Senin, 06 Maret 2017

Dars 24: Al af'al (bag.1)

----------------------------------------------------
๐Ÿ“ Transkrip Materi BINAR Pekan 11
๐ŸŽง Pengisi Materi :: Ustadz Abu Razin
๐Ÿ“š Dars 24 :: Bab Al afโ€™al bag 1
โŒ›  Durasi audio :: 21.06 menit
----------------------------------------------------



ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡


ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡  ูˆุนู„ู‰ ุงู„ู‡ ูˆ ุตุญุจู‡  ูˆู…ู† ูˆุงู„ุงู‡, ุฃู…ุง ุจุนุฏ.


Alhamdulillah kita masih melanjutkan pelajaran dari Kitab Al Mumtiโ€™ Fii Syahril Ajurrumiyyah, dan kita sudah sampai ke pembahasan ุจูŽุงุจู ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู, bab tentang fi'il-fi'il.


ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูุตูŽู†ู‘ููู ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰


ุจูŽุงุจู ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู : ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุซูŽู„ุงูŽุซูŽุฉูŒ : ู…ูŽุงุถู ุŒูˆูŽู…ูุถูŽุงุฑูุนูŒ ุŒ ูˆูŽุงูŽู…ู’ุฑูŒุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู : ุถูŽุฑูŽุจูŽ ูˆูŽูŠูŽุถู’ุฑูุจู ูˆูŽุงุถู’ุฑูุจู’ ;ููŽุงู„ู’ู…ูŽุงุถููŠ ู…ูŽูู’ุชููˆู’ุญู ุงู„ุขุฎูุฑู ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง

Berkata Mushannif, yaitu Ibnu Ajurum Ash-Shonhajiy, rahimahullahu Ta'ala, bab tentang fi'il-fi'il

๐Ÿ”ถ Fi'il itu ada tiga:
1. Fi'il madhi
2. Fiil mudhari
3. Fiil amr


Contohnya:
ุถูŽุฑูŽุจูŽ - ูŠูŽุถู’ุฑูุจู - ุงูุถู’ุฑูุจู’


ููŽุงู„ู’ู…ูŽุงุถููŠ ู…ูŽูู’ุชููˆู’ุญู ุงู„ุขุฎูุฑู ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง
Maka fiil madhi itu difathahkan akhirnya selama-lamanya


ุงู„ุดู‘ูŽุฑู’ุญู :
๐Ÿ’  Penjelasan ๐Ÿ’ 


ูŠูŽู†ู’ู‚ูŽุณูู…ู ุงู„ู’ููุนู’ู„ู ุฅูู„ูŽู‰ : ู…ูŽุงุถู ูˆูŽ ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ูˆูŽ ุงูŽู…ู’ุฑู ุŒ ููŽุงู„ู’ู…ูŽุงุถููŠ ู†ูŽุญู’ูˆู : ุถูŽุฑูŽุจูŽ ุŒูˆูŽ ุงู„ู’ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ู†ูŽุญู’ูˆู : ูŠูŽุถู’ุฑูุจู ุŒ ูˆูŽ ุงู„ุงูŽู…ู’ุฑู ู†ูŽุญู’ูˆู : ุงูุถู’ุฑูุจู’ ุŒูˆูŽ ู„ููƒูู„ู‘ู ููุนู’ู„ู ู…ูู†ู’ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ู ุฃูŽุญู’ูƒูŽุงู…ูŒ ุฎูŽุงุตู‘ูŽุฉูŒ ุจูู‡ู


Fiil itu terbagi menjadi fiil madhi, fiil mudhari, dan fiil amr.
Maka madhi contohnya:
ุถูŽุฑูŽุจูŽ
Dan mudhari, contohnya:
ูŠูŽุถู’ุฑูุจู
Dan amr, contohnya
ุงูุถู’ุฑูุจู’
Dan bagi setiap fiil ini memiliki hukumยฒ yang khusus.


Thayyib, sekarang kita bahas yang pertama, yaitu fiil madhi.


1โƒฃ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ุงู‹ : ุงูŽู„ู’ููุนู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูŽุงุถููŠ : ุญููƒู’ู…ูู‡ู : ูŠูุจู’ู†ูŽู‰ ุฏูŽุงุฆูู…ู‹ุงุŒ
Fiil madhi itu hukumnya dimabniykan selamaยฒnya.

Artinya fiil madhi dari ู‡ูˆ sampai ู†ุญู†, seluruhnya adalah mabniy. Hanya saja mabniynya ini nanti beda-beda, ada yg mabniynya fathah
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู
ada yang
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถูŽู…ู‘ู
dhammah
ada yang
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู
sukun.


ูˆูŽ ู„ูŽู‡ู ุซูŽู„ุงูŽุซู ุญูŽู„ุงูŽุชู :
Dan kondisi mabniynya itu ada tiga keadaan.
๐ŸŒนKondisi yang pertama:
ูก.ูŠูุจู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ููŽุชู’ุญู
dimabniykan di atas fathah,

Kapan fiil madhi itu dimabniykan atas fathah?


: ุฅูุฐูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชู‘ูŽุตูู„ู’ ุจูู‡ู ุดูŽูŠู’ุกูŒ ุŒู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ {ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ}
๐ŸŒธYang pertama apabila tidak bersambung dengannya sesuatu apapun.

Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ
Dalam surat Al Baqarah ayat 30.

Lihat disini
ู‚ูŽุงู„ูŽ
Lam-nya jelas-jelas fathah.
Maka kita katakan
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู


๐ŸŒธKemudian yang kedua:


ุฃูŽูˆู’ ุงุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ุชูŽุงุกู ุงู„ุชู‘ูŽุฃู’ู†ููŠู’ุซู ุงู„ุณู‘ูŽุงูƒูู†ูŽุฉู
Atau apabila bersambung dengan taโ€™ taโ€™nist yang sukun.


ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ {ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู†ูŽู…ู’ู„ูŽุฉูŒ}
Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู†ูŽู…ู’ู„ูŽุฉูŒ
Ini dalam Surat An Naml ayat 18.
Lihat
ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’
Ini lam-nya tetap berharakat fathah.
ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’
Makanya kita katakan
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู


๐ŸŒธKemudian yang ketiga
ุฃูŽูˆู’ ุงูŽู„ููู ุงู„ุฅูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ุŒ
Atau alif mutsanna
ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰
Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู
Ini dalam surat An Naml ayat 15.


Perhatikan..
ู‚ูŽุงู„ูŽุง
Ini lam-nya bersambung dengan alif mutsannaโ€ฆ

Kalau kita tasrif itu kan,
ู‚ูŽุงู„ูŽ โ€“ ู‚ูŽุงู„ูŽุง โ€“ ู‚ูŽุงู„ููˆุง
Maka
ู‚ูŽุงู„ูŽุง
Ini
ู…ูŽุจู’ู†ููŠูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู
Karena lam-nya itu jelasยฒ fathah.


Thayyib..
๐ŸŒนKemudian yang kedua, keadaan dimana fiโ€™il madhi itu dimabniykan atas dhammah


ูข - ูŠูุจู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ู :
Kapan?
Hanya pada satu keadaan saja, yaitu:
ุฅูุฐูŽุง ุงุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ูˆูŽุงูˆู ุงู„ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ุŒ
๐Ÿ€Apabila bersambung dengan wawu jamaโ€™ah


ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰
Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
{ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ููˆุง ุณูŽู…ูุนู’ู†ูŽุง }
Ini dalam surat Al Baqarah ayat 285

Thayyib..
perhatikan
ู‚ูŽุงู„ููˆุง
Lam-nya ini dhammah, makanya kita katakan
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถูŽู…ู‘ู


๐ŸŒนKemudian yang ketiga:
ูฃ- ูŠูุจู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ู :
Dimabniykan atas sukun, kapan saja?


ุฅูุฐูŽุง ุงุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ุชูŽุงุกู ุงู„ููŽุงุนูู„ู ุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : { ู…ูŽุงู‚ูู„ู’ุชู ู„ูŽู‡ูู…ู’ }
๐ŸŒธYang pertama apabila bersambung dengan taโ€™ fail.

Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ู…ูŽุงู‚ูู„ู’ุชู ู„ูŽู‡ูู…ู’
Ini surat Al Maidah ayat 117

Lihat perhatikan,
ู‚ูู„ู’ุชู ู„ูŽู‡ูู…ู’
Lam-nya sukun, makanya kita katakan
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู

Dan definisi taโ€™ fail itu ada banyak. Kalau dalam fiil madhi, taโ€™ fail itu mencakup dari ุฃู†ุช  sampai ุฃู†ุชู†ู‘, bahkan ุฃู†ุงnya pun masuk ya.

Jadi misalkan kalau
ู†ูŽุตูŽุฑูŽ
Berarti taโ€™ failnya itu
ู†ูŽุตูŽุฑู’ุชูŽ
ู†ูŽุตูŽุฑู’ุชูู…ูŽุง
ู†ูŽุตูŽุฑู’ุชูู…ู’
ู†ูŽุตูŽุฑู’ุชู
ู†ูŽุตูŽุฑู’ุชูู…ูŽุง
ู†ูŽุตูŽุฑู’ุชูู†ู‘ูŽ
ู†ูŽุตูŽุฑู’ุชู
Pokoknya semua taโ€™ itu disebut dengan taโ€™ fail.

Lihat
ู…ูŽุงู‚ูู„ู’ุชู ู„ูŽู‡ูู…ู’
ู‚ูู„ู’
Lam-nya sukun
makanya kita katakan
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู


๐ŸŒธKemudian yang kedua, keadaan yang mengharuskan fiil madhi mabniy atas sukun
ุฃูŽูˆู’ ู†ูŽุง ุงู„ููŽุงุนูู„ููŠู’ู†ูŽ ุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : { ูˆูŽู‚ูู„ู’ู†ูŽุง ู„ูŽู‡ูู…ู’ }
Atau bersambung dengan ู†ูŽุง fail.


Contohnya firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ูˆูŽู‚ูู„ู’ู†ูŽุง ู„ูŽู‡ูู…ู’
Ini dalam surat An Nisa ayat 154
ู‚ูู„ู’ู†ูŽุง
Lihat, sukun lam-nya


๐ŸŒธKemudian yang ketiga,
ุฃูŽูˆู’ ู†ููˆู’ู†ู ุงู„ุฅูู†ูŽุงุซู ุŒ ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : { ูˆูŽู‚ูู„ู’ู†ูŽ ุญูŽุงุดูŽ ู„ูู„ู‘ู‡ู }
Atau bersambung dengan nun muannats


Contohnya firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ูˆูŽู‚ูู„ู’ู†ูŽ ุญูŽุงุดูŽ ู„ูู„ู‘ู‡ู
Lihat,
ู‚ูู„ู’ู†ูŽ
Ini lam-nya sukun, makanya kita katakan
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู
Ini surat Yusuf ayat 31
--------------------------------------------------



Thayyib kita baca
ููŽูˆูŽุงุกูุฏู ูˆูŽุชูŽู†ู’ุจููŠู’ู‡ูŽุงุชูŒ


๐Ÿ”ถ Faedahยฒ dan catatan khusus ๐Ÿ”ถ
ุงู„ููŽุงุฆูุฏูŽุฉู ุงู„ุฃูˆู„ูŽู‰

1โƒฃ Faidah yang pertama,


ูกู€ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ู…ูŽู†ู’ ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู…ูŽุงุถููŠูŽ ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชู’ุญู ูููŠู’ ุณูŽุงุฆูุฑู ุฃูŽุญู’ูˆูŽุงู„ูู‡ู
Diantara para ulama nahwu ada yang berpendapat bahwasanya fiil madhi itu dimabniykan atas fathah pada seluruh keadaannya.

Tadi di syarah kita lihat, fiil madhi itu ada yang
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู
ada yang
ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถูŽู…ู‘ู
ada yang
ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู.

Tapi ada diantara ulama nahwu yang berpendapat, bahwasanya fiil madhi itu apapun keadaannya, kita bilangnya
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู
Alasannya apa?
Disini dikatakan:
ู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ุงู„ููŽุชู’ุญูŽ
Akan tetapi fathahnya itu
ุฅูู…ู‘ูŽุง ุธูŽุงู‡ูุฑูŒ ูƒูŽุถูŽุฑูŽุจูŽุŒ
Adakalanya dzhahir,  nampak, seperti
ุถูŽุฑูŽุจูŽ
Ini kan fathahnya nampak
ุฃูŽูˆู’ ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑูŒ ู„ูู„ุชู‘ูŽุนูŽุฐู‘ูุฑู ูƒูŽุฑูŽู…ูŽู‰ุŒ
Atau fathahnya itu ditakdirkan karena udzur, seperti:
ุฑูŽู…ูŽู‰
ุฃูŽูˆู’ ู„ูู„ุซู‘ูู‚ูŽู„ู ูƒูŽุถูŽุฑูŽุจู’ุชูุŒ
Atau karena berat, seperti
ุถูŽุฑูŽุจู’ุชู
Ini kan berat ya, memberikan harakat fathah menjadi ุถูŽุฑูŽุจูŽุชู, misalkan.
Ini berat disini


ุฃูŽูˆู’ ู„ูู„ู’ู…ูู†ูŽุงุณูŽุจูŽุฉู ูƒูŽุถูŽุฑูŽุจููˆู’ุง
Atau karena untuk menyesuaikan harakat seperti
ุถูŽุฑูŽุจููˆู’ุง
Ini kan kalau kita cari tau alasannya, kenapa
ุถูŽุฑูŽุจููˆู’ุง
Dibaca
ุถูŽุฑูŽุจููˆู’ุง
Karena menyesuaikan wawunya.

Sebagaimana kalau alif itu sebelumnya fathah, yaโ€™ sebelumnya kasrah, maka wawu sebelumnya dhammah.

Jadi bagi yang berpendapat bahwasanya fiil madhi itu selalu
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู
Ini alasannya

Jadi dia tetap mengatakan
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู
Cuma ada yang
๐Ÿ”ท ุธูŽุงู‡ูุฑูŒ
ada yang
๐Ÿ”ท ุงู„ุชู‘ูŽุนูŽุฐู‘ูุฑู
ada yang
๐Ÿ”ท ุงู„ุซู‘ูู‚ูŽู„ู
Ada yang
๐Ÿ”ท ุงู„ู’ู…ูู†ูŽุงุณูŽุจูŽุฉ


ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุณูŽุงุฑูŽ ุงู„ู’ู…ูุตูŽู†ู‘ููู ุนูŽู„ูŽู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจู ูƒูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ุธูŽุงู‡ูุฑู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู :( ุงู„ู…ูŽุงุถููŠู’ ู…ูŽูู’ุชููˆู’ุญู ุงู„ุขุฎูุฑู ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง )

Dan sungguh Mushannif, yaitu Ibnu Ajurum Ashshonhaji, pengarang  kitab Jurumiyyah, ia memilih pendapat ini.

Sebagaimana nampak dalam perkataannya
ุงู„ู…ูŽุงุถููŠู’ ู…ูŽูู’ุชููˆู’ุญู ุงู„ุขุฎูุฑู ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง
Fiil madhi itu, difathahkan akhirnya selamanya.


ู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู†ูŽุงู‡ู  ูููŠู’ ุงู„ุดูŽุฑู’ุญู ู‡ููˆูŽ ุงู„ุฃูŽูŠู’ุณูŽุฑู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู…ูุจู’ุชูŽุฏูุฆููŠู’ู†ูŽุŒ ููŽุงุฎู’ุชูŽุฑูŽู†ูŽุงู‡ู ู„ูุฐูŽุงู„ููƒูŽ.
Akan tetapi telah kami sebutkan dalam syarah, maksudnya yang dalam penjelasan bahwasanya fiil madhi itu ada yang ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู, ada yang ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถูŽู…ู‘ู, ada yang ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู
Ini merupakan pendapat yang paling mudah untuk ุงู„ู…ูุจู’ุชูŽุฏูุฆููŠู’ู†ูŽ (Untuk para pemula)

Oleh karena itulah kami memilih pendapat ini.
Yakni, pendapat yang mengatakan bahwa fiil madhi itu ada yang ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถูŽู…ู‘ู, ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู, dan ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู


Thayyibโ€ฆ
Kemudian
ุงู„ููŽุงุฆูุฏูŽุฉู ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠุฉ
2โƒฃ Faidah yang kedua,


ูขู€ ( ุฑูŽู…ูŽูˆุง ุŒ ูˆูŽุฏูŽุนูŽูˆู’ุง ุŒ ูˆูŽุชูŽูˆูŽุงุตูŽูˆู’ุง )
ุฑูŽู…ูŽูˆุง
Ini yang bersambung dengan wawu jamaah
ุฑูŽู…ูŽู‰ โ€“  ุฑูŽู…ูŽูŠูŽุง โ€“  ุฑูŽู…ูŽูˆุง
ุฏูŽุนูŽุง โ€“ ุฏูŽุนูŽูˆูŽุง - ุฏูŽุนูŽูˆู’ุง
ุชูŽูˆูŽุงุตูŽู‰ โ€“ ุชูŽูˆูŽุงุตูŽุง - ุชูŽูˆูŽุงุตูŽูˆู’ุง


ุฃูŽูู’ุนูŽุงู„ูŒ ู…ูŽุงุถููŠูŽุฉูŒ ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŽุฉูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ู ุงู„ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑู
Adalah fiil madhi, mabniy atas dhammah yang ditakdirkan.

__________________
. ูŠูู†ู’ุธูŽุฑู ุฌูŽุงู…ูุนู ุงู„ุฏู‘ูุฑููˆู’ุณู (ูกูฆูง/ูข).
Silahkan dilihat kitab Jaamiโ€™ Durus jilid 2 halaman 167.
__________________


Tadi kan dikatakan kalau fiil madhi bersambung dengan wawu jamaah, maka dia dimabniykan atas dhammah , seperti
ู‚ูŽุงู„ููˆุง
Lalu bagaimana kalau kasusnya seperti
ุฑูŽู…ูŽูˆุง ุŒ ูˆูŽุฏูŽุนูŽูˆู’ุง ุŒ ูˆูŽุชูŽูˆูŽุงุตูŽูˆู’ุง
Ini kan nampaknya,lihat
ุฑูŽู…ูŽูˆุง
Mim-nya fathah
ุฏูŽุนูŽูˆู’ุง
โ€˜ain-nya fathah
ุชูŽูˆูŽุงุตูŽูˆู’ุง
Shad-nya fathah
Jadi bukannya
ุฑูŽู…ููˆุง
ุฏูŽุนููˆู’ุง
ุชูŽูˆูŽุงุตููˆู’ุง
Ini menurut pengarang kitab Al-Mumtiโ€™ ini,
ุฑูŽู…ูŽูˆุง โ€“ ุฏูŽุนูŽูˆู’ุง โ€“ ุชูŽูˆูŽุงุตูŽูˆู’ุง
Ini fiil madhi โ†’
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถูŽู…ู‘ู ุงู„ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑู
Yang ditakdirkan
------------------------------------------------------------------



Thayyibโ€ฆ
Kita lanjutkanโ€ฆ


2โƒฃ ุซูŽุงู†ููŠู‹ุง : ุงู„ู’ููุนู’ู„ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู :

๐Ÿ”ถ  _Yang kedua : Keadaan Fiil Amr_ ๐Ÿ”ถ

Jadi tadi sudah dijelaskan keadan fiโ€™il madhi, kalau fiil madhi semua mabniy, tinggal ada yang ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชุญู,yang ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถูŽู…ู‘ู, dan ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู.

Sekarang fiil amr
ุซูŽุงู†ููŠู‹ุง : ุงู„ู’ููุนู’ู„ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู :


Ini ada suatu musykilah disini, karena fiil amr itu, agak sulit kalau kita membacanya
ุงู„ู’ููุนู’ู„ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู
Karena sulit kita menerjemahkan fiil yang amr
Yang tepat insya Allah adalah
ููุนู’ู„ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู
Bukan
ุงู„ู’ููุนู’ู„ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู
Kita bacanya
ููุนู’ู„ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู


Thayyibโ€ฆ


ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูุตูŽู†ูู‘ูู : ูˆูŽุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู : ู…ูŽุฌู’ุฒููˆู’ู…ูŒ ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง
Berkata Mushannif, dan Amr itu dijazmkan selama-lamanya


ุงู„ุดู‘ูŽุฑู’ุญู :
๐Ÿ’  Penjelasan ๐Ÿ’ 
ููุนู’ู„ู ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู
Fiil amr
ุญููƒู…ูู‡ู : ูŠูŽูƒููˆู†ู ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ู‹ุง ุฏูŽุงุฆูู…ู‹ุง
Sama seperti fiil madhi, fiil amr pun
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ู‹ุง ุฏูŽุงุฆูู…ู‹ุง
Dimabniykan selama-lamanya.


ูˆูŽู„ูŽู‡ู ุงูŽุฑู’ุจูŽุนู ุญูŽุงู„ูŽุงุชู :
๐Ÿ’Dan fiil amr itu punya 4 keadaan:


1โƒฃ Yang pertama:
ูกู€ ูŠูุจู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู’ู†ู
Dimabniykan atas sukun.

Kapan fil amr dimabnikan atas sukun?

: ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุตูŽุญููŠู’ุญูŽ ุงู„ุขุฎูุฑู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽู‘ุตูู„ู’ ุจูุขุฎูุฑูู‡ู ุดูŽูŠุกูŒ
==> Yang pertama apabila ia merupakan fiil yang shahih akhirnya, artinya bukan fiil muโ€™tal naqish.

ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽู‘ุตูู„ู’ ุจูุขุฎูุฑูู‡ู ุดูŽูŠุกูŒ
Dan tidak bersambung dengan akhiran sesuatu apapun.

ุฃูŽูˆู ุงุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ู†ููˆู’ู†ู ุงู„ุฅูู†ูŽุงุซูุŒ
==> Atau  bersambung dengan nun muannats
ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู„ูู‡ู ุชูŽุนุงูŽู„ูŽู‰: ูˆูŽุงุฐู’ูƒูุฑู’ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ

Ini dalam surat Al Kahfi ayat 24
ุงูุฐู’ูƒูุฑู’
Lihat ra-nya sukun

Maka dikatakan
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู


Dan juga firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ูˆูŽู‚ูŽูˆู„ูู‡ู  : ูˆูŽุงุฐู’ูƒูุฑู’ู†ูŽ ู…ูŽุง ูŠูุทู’ู„ูŽู‰
Ini dalam surat Al Ahzab ayat 34

Perhatikan
ูˆูŽุงุฐู’ูƒูุฑู’ู†ูŽ
Ini kan bersambung dengan nun muannats
ุงูุฐู’ูƒูุฑู’ู†ูŽ
Lihat  ra-nya sukun
Maka kita katakan
ุงูุฐู’ูƒูุฑู’ู†ูŽ
Ini ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู


๐Ÿ’Jadi ada dua keadaan dimana fiil amr
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ููƒููˆู†ู
1.     Kalau fiilnya shahih akhirnya dan tidak bersambung dengan sesuatu, contohnya:
ุงูุฐู’ูƒูุฑู’
2.     Kalau fiil tersebut bersambung dengan nun muannats, contohnya ุงูุฐู’ูƒูุฑู’ู†ูŽ
Itu kita bilang mabniy atas sukun.



2โƒฃ Kemudian keadaan  yang kedua
ูขู€ ูŠูุจู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุฐู’ูู ุญูŽุฑู’ูู ุงู„ุนูู„ู‘ูŽุฉู
Dimabniykan atas membuang huruf illat, kapan?

: ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูุนู’ุชูŽู„ู‘ูŽ ุงู„ุขุฎูุฑูุŒ
==> Apabila ia diakhiri oleh huruf illat, maksudnya fiil muโ€™tal naqish.

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : ุงูุฏู’ุนู ุฅูู„ูŽู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ
Ini dalam surat An Nahl ayat 125

Asalnya kalau fiโ€™il mudharinya :
ูŠูŽุฏู’ุนููˆ
Ada wawu-nya
Ketika fiil amr
ุงูุฏู’ุนู
Kalau kita Iโ€™rab, kita katakan
ุงูุฏู’ุนู : ููุนู’ู„ู ุฃูŽู…ู’ุฑู ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุฐู’ูู ุญูŽุฑู’ูู ุงู„ุนูู„ู‘ูŽุฉู
Seperti itu kita mengiโ€™rabnya.
ูˆูŽู‚ูŽูˆู„ูู‡ู
Dan firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ุงูุชู‘ูŽู‚ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูŽ
Asalnya fiโ€™il mudharinya ูŠูŽุชู‘ูŽู‚ููŠ
Kemudian karena dia fiil amr, dibuang yaโ€™nya, jadi
ุงูุชู‘ูŽู‚ู

Ini dalam surat Al Baqarah ayat 206


ูˆูŽู‚ูŽูˆู„ูู‡ู: ูˆูŽุงูู†ู’ู‡ูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑู
Dan juga firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ูˆูŽุงูู†ู’ู‡ูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑู

Kita katakan
ุงูู†ู’ู‡ูŽ : ููุนู’ู„ู ุฃูŽู…ู’ุฑู ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุฐู’ูู ุญูŽุฑู’ูู ุงู„ุนูู„ู‘ูŽุฉู
Dan ini contoh yang sangat lengkap.

ุงูุฏู’ุนู
Ini mewakili yang membuang huruf illat wawu
ุงูุชู‘ูŽู‚ู
Ini membuang huruf illat ya.

ุงูู†ู’ู‡ูŽ
Ini yang membuang huruf illat alif



Thayyibโ€ฆ
3โƒฃ Kemudian keadaan yang ketiga
ูฃ. ูŠูุจู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู
Dimabniykan atas membuang nun. Kapan?

: ุฅูุฐูŽุง ุงุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽ ุจูู‡ู ุฃูŽู„ููู ุงู„ุงุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽูˆู’ ูˆูŽุงูˆู ุงู„ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽุงุกู ุงู„ู…ูุฎูŽุงุทูŽุจูŽุฉูุŒ
==> Apabila bersambung dengan alif mutsanna, atau wawu jamaโ€™, atau yaโ€™ mukhatabah.

ู†ูŽุญู’ูˆู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰  : ูˆูŽูƒูู„ูŽุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง
Contohnya firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ูˆูŽูƒูู„ูŽุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง
Ini dalam surat Al Baqarah ayat 35.

ูƒูู„ูŽุง
Ini contoh  fiil amr yang bersambung dengan alif tatsniyah/mutsanna
ูƒูู„ูŽุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง
Maka dia kita katakan
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู
Kemudian,
ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู
Dan juga firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ูƒูู„ููˆุง ูˆูŽุงุดู’ุฑูŽุจููˆุง
ูƒูู„ููˆุง
Dan
ุงูุดู’ุฑูŽุจููˆุง
Disini merupakan contoh
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู
Dan ini bersambung dengan wawu jamaah.


ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู : ููŽูƒูู„ููŠ ูˆูŽุงุดู’ุฑูŽุจููŠ
ูƒูู„ููŠ -  ูˆูŽุงูุดู’ุฑูŽุจููŠ
Ini merupakan contoh untuk yang bersambung dengan ya mukhatabah.

Cara mengiโ€™rabnya kita katakan  ::
ูƒูู„ููŠ: ููุนู’ู„ู ุฃูŽู…ู’ุฑู ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุฐู’ูู ุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู



4โƒฃ Kemudian keadaan yang keempat fiil amr,
ูค. ูŠูุจู’ู†ูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชู’ุญู
Dimabniykan atas fathah. Kapan?

ุฅูุฐูŽ ุงูุชู‘ูŽุตูŽู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ู†ููˆู’ู†ู ุงู„ุชู‘ูŽูˆู’ูƒููŠู’ุฏู
==> Apabila bersambung dengan nun taukid
ู†ูŽุญู’ูˆู’ : ุงูุดู’ูƒูุฑูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ
Contohnya
ุงูุดู’ูƒูุฑูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ
Asalnya
ุงูุดู’ูƒูุฑู’
ุดูŽูƒูŽุฑูŽ - ูŠูŽุดู’ูƒูุฑู - ุงูุดู’ูƒูุฑู’
Ini bersambung dengan nun taukid.

*Nun taukid adalah nun yang memberi pengaruh pada penekanan makna*.

Kalau kita katakan
ุงูุดู’ูƒูุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ
Ini maknanya biasa, bersyukur kepada Allah
Tapi kalau ada nun taukid dibelakangnya,
ุงูุดู’ูƒูุฑูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ
Maka ini adalah penekanan, hendaknya kamu benar-benar bersyukur kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla.

Maka kalau fiil amr bersambung dengan nun taukid, kita katakan dia
ู…ูŽุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ููŽุชู’ุญู

Thayyib...
Keterangan tentang dimabniykan atas fathah ini, bisa dilihat  di:
ุญูŽุงุดููŠูŽุฉู ุงู„ู’ุฎูุถูŽุฑููŠูŽ
Jilid 1 halaman 50
Kemudian dalam kitab ุงูŽู„ู’ู‚ูŽูˆูŽุงุนูุฏู ุงูŽู„ุฃูŽุณูŽุงุณููŠู‘ูŽุฉู, halaman 42
Dan juga dalam kitab ุงูŽู„ู†ู‘ูŽุญู’ูˆู ุงูŽู„ูˆูŽุงูููŠ, jilid 1 halaman 80


---------------------------------------------------------------


Thayyibโ€ฆ


ุงู„ููŽูˆูŽุงุฆูุฏู ูˆูŽุชูŽู†ู’ุจููŠู’ู‡ูŽุงุชูŒ:
๐Ÿ”ถ Faidah-faidah dan catatan khusus (peringatan)๐Ÿ”ถ :


1โƒฃ ูก. ุงูุนู’ุชูุฑูุถูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ููู ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู: ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู ู…ูŽุฌู’ุฒููˆู’ู…ูŒุŒ
Disini mushanif, ditolak perkataannya,
ุงูŽู„ุฃูŽู…ู’ุฑู ู…ูŽุฌู’ุฒููˆู’ู…ูŒ
Maksudnya, ada sesuatu dalam perkataannya.

ุงูŽู„ุฃูŽู…ู’ุฑู ู…ูŽุฌู’ุฒููˆู’ู…ูŒ
Padahal fiil amr merupakan mabniy, tapi kenapa beliau, yakni Ashshonhaji, pengarang kitab Jurumiyyah, mengatakan
ูˆูŽุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู : ู…ูŽุฌู’ุฒููˆู’ู…ูŒ
Seakan-akan fiil amr itu tidak mabniy melainkan muโ€™rab karena dikatakan majzum.

Istilah marfu, manshub, majrur, majzum, tidaklah diberikan kecuali kepada sesuatu yang muโ€™rab.

Lalu kenapa  Ashshonhaji, mengatakan
ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู ู…ูŽุฌู’ุฒููˆู’ู…ูŒ
Karena ada disini jawabannya:
ูˆูŽุฃูุฌููŠู’ุจู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู…ูุตูŽู†ู‘ูููŽ ุฌูŽุฑูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุฐู’ู‡ูŽุจู ุงู„ูƒููˆู’ูููŠู‘ููŠู’ู†ูŽ ุงู„ู‚ูŽุงุฆูู„ููŠู’ู†ูŽ ุจูุฃู†ู‘ูŽ ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑูŽ ู‚ูุทู’ุนูŽุฉูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู…ูุถูŽุงุฑูุนู ู…ูŽุฌู’ุฒููˆู’ู…ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ูŠูุฌู’ุฒูŽู…ู ุจูู‡ู ู…ูุถูŽุงุฑูุนูู‡ู. ุงู„ููุชููˆู’ุญูŽุงุชู ุงู„ู‚ูŽูŠู‘ููˆู’ู…ููŠู‘ูŽุฉู ุต (ูจูฉ)


Jadi alasan kenapa pengarang Jurumiyah mengatakan :
ุงู„ุฃูŽู…ู’ุฑู ู…ูŽุฌู’ุฒููˆู’ู…ูŒ

Dijawab bahwasanya Mushannif, yakni Ibnu Ajurum Ashshonhaji, ia memilih pendapat madzhab Ulama Kufah, yang mengatakan bahwasanya fiil amr merupakan bagian dari fiil mudhari, yang dijazmkan sebagaimana fiil mudharinya dijazmkan.

Dan ini merupakan salah satu pendapat ya.
Hanya saja yang kuat Insya Allah, yang mengatakan, bahwasanya fiil amr itu mabniy. Dan mabniynya itu sesuai dengan kondisi fiil mudharinya.


Thayyibโ€ฆ
2โƒฃ Kemudian, faidah yang kedua
ุงู„ููŽุงุฆูุฏูŽุฉู ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠุฉ


ูข. ูŠูŽู†ู’ุจูŽุบููŠู’ ู„ูู„ู’ู…ูุนู’ุฑูŽุจู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ูŽ ูููŠู’ ุฅูุนู’ุฑูŽุงุจู ู†ูŽุญู’ูˆู: (ูˆูŽุงุบู’ููุฑ ู’ู„ูŽู†ูŽุง) ุงูุบู’ููุฑ ู’: ููุนู’ู„ู ุฏูุนูŽุงุกู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ููุนู’ู„ู ุฃูŽู…ู’ุฑูุ› ุชูŽุฃูŽุฏู‘ูุจู‹ุง.

Afwan ini bukan ู…ูุนู’ุฑูŽุจู , tapi ูŠูŽู†ู’ุจูŽุบููŠู’ ู„ูู„ู’ู…ูุนู’ุฑูุจู

Seyogyanya atau sepatutnya bagi orang yang melakukan i'rob, yang mengiโ€™rab, agar ia berkata, ketika mengirab, misalkan ayat
ูˆูŽุงุบู’ููุฑู„ูŽู†ูŽุง
Dan ampunilah kami
ูˆูŽุงุบู’ููุฑ ู’ู„ูŽู†ูŽุง ุฐูู†ููˆุจูŽู†ูŽุง
misalkan ini kan doa kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla.
Maka sebagai bentuk, ุชูŽุฃูŽุฏู‘ูุจู‹ุง, sebagai bentuk adab kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla. Ketika kita mengiโ€™rab
ุงูุบู’ููุฑ ู’ู„ูŽู†ูŽุง
Ini jangan dibilang,
ุงูุบู’ููุฑ : ููุนู’ู„ู ุฃูŽู…ู’ุฑู
Tapi bilangnya
ููุนู’ู„ู ุฏูุนูŽุงุกู
Jadi kita kitakan
ุงูุบู’ููุฑ : ููุนู’ู„ู ุฏูุนูŽุงุกู
Fiil yang menunjukkan makna doa, permohonan.

ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ููุนู’ู„ู ุฃูŽู…ู’ุฑู
Dan janganlah ia mengakatan fiil amr
ุชูŽุฃูŽุฏู‘ูุจู‹ุง
Sebagai bentuk adab kita kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla.
Tapi ini hanya salah satu pendapat saja

Jadi, kalau ada perintah dalam alquran yang bentuknya merupakan doa kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla jangan dibilang fiil amr.

Kenapa? Karena tidak mungkin kita sebagai seorang hamba memerintah kepada Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla. Yang ada kita berdoa. Makanya jangan dibilang fiil amr, tapi
ููุนู’ู„ู ุฏูุนูŽุงุกู
Tapi ini merupakan salah satu qaul.

_________________

Thayyibโ€ฆ
Yang ketiga
3โƒฃ ุงู„ููŽุงุฆูุฏูŽุฉู ุงู„ุซู‘ูŽุงู„ูุซูŽุฉ


ูฃ. ุชูŽูˆู’ูƒููŠู’ุฏู ููุนู’ู„ู ุงู„ุฅูŽู…ู’ุฑู ุจูุงู„ู†ู‘ููˆู’ู†ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ูŽุนู’ ูููŠ ุงู„ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุงู„ูƒูŽุฑููŠู’ู…ู. ุฏูุฑูŽุงุณูŽุงุชูŒ ู„ูุฃูุณู’ู„ููˆู’ุจู ุงู„ู‚ูุฑู’ุขู†ู (ูกูง/ูก)


Taukid fiil amr dengan nun tidak ada dalam Al Qur'an, lihat pada Dirosat li Uslubil Qur'an juz 1 halaman 17


Thayyib..
Barangkali kita cukupkan sampai disini. Nanti kita sambung lagi di audio yang selanjutnya.
Semoga bermanfaat.
______________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar