----------------------------------------------------
๐ Transkrip Materi BINAR Pekan 11
๐ง Pengisi Materi :: Ustadz Abu Razin
๐ Dars 24 :: Bab Al afโal bag 1
โ Durasi audio :: 21.06 menit
----------------------------------------------------
ุงูุณูุงู
ุนูููู
ูุฑุญู
ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
ุงูุญู
ุฏ ููู ูุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู
ุนูู ุฑุณูู ุงููู ูุนูู ุงูู ู ุตุญุจู ูู
ู ูุงูุงู, ุฃู
ุง ุจุนุฏ.
Alhamdulillah kita masih melanjutkan pelajaran dari Kitab Al Mumtiโ Fii Syahril Ajurrumiyyah, dan kita sudah sampai ke pembahasan ุจูุงุจู ุงููุฃูููุนูุงูู, bab tentang fi'il-fi'il.
ููุงูู ุงููู
ูุตูููููู ุฑุญู
ู ุงููู ุชุนุงูู
ุจูุงุจู ุงููุฃูููุนูุงูู : ุงููุฃูููุนูุงูู ุซููุงูุซูุฉู : ู
ูุงุถู ุููู
ูุถูุงุฑูุนู ุ ููุงูู
ูุฑูุ ููุญููู : ุถูุฑูุจู ููููุถูุฑูุจู ููุงุถูุฑูุจู ;ููุงููู
ูุงุถูู ู
ูููุชูููุญู ุงูุขุฎูุฑู ุฃูุจูุฏูุง
Berkata Mushannif, yaitu Ibnu Ajurum Ash-Shonhajiy, rahimahullahu Ta'ala, bab tentang fi'il-fi'il
๐ถ Fi'il itu ada tiga:
1. Fi'il madhi
2. Fiil mudhari
3. Fiil amr
Contohnya:
ุถูุฑูุจู - ููุถูุฑูุจู - ุงูุถูุฑูุจู
ููุงููู
ูุงุถูู ู
ูููุชูููุญู ุงูุขุฎูุฑู ุฃูุจูุฏูุง
Maka fiil madhi itu difathahkan akhirnya selama-lamanya
ุงูุดููุฑูุญู :
๐ Penjelasan ๐
ููููููุณูู
ู ุงููููุนููู ุฅูููู : ู
ูุงุถู ูู ู
ูุถูุงุฑูุนู ูู ุงูู
ูุฑู ุ ููุงููู
ูุงุถูู ููุญููู : ุถูุฑูุจู ุูู ุงููู
ูุถูุงุฑูุนู ููุญููู : ููุถูุฑูุจู ุ ูู ุงูุงูู
ูุฑู ููุญููู : ุงูุถูุฑูุจู ุูู ููููููู ููุนููู ู
ููู ููุฐููู ุงููุฃูููุนูุงูู ุฃูุญูููุงู
ู ุฎูุงุตููุฉู ุจููู
Fiil itu terbagi menjadi fiil madhi, fiil mudhari, dan fiil amr.
Maka madhi contohnya:
ุถูุฑูุจู
Dan mudhari, contohnya:
ููุถูุฑูุจู
Dan amr, contohnya
ุงูุถูุฑูุจู
Dan bagi setiap fiil ini memiliki hukumยฒ yang khusus.
Thayyib, sekarang kita bahas yang pertama, yaitu fiil madhi.
1โฃ ุฃูููููุงู : ุงูููููุนููู ุงููู
ูุงุถูู : ุญูููู
ููู : ููุจูููู ุฏูุงุฆูู
ูุงุ
Fiil madhi itu hukumnya dimabniykan selamaยฒnya.
Artinya fiil madhi dari ูู sampai ูุญู, seluruhnya adalah mabniy. Hanya saja mabniynya ini nanti beda-beda, ada yg mabniynya fathah
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชุญู
ada yang
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุถูู
ูู
dhammah
ada yang
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณููููููู
sukun.
ูู ูููู ุซููุงูุซู ุญููุงูุชู :
Dan kondisi mabniynya itu ada tiga keadaan.
๐นKondisi yang pertama:
ูก.ููุจูููู ุนูููู ุงููููุชูุญู
dimabniykan di atas fathah,
Kapan fiil madhi itu dimabniykan atas fathah?
: ุฅูุฐูุง ููู
ู ููุชููุตููู ุจููู ุดูููุกู ุููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู {ููุงูู ุฑูุจูููู}
๐ธYang pertama apabila tidak bersambung dengannya sesuatu apapun.
Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ููุงูู ุฑูุจูููู
Dalam surat Al Baqarah ayat 30.
Lihat disini
ููุงูู
Lam-nya jelas-jelas fathah.
Maka kita katakan
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชุญู
๐ธKemudian yang kedua:
ุฃููู ุงุชููุตูููุชู ุจููู ุชูุงุกู ุงูุชููุฃูููููุซู ุงูุณููุงููููุฉู
Atau apabila bersambung dengan taโ taโnist yang sukun.
ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู {ููุงููุชู ููู
ูููุฉู}
Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ููุงููุชู ููู
ูููุฉู
Ini dalam Surat An Naml ayat 18.
Lihat
ููุงููุชู
Ini lam-nya tetap berharakat fathah.
ููุงููุชู
Makanya kita katakan
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชุญู
๐ธKemudian yang ketiga
ุฃููู ุงููููู ุงูุฅูุซููููููู ุ
Atau alif mutsanna
ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู
Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ููููุงููุง ุงููุญูู
ูุฏู ููููููู
Ini dalam surat An Naml ayat 15.
Perhatikan..
ููุงููุง
Ini lam-nya bersambung dengan alif mutsannaโฆ
Kalau kita tasrif itu kan,
ููุงูู โ ููุงููุง โ ููุงูููุง
Maka
ููุงููุง
Ini
ู
ูุจููููู ุนูููู ุงูููุชุญู
Karena lam-nya itu jelasยฒ fathah.
Thayyib..
๐นKemudian yang kedua, keadaan dimana fiโil madhi itu dimabniykan atas dhammah
ูข - ููุจูููู ุนูููู ุงูุถููู
ูู :
Kapan?
Hanya pada satu keadaan saja, yaitu:
ุฅูุฐูุง ุงุชููุตูููุชู ุจููู ููุงูู ุงูุฌูู
ูุงุนูุฉู ุ
๐Apabila bersambung dengan wawu jamaโah
ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู
Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
{ ููููุงูููุง ุณูู
ูุนูููุง }
Ini dalam surat Al Baqarah ayat 285
Thayyib..
perhatikan
ููุงูููุง
Lam-nya ini dhammah, makanya kita katakan
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุถูู
ูู
๐นKemudian yang ketiga:
ูฃ- ููุจูููู ุนูููู ุงูุณูููููููู :
Dimabniykan atas sukun, kapan saja?
ุฅูุฐูุง ุงุชููุตูููุชู ุจููู ุชูุงุกู ุงูููุงุนููู ุ ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู : { ู
ูุงููููุชู ููููู
ู }
๐ธYang pertama apabila bersambung dengan taโ fail.
Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ู
ูุงููููุชู ููููู
ู
Ini surat Al Maidah ayat 117
Lihat perhatikan,
ููููุชู ููููู
ู
Lam-nya sukun, makanya kita katakan
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณููููููู
Dan definisi taโ fail itu ada banyak. Kalau dalam fiil madhi, taโ fail itu mencakup dari ุฃูุช sampai ุฃูุชูู, bahkan ุฃูุงnya pun masuk ya.
Jadi misalkan kalau
ููุตูุฑู
Berarti taโ failnya itu
ููุตูุฑูุชู
ููุตูุฑูุชูู
ูุง
ููุตูุฑูุชูู
ู
ููุตูุฑูุชู
ููุตูุฑูุชูู
ูุง
ููุตูุฑูุชูููู
ููุตูุฑูุชู
Pokoknya semua taโ itu disebut dengan taโ fail.
Lihat
ู
ูุงููููุชู ููููู
ู
ูููู
Lam-nya sukun
makanya kita katakan
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณููููููู
๐ธKemudian yang kedua, keadaan yang mengharuskan fiil madhi mabniy atas sukun
ุฃููู ููุง ุงูููุงุนููููููู ุ ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู : { ููููููููุง ููููู
ู }
Atau bersambung dengan ููุง fail.
Contohnya firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ููููููููุง ููููู
ู
Ini dalam surat An Nisa ayat 154
ููููููุง
Lihat, sukun lam-nya
๐ธKemudian yang ketiga,
ุฃููู ูููููู ุงูุฅูููุงุซู ุ ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู : { ูููููููู ุญูุงุดู ูููููู }
Atau bersambung dengan nun muannats
Contohnya firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ูููููููู ุญูุงุดู ูููููู
Lihat,
ูููููู
Ini lam-nya sukun, makanya kita katakan
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณููููููู
Ini surat Yusuf ayat 31
--------------------------------------------------
Thayyib kita baca
ููููุงุกูุฏู ููุชูููุจูููููุงุชู
๐ถ Faedahยฒ dan catatan khusus ๐ถ
ุงูููุงุฆูุฏูุฉู ุงูุฃูููู
1โฃ Faidah yang pertama,
ูกู ู
ููู ุงูุนูููู
ูุงุกู ู
ููู ุฐูููุจู ุฅูููู ุฃูููู ุงูู
ูุงุถููู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชูุญู ูููู ุณูุงุฆูุฑู ุฃูุญูููุงูููู
Diantara para ulama nahwu ada yang berpendapat bahwasanya fiil madhi itu dimabniykan atas fathah pada seluruh keadaannya.
Tadi di syarah kita lihat, fiil madhi itu ada yang
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชุญู
ada yang
ุนูููู ุงูุถูู
ูู
ada yang
ุนูููู ุงูุณููููููู.
Tapi ada diantara ulama nahwu yang berpendapat, bahwasanya fiil madhi itu apapun keadaannya, kita bilangnya
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชุญู
Alasannya apa?
Disini dikatakan:
ููููููู ุงูููุชูุญู
Akan tetapi fathahnya itu
ุฅูู
ููุง ุธูุงููุฑู ููุถูุฑูุจูุ
Adakalanya dzhahir, nampak, seperti
ุถูุฑูุจู
Ini kan fathahnya nampak
ุฃููู ู
ูููุฏููุฑู ูููุชููุนูุฐููุฑู ููุฑูู
ููุ
Atau fathahnya itu ditakdirkan karena udzur, seperti:
ุฑูู
ูู
ุฃููู ูููุซูููููู ููุถูุฑูุจูุชูุ
Atau karena berat, seperti
ุถูุฑูุจูุชู
Ini kan berat ya, memberikan harakat fathah menjadi ุถูุฑูุจูุชู, misalkan.
Ini berat disini
ุฃููู ููููู
ูููุงุณูุจูุฉู ููุถูุฑูุจูููุง
Atau karena untuk menyesuaikan harakat seperti
ุถูุฑูุจูููุง
Ini kan kalau kita cari tau alasannya, kenapa
ุถูุฑูุจูููุง
Dibaca
ุถูุฑูุจูููุง
Karena menyesuaikan wawunya.
Sebagaimana kalau alif itu sebelumnya fathah, yaโ sebelumnya kasrah, maka wawu sebelumnya dhammah.
Jadi bagi yang berpendapat bahwasanya fiil madhi itu selalu
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชุญู
Ini alasannya
Jadi dia tetap mengatakan
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชุญู
Cuma ada yang
๐ท ุธูุงููุฑู
ada yang
๐ท ุงูุชููุนูุฐููุฑู
ada yang
๐ท ุงูุซูููููู
Ada yang
๐ท ุงููู
ูููุงุณูุจูุฉ
ููููุฏู ุณูุงุฑู ุงููู
ูุตูููููู ุนูููู ููุฐูุง ุงูู
ูุฐูููุจู ููู
ูุง ูููู ุธูุงููุฑู ูููููููู :( ุงูู
ูุงุถููู ู
ูููุชูููุญู ุงูุขุฎูุฑู ุฃูุจูุฏูุง )
Dan sungguh Mushannif, yaitu Ibnu Ajurum Ashshonhaji, pengarang kitab Jurumiyyah, ia memilih pendapat ini.
Sebagaimana nampak dalam perkataannya
ุงูู
ูุงุถููู ู
ูููุชูููุญู ุงูุขุฎูุฑู ุฃูุจูุฏูุง
Fiil madhi itu, difathahkan akhirnya selamanya.
ููููููู ุงูููุฐููู ุฐูููุฑูููุงูู ูููู ุงูุดูุฑูุญู ูููู ุงูุฃูููุณูุฑู ุนูููู ุงูู
ูุจูุชูุฏูุฆูููููุ ููุงุฎูุชูุฑูููุงูู ููุฐูุงูููู.
Akan tetapi telah kami sebutkan dalam syarah, maksudnya yang dalam penjelasan bahwasanya fiil madhi itu ada yang ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชุญู, ada yang ุนูููู ุงูุถูู
ูู, ada yang ุนูููู ุงูุณููููููู
Ini merupakan pendapat yang paling mudah untuk ุงูู
ูุจูุชูุฏูุฆููููู (Untuk para pemula)
Oleh karena itulah kami memilih pendapat ini.
Yakni, pendapat yang mengatakan bahwa fiil madhi itu ada yang ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุถูู
ูู, ุนูููู ุงูููุชุญู, dan ุนูููู ุงูุณููููููู
Thayyibโฆ
Kemudian
ุงูููุงุฆูุฏูุฉู ุงูุซููุงูููุฉ
2โฃ Faidah yang kedua,
ูขู ( ุฑูู
ููุง ุ ููุฏูุนูููุง ุ ููุชูููุงุตูููุง )
ุฑูู
ููุง
Ini yang bersambung dengan wawu jamaah
ุฑูู
ูู โ ุฑูู
ูููุง โ ุฑูู
ููุง
ุฏูุนูุง โ ุฏูุนูููุง - ุฏูุนูููุง
ุชูููุงุตูู โ ุชูููุงุตูุง - ุชูููุงุตูููุง
ุฃูููุนูุงูู ู
ูุงุถูููุฉู ู
ูุจููููููุฉู ุนูููู ุงูุถููู
ูู ุงูู
ูููุฏููุฑู
Adalah fiil madhi, mabniy atas dhammah yang ditakdirkan.
__________________
. ููููุธูุฑู ุฌูุงู
ูุนู ุงูุฏููุฑูููุณู (ูกูฆูง/ูข).
Silahkan dilihat kitab Jaamiโ Durus jilid 2 halaman 167.
__________________
Tadi kan dikatakan kalau fiil madhi bersambung dengan wawu jamaah, maka dia dimabniykan atas dhammah , seperti
ููุงูููุง
Lalu bagaimana kalau kasusnya seperti
ุฑูู
ููุง ุ ููุฏูุนูููุง ุ ููุชูููุงุตูููุง
Ini kan nampaknya,lihat
ุฑูู
ููุง
Mim-nya fathah
ุฏูุนูููุง
โain-nya fathah
ุชูููุงุตูููุง
Shad-nya fathah
Jadi bukannya
ุฑูู
ููุง
ุฏูุนูููุง
ุชูููุงุตูููุง
Ini menurut pengarang kitab Al-Mumtiโ ini,
ุฑูู
ููุง โ ุฏูุนูููุง โ ุชูููุงุตูููุง
Ini fiil madhi โ
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุถูู
ูู ุงูู
ูููุฏููุฑู
Yang ditakdirkan
------------------------------------------------------------------
Thayyibโฆ
Kita lanjutkanโฆ
2โฃ ุซูุงููููุง : ุงููููุนููู ุงูุฃูู
ูุฑู :
๐ถ _Yang kedua : Keadaan Fiil Amr_ ๐ถ
Jadi tadi sudah dijelaskan keadan fiโil madhi, kalau fiil madhi semua mabniy, tinggal ada yang ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชุญู,yang ุนูููู ุงูุถูู
ูู, dan ุนูููู ุงูุณููููููู.
Sekarang fiil amr
ุซูุงููููุง : ุงููููุนููู ุงูุฃูู
ูุฑู :
Ini ada suatu musykilah disini, karena fiil amr itu, agak sulit kalau kita membacanya
ุงููููุนููู ุงูุฃูู
ูุฑู
Karena sulit kita menerjemahkan fiil yang amr
Yang tepat insya Allah adalah
ููุนููู ุงูุฃูู
ูุฑู
Bukan
ุงููููุนููู ุงูุฃูู
ูุฑู
Kita bacanya
ููุนููู ุงูุฃูู
ูุฑู
Thayyibโฆ
ููุงูู ุงููู
ูุตูููููู : ููุงูุฃูู
ูุฑู : ู
ูุฌูุฒูููู
ู ุฃูุจูุฏูุง
Berkata Mushannif, dan Amr itu dijazmkan selama-lamanya
ุงูุดููุฑูุญู :
๐ Penjelasan ๐
ููุนููู ุงูุฃูู
ูุฑู
Fiil amr
ุญููู
ููู : ููููููู ู
ูุจููููููุง ุฏูุงุฆูู
ูุง
Sama seperti fiil madhi, fiil amr pun
ู
ูุจููููููุง ุฏูุงุฆูู
ูุง
Dimabniykan selama-lamanya.
ูููููู ุงูุฑูุจูุนู ุญูุงููุงุชู :
๐Dan fiil amr itu punya 4 keadaan:
1โฃ Yang pertama:
ูกู ููุจูููู ุนูููู ุงูุณูููููููู
Dimabniykan atas sukun.
Kapan fil amr dimabnikan atas sukun?
: ุฅูุฐูุง ููุงูู ุตูุญูููุญู ุงูุขุฎูุฑู ููููู
ู ููุชููุตููู ุจูุขุฎูุฑููู ุดููุกู
==> Yang pertama apabila ia merupakan fiil yang shahih akhirnya, artinya bukan fiil muโtal naqish.
ููููู
ู ููุชููุตููู ุจูุขุฎูุฑููู ุดููุกู
Dan tidak bersambung dengan akhiran sesuatu apapun.
ุฃููู ุงุชููุตูููุชู ุจููู ูููููู ุงูุฅูููุงุซูุ
==> Atau bersambung dengan nun muannats
ููุญููู ููููููู ุชูุนุงูููู: ููุงุฐูููุฑู ุฑูุจูููู
Ini dalam surat Al Kahfi ayat 24
ุงูุฐูููุฑู
Lihat ra-nya sukun
Maka dikatakan
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณููููููู
Dan juga firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ููููููููู : ููุงุฐูููุฑููู ู
ูุง ููุทูููู
Ini dalam surat Al Ahzab ayat 34
Perhatikan
ููุงุฐูููุฑููู
Ini kan bersambung dengan nun muannats
ุงูุฐูููุฑููู
Lihat ra-nya sukun
Maka kita katakan
ุงูุฐูููุฑููู
Ini ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณููููููู
๐Jadi ada dua keadaan dimana fiil amr
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูุณููููููู
1. Kalau fiilnya shahih akhirnya dan tidak bersambung dengan sesuatu, contohnya:
ุงูุฐูููุฑู
2. Kalau fiil tersebut bersambung dengan nun muannats, contohnya ุงูุฐูููุฑููู
Itu kita bilang mabniy atas sukun.
2โฃ Kemudian keadaan yang kedua
ูขู ููุจูููู ุนูููู ุญูุฐููู ุญูุฑููู ุงูุนููููุฉู
Dimabniykan atas membuang huruf illat, kapan?
: ุฅูุฐูุง ููุงูู ู
ูุนูุชูููู ุงูุขุฎูุฑูุ
==> Apabila ia diakhiri oleh huruf illat, maksudnya fiil muโtal naqish.
ููุญููู ููููููู ุชูุนูุงููู : ุงูุฏูุนู ุฅูููู ุณูุจูููู ุฑูุจูููู
Ini dalam surat An Nahl ayat 125
Asalnya kalau fiโil mudharinya :
ููุฏูุนูู
Ada wawu-nya
Ketika fiil amr
ุงูุฏูุนู
Kalau kita Iโrab, kita katakan
ุงูุฏูุนู : ููุนููู ุฃูู
ูุฑู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุญูุฐููู ุญูุฑููู ุงูุนููููุฉู
Seperti itu kita mengiโrabnya.
ููููููููู
Dan firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ุงูุชูููู ุงููููฐูู
Asalnya fiโil mudharinya ููุชููููู
Kemudian karena dia fiil amr, dibuang yaโnya, jadi
ุงูุชูููู
Ini dalam surat Al Baqarah ayat 206
ููููููููู: ููุงููููู ุนููู ุงูู
ูููููุฑู
Dan juga firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ููุงููููู ุนููู ุงูู
ูููููุฑู
Kita katakan
ุงููููู : ููุนููู ุฃูู
ูุฑู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุญูุฐููู ุญูุฑููู ุงูุนููููุฉู
Dan ini contoh yang sangat lengkap.
ุงูุฏูุนู
Ini mewakili yang membuang huruf illat wawu
ุงูุชูููู
Ini membuang huruf illat ya.
ุงููููู
Ini yang membuang huruf illat alif
Thayyibโฆ
3โฃ Kemudian keadaan yang ketiga
ูฃ. ููุจูููู ุนูููู ุญูุฐููู ุงูููููููู
Dimabniykan atas membuang nun. Kapan?
: ุฅูุฐูุง ุงุชููุตููู ุจููู ุฃููููู ุงูุงุซููููููู ุฃููู ููุงูู ุงูุฌูู
ูุงุนูุฉู ุฃููู ููุงุกู ุงูู
ูุฎูุงุทูุจูุฉูุ
==> Apabila bersambung dengan alif mutsanna, atau wawu jamaโ, atau yaโ mukhatabah.
ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู : ููููููุง ู
ูููููุง
Contohnya firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ููููููุง ู
ูููููุง
Ini dalam surat Al Baqarah ayat 35.
ููููุง
Ini contoh fiil amr yang bersambung dengan alif tatsniyah/mutsanna
ููููุง ู
ูููููุง
Maka dia kita katakan
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุญูุฐููู ุงูููููููู
Kemudian,
ูููููููููู
Dan juga firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ูููููุง ููุงุดูุฑูุจููุง
ูููููุง
Dan
ุงูุดูุฑูุจููุง
Disini merupakan contoh
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุญูุฐููู ุงูููููููู
Dan ini bersambung dengan wawu jamaah.
ูููููููููู : ููููููู ููุงุดูุฑูุจูู
ููููู - ููุงูุดูุฑูุจูู
Ini merupakan contoh untuk yang bersambung dengan ya mukhatabah.
Cara mengiโrabnya kita katakan ::
ููููู: ููุนููู ุฃูู
ูุฑู ู
ูุจูููููู ุนูููู ุญูุฐููู ุงูููููููู
4โฃ Kemudian keadaan yang keempat fiil amr,
ูค. ููุจูููู ุนูููู ุงูููุชูุญู
Dimabniykan atas fathah. Kapan?
ุฅูุฐู ุงูุชููุตูููุชู ุจููู ูููููู ุงูุชููููููููุฏู
==> Apabila bersambung dengan nun taukid
ููุญููู : ุงูุดูููุฑูููู ุงูููููู
Contohnya
ุงูุดูููุฑูููู ุงูููููู
Asalnya
ุงูุดูููุฑู
ุดูููุฑู - ููุดูููุฑู - ุงูุดูููุฑู
Ini bersambung dengan nun taukid.
*Nun taukid adalah nun yang memberi pengaruh pada penekanan makna*.
Kalau kita katakan
ุงูุดูููุฑู ุงูููููู
Ini maknanya biasa, bersyukur kepada Allah
Tapi kalau ada nun taukid dibelakangnya,
ุงูุดูููุฑูููู ุงูููููู
Maka ini adalah penekanan, hendaknya kamu benar-benar bersyukur kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla.
Maka kalau fiil amr bersambung dengan nun taukid, kita katakan dia
ู
ูุจูููููู ุนูููู ุงูููุชูุญู
Thayyib...
Keterangan tentang dimabniykan atas fathah ini, bisa dilihat di:
ุญูุงุดูููุฉู ุงููุฎูุถูุฑููู
Jilid 1 halaman 50
Kemudian dalam kitab ุงูููููููุงุนูุฏู ุงููุฃูุณูุงุณููููุฉู, halaman 42
Dan juga dalam kitab ุงูููููุญููู ุงููููุงููู, jilid 1 halaman 80
---------------------------------------------------------------
Thayyibโฆ
ุงูููููุงุฆูุฏู ููุชูููุจูููููุงุชู:
๐ถ Faidah-faidah dan catatan khusus (peringatan)๐ถ :
1โฃ ูก. ุงูุนูุชูุฑูุถู ุนูููู ุงูู
ูุตูููููู ูููููููู: ุงูุฃูู
ูุฑู ู
ูุฌูุฒูููู
ูุ
Disini mushanif, ditolak perkataannya,
ุงููุฃูู
ูุฑู ู
ูุฌูุฒูููู
ู
Maksudnya, ada sesuatu dalam perkataannya.
ุงููุฃูู
ูุฑู ู
ูุฌูุฒูููู
ู
Padahal fiil amr merupakan mabniy, tapi kenapa beliau, yakni Ashshonhaji, pengarang kitab Jurumiyyah, mengatakan
ููุงูุฃูู
ูุฑู : ู
ูุฌูุฒูููู
ู
Seakan-akan fiil amr itu tidak mabniy melainkan muโrab karena dikatakan majzum.
Istilah marfu, manshub, majrur, majzum, tidaklah diberikan kecuali kepada sesuatu yang muโrab.
Lalu kenapa Ashshonhaji, mengatakan
ุงูุฃูู
ูุฑู ู
ูุฌูุฒูููู
ู
Karena ada disini jawabannya:
ููุฃูุฌูููุจู ุนููููู ุจูุฃูููู ุงูู
ูุตูููููู ุฌูุฑูู ุนูููู ู
ูุฐูููุจู ุงูููููููููููููู ุงูููุงุฆููููููู ุจูุฃููู ุงูุฃูู
ูุฑู ููุทูุนูุฉู ู
ููู ุงูู
ูุถูุงุฑูุนู ู
ูุฌูุฒูููู
ู ุนูููู ู
ูุง ููุฌูุฒูู
ู ุจููู ู
ูุถูุงุฑูุนููู. ุงูููุชูููุญูุงุชู ุงููููููููู
ููููุฉู ุต (ูจูฉ)
Jadi alasan kenapa pengarang Jurumiyah mengatakan :
ุงูุฃูู
ูุฑู ู
ูุฌูุฒูููู
ู
Dijawab bahwasanya Mushannif, yakni Ibnu Ajurum Ashshonhaji, ia memilih pendapat madzhab Ulama Kufah, yang mengatakan bahwasanya fiil amr merupakan bagian dari fiil mudhari, yang dijazmkan sebagaimana fiil mudharinya dijazmkan.
Dan ini merupakan salah satu pendapat ya.
Hanya saja yang kuat Insya Allah, yang mengatakan, bahwasanya fiil amr itu mabniy. Dan mabniynya itu sesuai dengan kondisi fiil mudharinya.
Thayyibโฆ
2โฃ Kemudian, faidah yang kedua
ุงูููุงุฆูุฏูุฉู ุงูุซููุงูููุฉ
ูข. ููููุจูุบููู ููููู
ูุนูุฑูุจู ุฃููู ูููููููู ูููู ุฅูุนูุฑูุงุจู ููุญููู: (ููุงุบูููุฑ ูููููุง) ุงูุบูููุฑ ู: ููุนููู ุฏูุนูุงุกู ููููุง ูููููููู ููุนููู ุฃูู
ูุฑูุ ุชูุฃูุฏููุจูุง.
Afwan ini bukan ู
ูุนูุฑูุจู , tapi ููููุจูุบููู ููููู
ูุนูุฑูุจู
Seyogyanya atau sepatutnya bagi orang yang melakukan i'rob, yang mengiโrab, agar ia berkata, ketika mengirab, misalkan ayat
ููุงุบูููุฑููููุง
Dan ampunilah kami
ููุงุบูููุฑ ูููููุง ุฐููููุจูููุง
misalkan ini kan doa kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla.
Maka sebagai bentuk, ุชูุฃูุฏููุจูุง, sebagai bentuk adab kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla. Ketika kita mengiโrab
ุงูุบูููุฑ ูููููุง
Ini jangan dibilang,
ุงูุบูููุฑ : ููุนููู ุฃูู
ูุฑู
Tapi bilangnya
ููุนููู ุฏูุนูุงุกู
Jadi kita kitakan
ุงูุบูููุฑ : ููุนููู ุฏูุนูุงุกู
Fiil yang menunjukkan makna doa, permohonan.
ููููุง ูููููููู ููุนููู ุฃูู
ูุฑู
Dan janganlah ia mengakatan fiil amr
ุชูุฃูุฏููุจูุง
Sebagai bentuk adab kita kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla.
Tapi ini hanya salah satu pendapat saja
Jadi, kalau ada perintah dalam alquran yang bentuknya merupakan doa kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla jangan dibilang fiil amr.
Kenapa? Karena tidak mungkin kita sebagai seorang hamba memerintah kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla. Yang ada kita berdoa. Makanya jangan dibilang fiil amr, tapi
ููุนููู ุฏูุนูุงุกู
Tapi ini merupakan salah satu qaul.
_________________
Thayyibโฆ
Yang ketiga
3โฃ ุงูููุงุฆูุฏูุฉู ุงูุซููุงููุซูุฉ
ูฃ. ุชูููููููุฏู ููุนููู ุงูุฅูู
ูุฑู ุจูุงูููููููู ููู
ู ููููุนู ููู ุงูููุฑูุขูู ุงูููุฑูููู
ู. ุฏูุฑูุงุณูุงุชู ููุฃูุณูููููุจู ุงูููุฑูุขูู (ูกูง/ูก)
Taukid fiil amr dengan nun tidak ada dalam Al Qur'an, lihat pada Dirosat li Uslubil Qur'an juz 1 halaman 17
Thayyib..
Barangkali kita cukupkan sampai disini. Nanti kita sambung lagi di audio yang selanjutnya.
Semoga bermanfaat.
______________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar