูุซูุจููˆู’ุชู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ูˆูŽุชูู†ู’ุตูŽุจู ูˆูŽุชูุฌู’ุฒูŽู…ู ุจูุญูŽุฐู’ููู‡ูŽุง

๐Ÿ“Œ Dirofaโ€™kan dengan tetap nunnya, dan
๐Ÿ“Œ Dinashabkan dan dijazmkan dengan membuangnya nunnya.

Jadi asalnya
ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู
ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู
ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ
ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ู
ุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’ู†ูŽ
Ini hukum asalnya, marfuโ€™.

Adapun ketika misalkan diawali oleh huruf nashab atau diawali oleh huruf jazm, maka nunnya dibuang.

๐Ÿ”ธKetika ada huruf nashab, seperti ู„ูŽู†ู’ misalkan, menjadi:
ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุง
ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุง
ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง
ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง
ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’

๐Ÿ”ธBegitu pula ketika diawali oleh huruf jazm. Misalkan ู„ูŽู…ู’,
Maka dibuang pula nunnya, seperti ketika nashab.
ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุง
ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุง
ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง
ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง
ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’
Thayyib.

_____________________


ููŽู…ูุซูŽุงู„ูู‡ูŽุง ูููŠู’ ุญูŽุงู„ูŽุฉู ุงู„ุฑู‘ูŽูู’ุนู :
 ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : (ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู’ู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ู‡ู)(ูก)
ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : (ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ู…ู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุฌูŽุฑู ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู)(ูข)
ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู : (ุฃูŽุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ุฑูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู)(ูฃ).


๐Ÿ”นJadi contoh fiโ€™il yang lima ketika rofaโ€™, adalah,

โ–ถ firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla
ูก.  ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู’ู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ู‡ู

รฃ๐Ÿ ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู’ู†ูŽ   Ini adalah fiโ€™il mudhari yang bersambung dengan wawu jamaโ€™ah

โ–ถDan  firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla:
ูข.  ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ู…ู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุฌูŽุฑู ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู

รฃ๐Ÿ Dan  ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู  Fiโ€™il mudhari yang bersambung dengan alif tatsniyah

โ–ถ Dan  firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla:
ูฃ.  ุฃูŽุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ุฑูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู

รฃ๐Ÿ ุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ  ini fiโ€™il mudhari yang bersambung dengan yaโ€™ mukhatabah

Thayyib.


ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู’ู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ู‡ู
1โƒฃโ–ถ Ini diambil dari Surat As-Shaf ayat 11

Kemudian,
ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ู…ู ูˆูŽุงู„ุดู‘ุฌูŽุฑู ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู
2โƒฃโ–ถ ini Ar-Rahman ayat 6

Kemudian
ุฃูŽุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู
3โƒฃโ–ถ Ini merupakan surat Hud ayat 73




Thayyibโ€ฆ


๐Ÿ”˜ ููŽูููŠ ุงู„ุขูŠูŽุฉู ุงู„ุฃููˆู’ู„ูŽู‰ ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู (ุชูุคู…ูู†ููˆู†ูŽ)  ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูู’ุนูŽู„ู ุงู„ุฎู…ู’ุณูŽุฉู ุ› ูˆูŽู‡ููŠูŽ ููุนู’ู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ ุงูุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ูˆูŽุงูˆู ุงู„ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ูˆูŽ ู‡ููˆูŽ ู…ูŽุฑู’ูููˆุนูŒุ› ู„ูุชูŽุฌูŽุฑูุฏูู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุตูุจู ูˆูŽุงู„ุฌูŽุงุฒูู…ูุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูุนูู‡ู ุซูุจููˆู’ุชู ุงู„ู†ูู‘ูˆู’ู†ู ู†ููŠุงูŽุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ูŽู‘ุฉู

1โƒฃ Maka pada ayat yang pertama, kata

๐Ÿkata  ุชูุคู…ูู†ููˆู†ูŽ  dalam ayat
ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู’ู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ู‡ู
Merupakan termasuk fiโ€™il yang lima. Dan dia adalah fiil mudhariโ€™ yang bersambung dengan wawu jamaโ€™ah dan dia marfuโ€™.

Kenapa marfuโ€™?
ู„ูุชูŽุฌูŽุฑูุฏูู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุตูุจู ูˆูŽุงู„ุฌูŽุงุฒูู…ูุŒ
Karena ia terbebas dari penashab dan penjazm.

โœ Jadi simple saja, karena dia tidak ada huruf nashabnya, tidak ada huruf jazm, maka dia marfu. Ini alasannya.
Karena hukum asal setiap fiil mudhari itu adalah marfu'.

Fiil mudhari bisa menjadi nashab atau menjadi jazm, kalau ada amilnya. Ada faktor yg meyebabkan dia menjadi manshub dan juga majzum.

ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูุนูู‡ู ุซูุจููˆู’ุชู ุงู„ู†ูู‘ูˆู’ู†ู
โ˜˜ Dan tanda rofa'nya adalah tetap nunnya, (artinya tidak dibuang),

ู†ููŠุงูŽุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ูŽู‘ุฉู
sebagai ganti dari dhammah

โœ Nah ini memang kalau kita mengiโ€™rab, semua tanda selain tanda asli, artinya ;
- kalau kita i'rab rofa' selain dhammah,
- nashab selain fathah, jar selain kasrah,
- dan jazm selain sukun,
Ini ditambahkan ู†ููŠุงูŽุจูŽุฉู‹ dibelakangnya.

Kecuali nanti  i'rabnya pakai muqaddarah, ini tidak perlu pakai ู†ููŠุงูŽุจูŽุฉู‹.


Thayyib


๐Ÿ”˜ ูˆูŽ ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู (ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู) ูููŠู’ ุงู„ู’ุขูŠูŽุฉู ุงู„ู’ุซูŽุงู†ููŠูŽุฉู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูุŒ

2โƒฃ. Kata ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู dalam ayat yg kedua
 ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ู…ู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุฌูŽุฑููŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู
juga termasuk fiil yang lima.

ูˆูŽ ู‡ููŠูŽ ููุนู’ู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑูุนู‹ ุงูุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ุฃูŽู„ููู ุงู„ู’ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ูุŒ
Dan ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู adalah fiil mudhari yg bersambung dengan alif tatsniyah.

ูˆูŽ ู‡ููˆูŽ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒุŒ
โ˜˜Dan dia di rafakan. Kenapa? Sama alasannya,

ู„ูุชูŽุฌูŽุฑู‘ูŽุฏูู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุตูุจู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽุงุฒูู…ูุŒ
karena dia terbebas dari penashab dan penjazm.


ูˆูŽุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุซูุจููˆู’ุชู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ุนูŽู†ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉู
โ˜˜ Tanda rafanya adalah tetap nunnya sebagai ganti dari dhommah.


๐Ÿ”˜ ูˆูŽูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู ( ุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ ) ูููŠู’ ุงู„ุขูŠูŽุฉู ุงู„ุซู‘ูŽุงู„ูุซูŽุฉู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูุŒ

3โƒฃ Dan kata ุชุนุฌุจูŠู† dalam ayat
 ุฃูŽุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ ู…ูู†ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู
Ini juga termasuk fiil yg lima.

ูˆูŽู‡ููŠูŽ ููุนู’ู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ ุงูุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ูŠูŽุงุกู ุงู„ู…ูุฎูŽุงุทูŽุจูŽุฉูุŒ
รฃ๐Ÿ  ุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ ini adalah fiil mudhari yang bersambung dengan ya (ูŠ) mukhattabah. ุชุนุฌุจูŠู† ini adalah dhomir anti.

" Apakah kamu heran/takjub dengan urusan Allah? ".
Dan "ูŠ" nya dengan ya' mukhattabah.

ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒุ›
Dan dia di rofakan. Sama alasan nya.
ู„ูุชูŽุฌูŽุฑู‘ูŽุฏูู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุตูุจู ูˆูŽ ุงู„ุฌูŽุงุฒูู…ูุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุซูุจููˆู’ุชู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉู

Thoyib.  ini sama, tidak perlu kita bahas panjang lebar.

________________________


Kemudian setelah selesai contoh yang rofa. Pensyarah Kitab al-Mumti' ini melanjutkan dengan memberikan contoh ketika nashob dan jazm.


๐Ÿ”˜ูˆูŽู…ูุซูŽุงู„ู ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู ูููŠู’ ุญูŽุงู„ูŽุชููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุตู’ุจู ูˆูŽุงู„ุฌูŽุฒู’ู…ู: ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ { ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง } (ูค)

Dalam surah Al Baqarah ayat 24.

Dan contoh fi'il yang lima dalam keadaan nashob dan jazm adalah firman Allah  Subhฤnahu wa Ta'ฤla
dalam satu ayat lansung ada 2 huruf disini

ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’.
(lengkap contoh nya, masyaAllah)

1โƒฃ รฃ... ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง  ini ู„ูŽู…ู’ huruf jazm
โžก Asalnya ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ, karena ada ู„ูŽู…ู’
โžก dibuang nun nya. ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง

2โƒฃ... Kemudian yg kedua ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง.
โžก Asalnya ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ , kemudian ada huruf nashab disini
 dibuang pula nunnya
โžก menjadi ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง

Thoyib.

ููŽูููŠ ุงู„ุขูŠูŽุฉู ุงู„ููุนู’ู„ูŽุงู†ู
Maka dalam ayat tersebut ada dua fiil. Yaitu:

โ—€ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง
โ—€ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง

ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูุŒ
Dan Kedua nya merupakan fiil yg lima

ูˆูŽู‡ูู…ูŽุง ููุนู’ู„ูŽุงู†ู ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŽุงู†ู ุงูุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽ ุจูู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽุงูˆู ุงู„ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉูุŒ
dan kedua nya adalah fiil mudhari yg bersambung dengan wawu jamaah.

ูˆูŽุงู„ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ู…ูŽุฌู’ุฒููˆู’ู…ูŒ ุจู(ู„ูŽู…ู’)
โ˜˜ Yang pertama ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง
yang  ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง di jazm kan dengan ู„ูŽู…ู’

ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฒู’ู…ูู‡ู ุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ูุŒ
โ˜˜Dan tanda jazm nya adalah membuang nun sebagai ganti daripada sukun.
Karena hukum asal jazm adalah sukun.
Makanya kita katakan
 ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ู

ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠ ู…ูŽู†ู’ุตููˆู’ุจูŒ ุจู(ู„ูŽู†ู’)

โ˜˜ Ayat ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง Ini dinashabkan dengan adanya huruf ู„ูŽู†ู’

ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ู†ูŽุตู’ุจูู‡ู ุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ููŽุชู’ุญูŽุฉู.
โ˜˜dan tanda nashab nya adalah membuang nun sebagai ganti fathah.


๐ŸŒด Thoyyib. Ini cara irob secara *ringkas*  sampai disini

_______________________


 Selanjutnya di halaman 55.
Kita melihat Adanya ู…ูŽุญูŽุทู‘ูŽุทูŒ bagan yg menjelaskan fiil2 yg lima.


ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู ู‡ููŠูŽ:
ูƒูู„ู‘ู ููุนู’ู„ู ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ุงูุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽ ุจูู‡ู ุฃูŽู„ููู ุงู„ุฅุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽูˆู’ ูˆูŽุงูˆู ุงู„ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุงุกู ุงู„ู…ูุฎูŽุงุทูŽุจูŽุฉู .


๐Ÿ”น Fiil yang lima adalah:
setiap fi'il mudhori yang bersambung dengan alif tatsniyah, wawu  jamak atau ya mukhattabah.

Disini beliau menunjukkan bagan.
1โƒฃ Misalkan :ูŠูŽูู’ุนูŽู„ู
๐ŸŒพBersambung dengan alif tasniyyah
๐Ÿ”นูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ูโž–ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู

๐ŸŒพBersambung dengan Waw jamak
๐Ÿ”นูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽโž–ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ

๐ŸŒพBersambung dengan ya mukhattabah
๐Ÿ”นุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’ู†ูŽ

 Ini kedaan ketika rofa. Jadi yang pertama ini, keadaan ketika rofa'

2โƒฃ Kemudian keadaan yang kedua ูŠูŽูู’ุนูŽู„ู kalo ada ู„ูŽู†ู’ huruf nashab maka dia
_kalo ูŠูŽูู’ุนูŽู„ู ini kan tidak bersambung dengan akhir sesuatu_ maka nasab nya fathah.
โžก Menjadi ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽ.


Untuk fiil yang lima nya, asalnya
ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู
ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุงู†ู
ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ
ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ู
ุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’ู†ูŽ
๐ŸŒพ Kemudian dibuang (ketika nashab) menjadi:

ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุง
ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุง
ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง
ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง
ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’

๐ŸŒพ Begitu juga ketika jazm:
Asalnya ูŠูŽูู’ุนูŽู„ู ,
kalo ada ู„ูŽู…ู’ menjadi โžก ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ู’

Tapi kalo fiil yang lima nya, sama dengan ketika ia nashab, dibuang nun nya.
ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูŽุง
ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ูŽุง
ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง
ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง
ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููŠู’
Thayyib.

__________________


Terakhir yang kita bahas adalah masalah irob. Kalau yang tadi irob yang ringkasnya.

๐ŸŒด๐ŸŒด Ini adalah irob  yang lebih lengkapnya.

ุงู„ุฅูุนู’ุฑูŽุงุจู :
I'rab :
ูก - (ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู’ู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู)
Ayat ini cara ngi'rob nya _maa syaa Allah ini kita mendapatkan contoh cara mengi'rab dengan lengkap sekali, ini sangat baik untuk dipelajari_


ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู’ู†ูŽ : ููุนู’ู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒ ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุซูุจููˆู’ุชู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉูุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู ุŒ ูˆูŽูˆูŽุงูˆู ุงู„ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู : ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุชู‘ูŽุตูู„ูŒ ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ู ูููŠู’ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุฑูŽูู’ุนู ููŽุงุนูู„ูŒ.

1โƒฃ๐Ÿ”ธJadi kalau fiil mudhari itu ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู’ู†ูŽ
jangan kita katakan fail nya antum, meskipun memang ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู’ู†ูŽ ini, kembali kepada antum. Tapi kalo cara ngi'rob nya
๐Ÿ”ธfail nya adalah wawu nya. Jadi wawu dalam lafadz ุชูุคู’ู…ูู†ููˆู’ู†ูŽ ini adalah failnya.
Meskipun kalau kita tanya lagi wawunya ini kembali kepada siapa?
๐Ÿ”ธJelas sekali bahwa ini kembali kepada antum.

ุจูุงุงู„ู„ู‡ู : ุงู„ุจูŽุงุกู : ุญูŽุฑู’ูู ุฌูŽุฑู‘ู ุŒุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู : ู„ูŽูู’ุธู ุงู„ู’ุฌูŽู„ูŽุงู„ูŽุฉู ุงูุณู’ู…ูŒ ู…ูŽุฌู’ุฑููˆุฑูŒ ุจูุงู„ู’ุจูŽุงุกู ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽุงุฑู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑู ู…ูุชูŽุนูŽู„ู‘ูู‚ูŽุงู†ู ุจูุงู„ู’ููุนู’ู„ู

Thoyyib


ูข.- ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ู…ู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุฌูŽุฑู ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู
2โƒฃ "dan bintang dan pohon kedua nya bersujud"

ุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ู…ู :  ู…ูุจู’ุชูŽุฏูŽุฃูŒ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒ ูˆูŽุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑูŽุฉู ุนูŽู„ูŽู‰ ุขุฎูุฑูู‡ู .

๐Ÿ”นJadi ุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ู…ู sebagai mubtada.

Untuk ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุฌูŽุฑู karena ada wawu athof
disini, maka jelas dia pasti athaf ma'thuf. Dan memang secara konteks kalimat ini adalah bentuk athof mathuf.


 ุงู„ู’ูˆูŽุงูˆู: ุญูŽุฑู’ูู ุนูŽุทู’ููุŒ  ุงู„ุดู‘ูŽุฌูŽุฑู : ู…ูŽุนู’ุทููˆู’ููŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ู…ู ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑูŽุฉู.
Perhatikanโ—
Kenapa fiil nya ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู?
๐Ÿ”ธKarena memang disini, failnya adalah  ุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ู…ู dan ุงู„ุดู‘ูŽุฌูŽุฑู (dua) maka fiil yg di pilih adalah yang mustanna.
Karena ini jumlah ismiyyah, maka fiil harus mengikuti failnya, harus mengikuti mubtada. Yang mana _pada asal nya_ mubtada adalah failnya.


๐Ÿ”ธรฃ. ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู Cara mengirobnya.

ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู: ููุนู’ู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ  ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒ ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุซูุจููˆู’ุชู ุงู„ู†ููˆู†ู ู†ููŠูŽุงุจูŽุฉู‹ ุนูŽู†ู ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ูŽุฉู ุŒ ู„ูุฃูŽ ู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽ ูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู.


Ini jelas insyaAllah.


ูˆูŽุฃูŽู„ููู ุงู„ู’ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู :

๐Ÿ”ธ Yakni Alif dalam lafadz ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู

ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุชู‘ูŽุตูู„ูŒ ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณููƒููˆู†ู ูููŠู’ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุฑูŽูู’ุนู ููŽุงุนูู„ูŒ

Dhomir alif pada ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู merupakan dhomir  bersambung yang dimabniykan atas sukun dalam keadaan rofa menjadi failnya.

โœ Jadi ini cara mengirob fiil yang lima.

รฃโ–ถ ูŠูŽุณู’ุฌูุฏููˆู’ู†ูŽ mana fail nya? wawu "ูˆ" nya.

รฃโ–ถDan  ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู , mana fail nya?  alif "ุง" nya.

Seperti itu.

ูˆูŽุงู„ุฌูู…ู’ู„ูŽุฉู ู…ูู†ูŽ ุงู„ููุนู’ู„ู ูˆ ุงู„ููŽุงุนูู„ู ูููŠู’ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุฑูŽูู’ุนู ุฎูŽุจูŽุฑู ุงู„ู…ูุจู’ุชูŽุฏูŽุฃู

๐Ÿ”ธDan keseluruhan kalimat ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽุงู†ู
Jumlah dari fiil dan failnya ini, dalam keadaan/kedudukan rofa menjadi khobar mubtada.

Karena ุงู„ู†ู‘ูŽุฌู’ู…ู itu kan mubtada nya. Nah tipsnya kalo kita mengirob itu,

โœ ketika kita ketemu *mubtada* maka harus kita cari mana *khabar* nya.
โœ Begitupun jika kita menemukan *fiil* maka  mencari mana *failnya*.
โœ Dan jika *fiil mutaadi* maka cari mana *mafulbih nya*.

InsyaAllah ini mudah


ูฃ- ุฃูŽุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู

3โƒฃ " Apakah engkau takjub dengan urusan Allah?"

ุฃูŽุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ:

ุฃูŽ: ุงู„ู‡ูŽู…ู’ุฒูŽุฉู ู„ูู„ุงูุณู’ุชููู’ู‡ูŽุงู…ูุŒ
โ–ซHamzahnya istifham

ุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ: ููุนู’ู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนูŒ ูˆูŽ ุนูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุซูุจููˆู’ุชู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ู„ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุงู„ุฃูŽูุนูŽุงู„ู ุงู„ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูุŒ ูˆูŽ ูŠูŽุงุกู ุงู„ู…ูุฎูŽุงุทูŽุจูŽุฉู: ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุชู‘ูŽุตูู„ูŒ ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ู ูููŠู’ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุฑูŽูู’ุนู ููŽุงุนูู„ูŒ.



Ini sama.
โ–ซ Mana fail ุชูŽุนู’ุฌูŽุจููŠู’ู†ูŽ? Yaitu  "ูŠ" nya. Sekalipun kalau kita tanya Ya' nya kembali kepada siapa? Jelas kembali kepada anti. Tapi ini cara irob. Fiil mudhari itu cara mengi'rab nya seperti ini.

ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ุฑู : ู…ูู†ู’ ุญูŽุฑู’ูู ุฌูŽุฑู‘ูุŒ ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงูุณู’ู…ูŒ ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ุจู(ู…ูู†ู’)  ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑูŽุฉู

Kalo mengirob :
โ–ช boleh kita bilang ุฃูŽู…ู’ุฑู โžก namanya kita mengutip, membaca sesuai dengan yang ada di ayat
โ–ช atau kalo  ุฃูŽู…ู’ุฑูŒ , boleh juga. Kita anggap dia sebagai mubtada

ุงู„ู„ู‘ู‡ : ู„ูŽูู’ุธู ุงู„ุฌูŽู„ูŽุงู„ูŽุฉู ู…ูุถูŽุงููŒ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ู…ูŽุฌู’ุฑููˆู’ุฑูŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฑู‘ูู‡ู ุงู„ูƒูŽุณู’ุฑูŽุฉู ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑูŽุฉู

Thoyib. InsyaAllah ini jelas.


ูค-  ๏ดฟููŽุฅูู†ู’ ู„ู‘ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง๏ดพ

ููŽุฅูู†ู’ : ุงู„ููŽุงุกู,  ุชูุนู’ุฑูŽุจู ุญูŽุณูŽุจูŽ ู…ูŽุง ู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ูŽุง ุŒ

4โƒฃ dan (ู) itu diirab sesuai dengan apa yang sebelumnya. Kemudian
 ุฅูู†ู’: ุญูŽุฑู’ูู ุดูŽุฑู’ุทู ูˆูŽ ุฌูŽุฒู’ู…ู.

รฃ๐Ÿ”น. ุฅูู†ู’ adalah huruf syarat dan huruf jazm.

ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง : ู„ูŽู…ู’ : ุญูŽุฑู’ูู ู†ูŽูู’ูŠู ูˆูŽ ุฌูŽุฒู’ู…ู ูˆูŽ ู‚ูŽู„ู’ุจูุŒ
รฃ๐Ÿ”น  "ู„ู…" adalah huruf nafi dan hurf jazm dan huruf qolb.

Huruf qolbin ini maksudnya huruf mustaqbal, ini yang berlaku dimasa yang akan datang.
Jadi kalau kita bilang ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง, belum.

ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง : ููุนู’ู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ ู…ูŽุฌู’ุฒููˆู’ู…ูŒ ุจู (ู„ูŽู…ู’) ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฌูŽุฒู’ู…ูู‡ู ุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉูุŒ

๐Ÿ”นJadi  asalnya ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุงู†ูŽ
Jadi asalnya ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุงู†ูŽ , tapi karena ada ู„ูŽู…ู’  jadi majzum dan tanda jazm nya adalah buang nun, dibuang ู† nya.

ูˆูŽ ูˆูŽุงูˆูุงู„ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู: ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุชู‘ูŽุตูู„ูŒ ู…ูŽุจู’ู†ูู‰ู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ู ูููŠู’ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุฑูŽููŽุนู ููŽุงุนูู„ูŒุŒ ูˆูŽ(ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง) ูููŠู’ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุฌูŽุฒู’ู…ู ุจู(ุงู•ูู†ู’)

Jadi dia dijazmkan dengan ุงู•ูู†ู’ .

Kalimat  ูˆูŽ(ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง) ูููŠู’ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุฌูŽุฒู’ู…ู ุจู(ุงู•ูู†ู’)
ini hanya tambahan saja.


Kemudian
ูˆูŽ ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง : ุงูŽู„ู’ูˆูŽุงูˆู: ุงูุนู’ุชูุฑูŽุงุถููŠูŽุฉู

(ุงูุนู’ุชูŽุฑูŽุถูŽุชู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุฑู’ุทู ูˆูŽุฌูŽูˆูŽุงุจูู‡ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ (ููŽุงูŽุชู‘ูŽู‚ููˆู’ุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑูŽ))

๐Ÿ”น Jadi wawu dalam kalimat  ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง  adalah wawu i'tirodiyah.

โœ *Wawu i'tirodiyah adalah wawu yang menujukkan bahwa itu adalah kalimat yang berada diantara dua kalimat yang lain*.
Karena ู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง ini, ada diantara
 ููŽุฅูู†ู’ ู„ู‘ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง dan ููŽุงูŽุชู‘ูŽู‚ููˆู’ุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑ
ini yang disebut dengan i'tirodiyah. Yaitu adanya kalimat dalam dua kalimat.

Jadi antara ููŽุฅูู†ู’ ู„ู‘ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง dan ููŽุงูŽุชู‘ูŽู‚ููˆู’ุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑ

tadikan ayat utuhnya

๐Ÿ“Œ (ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง ููŽุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑูŽ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ูˆูŽู‚ููˆุฏูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูˆูŽุงู„ู’ุญูุฌูŽุงุฑูŽุฉู ... Dst )
ini adalah wawu i'tirodiyah

Thoyyib

ุงูุนู’ุชูŽุฑูŽุถูŽุชู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุฑู’ุทู ูˆูŽุฌูŽูˆูŽุงุจูู‡ู
yang berada diantara syarat.
๐Ÿ“Œ syarat nya ini kanโžก ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง
๐Ÿ“Œ dan jawabnyaโžก ููŽุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑูŽ
seperti itu.

 Thoyyib. Kemudian

ู„ูŽู†ู’ : ุญูŽุฑู’ูู ู†ูŽูู’ูŠู ูˆูŽ ู†ูŽุตู’ุจู ูˆูŽ ุงูุณู’ุชูู‚ู’ุจูŽุงู„ูุŒ

รฃ๐Ÿ”น ู„ูŽู†ู’  adalah huruf nafi, huruf nashab dan huruf istiqbal,

ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ุง : ููุนู’ู„ูŒ ู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ ู…ูŽู†ู’ุตููˆู’ุจูŒ ุจู(ู„ูŽู†ู’) ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ู†ูŽุตู’ุจูู‡ู ุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ููˆู’ู†ู ู„ููŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู ูˆูŽ ูˆูŽุงูˆู ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู : ุถูŽู…ููŠู’ุฑูŒ ู…ูุชูŽู‘ุตูู„ูŒ ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ู ูููŠู’ ู…ูŽุญูŽู„ู‘ู ุฑูŽูู’ุนู ููŽุงุนูู„ูŒ.

jadi ini adalah cara mengirab ayat

 ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง
ini in syaa  Allah mudah

ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง
โœ dimana ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง ini asalnya ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุงู†ูŽ
โžก  karena ada ู„ูŽู…ู’ menjadi
ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง

Begitupun yang kedua
ูŽู„ูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง
โœ Asalnya ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุงู†ูŽ
โžก ada ู„ูŽู†ู’ menjadi ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆุง
dan failnya adalah wawu nya

Thoyyib.

----------------------------


Terakhir kita bias lihat semacam kesimpulan di halaman 58.
Jadwal (tabel).

ุฌูŽุฏู’ูˆูŽู„ูŒ : ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุนู ุงู„ู’ุฅูุนู’ุฑูŽุงุจู ูˆูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุชูู‡ู ูˆูŽ ู…ูŽูˆูŽุงุถูุนูู‡ูŽุง ูููŠู’ ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู  

Tabel yang menujukkan yang menjelaskan macam-macam i'rab dan tanda-tandanya dan kedudukan-kedudukannya di dalam isim-isim dan fiil-fiil.

Jadi semacam kesimpulan bahwa,

๐Ÿ”ฎ i'rab itu ada empat macam, yaitu ada ::
1. rofa,
2. nashab,
3. jarr, dan
4. jazm.

โ™ป Kemudian rofa punya empat tanda, yaitu
1. dhommah,
2. wawu,
3. alif, dan
4. tetap nun

โ™ป Nashab punya lima tanda:
1. fathah,
2. alif,
3. kasrah,
4. ya, dan
5. buang nun

โ™ป Jar ada tiga tanda:
1. kasrah,
2. ya, dan
3. fathah

โ™ป Jazm ada dua tanda:
1. sukun, dan
2. membuang,
______, Membuang ini ada dua
1. Ada membuang  huruf  ilat, dan
2. ada membuang nun


Kemudian di  kolom yang ketiga, ditunjukkan

๐Ÿ”apa saja yang ketika rofa itu tandanya dhommah,
โˆš Untuk isim yang pertama adalah
1. isim mufrod,
2. jamak taksir, yang
3. jamak muannats salim

โˆš Untuk fiil adalah
4. fiil mudhari, tentu fiil mudhari yang  akhirnya bersambung dengan akhiran sesuatu.

๐Ÿ” Kemudian yang ketika rofa tandanya wawu, dia ada dua yaitu
1. jamak mudzakkar salim, dan
2. isim yang lima.

Jadi ini berlaku untuk isim saja, nggak ada fiil yang tanda rofanya wawu.

Kemudian untuk alif, ini hanya satu,

๐Ÿ”ketika rofa tandanya alif hanya satu. Yaitu
1. mutsanna saja.

Adapun tsubutun nun yaitu tetap nun. Ini hanya berlaku untuk fiil , tepatnya pada fiil-fiil yang lima. Adapun isim tidak ada yang rofanya dengan tsubutun nun.


Kemudian untuk nashab,
๐ŸŒพ yang ketika nashab fathah ini ada tiga. Dua isim satu fiil.
Dua isim yaitu
1. isim mufrod,
2. jamak taksir

Kemudian untuk fiil,
3. fiil mudhari, tentu fiil mudhari yang tidak bersambung dengan akhiran sesuatu.

๐ŸŒพ Kemudian yang ketika nashab alif, yaitu
1.  isim yang lima saja.

๐ŸŒพ Adapun yang ketika nashab kasrah. Dan ini suatu keanehan, adalah
1.  jamak muannats salim.

๐ŸŒพ Dan yang ketika nashab ya' ada dua,
1. mutsanna, dan
2. jamak mudzakkaar salim.

๐ŸŒพ Dan yang ketika nashab membuang nun hanya satu. Ini hanya berlaku untuk fiil, yaitu untuk
1.  fiil yang lima


๐Ÿ” Kemudian yang untuk jarr yang ketika jar tanda nya kasrah _tanda asli_ yaitu ada tiga
1. isim mufrod
2. jamak taksir
3. jamak muannats salim

๐Ÿ” kemudian yang ketika jar tandanya ya' ada tiga juga
1. isim yang lima
2. mutsanna
3. jamak mudzakkar salim

๐Ÿ” dan yang ketika jar __aneh ya__ ketika jar malah fathah itu cuma
satu
1. yaitu ุงู„ู…ูŽู…ู’ู†ููˆู’ุนู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุฑู’ูู
 Atau ghairu munsharif


๐Ÿ’ฅ adapun untuk jazm ini merupakan tanda khusus untuk fiil. Sebagaimana jar tanda khusus untuk isim.
Jazm ini ada dua tanda
1. sukun
2. membuang

๐Ÿ’ฅ yang ketika jazm tandanya sukun adalah fiil mudhari yang shohih akhirnya.

๐Ÿ’ฅ Adapun yang ketika jazm membuang ini ada dua
1. Ada membuang huruf ilat
2. Ada membuang huruf nun

Yang membuang huruf illat tentu berlaku pada fiil mudhari yang diakhiri oleh huruf illat.
Membuang nun ini berlaku pada fiil yang lima.

*Jadi masyaa Allah ini tabel di halaman 58 silahkan dipelajari dan kalau bisa dihafalkan*.
Kalau bisa dihafalkan karena ini adalah inti dari ilmu nahwu.

โœ Inti Ilmu nahwu itu ada disini
Kita bicara apapun tentang nahwu, kembalinya kesini. Karena kita bicara masalah
ุฃูŽุญู’ูˆุงู„ู ุงูŽูˆูŽุงุฎูุฑู ุงู„ู’ูƒูŽู„ูู…ูŽุงุช
Keadaan akhir dari suatu kata.

Maka kalau kita ingin menguasai nahwu dengan baik. Jangan lupa untuk menghafal  dalam masalah ini. Ini kita tahu bahwasannya   irab ada empat.

๐Ÿ“Œ Kemudian rofa ada 4 tanda,
๐Ÿ“Œ nashab ada 5 tanda,
๐Ÿ“Œ jarr  ada 3 tanda,
๐Ÿ“Œ jazm ada 2 tanda .

Kemudian setelah itu kita harus tahu tandanya,
- yang  ketika rofa dhommah apa saja
?
- yang ketika rofa wawu apa saja?, dan seterusnya.

โœ Jadi  memang ini merupakan yang sangat ditekankan untuk di hafalkan.

Thoyyib. Barangkali cukup sampai disini
semoga bermanfaat.

ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู“ู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู…
ุณุจุญุงู†ูƒ ุงู„ู„ู‡ู… ูˆุจุญู…ุฏูƒุŒ ุฃุดู‡ุฏ ุฃู† ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุฃู†ุชุŒ ุฃุณุชุบูุฑูƒ ูˆุฃุชูˆุจ ุฅู„ูŠูƒ
ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡



    -----------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar