_LANJUTAN 1_ ....
๐ฃ๐
Kita baca disini ada footnote yang penting.
ุณูู
ูููุชู ุจูุฐูููู ููุฅูููุงุฏูุชูููุง ุงูุชูุนูููููููุ ูููููู ุฃูููู ู
ูุง ุจูุนูุฏูููุง ุนูููุฉู ููู
ูุงููุจูููููุงุ ููุชูุณูู
ููู ููุงู
ู ุงูููู
Thayyib..
๐ก Dinamakan lam taโlil, kenapa?
ููุฅูููุงุฏูุชูููุง ุงูุชูุนููููููู
Karena ia memiliki faidah ุงูุชูุนููููููู, yaitu memberikan penjelasan
ูููููู ุฃูููู ู
ูุง ุจูุนูุฏูููุง ุนูููุฉู ููู
ูุงููุจูููููุง
Dan dia itu, karena apa yang ada setelahnya itu merupakan illat, alasan bagi apa yang ada sebelumnya.
ููุชูุณูู
ููู ููุงู
ู ุงูููู
Dan dinamai ia dengan lam kay.
Lamu taโlil ini dinamai juga dengan lam kay, jadi sama, kita boleh menggunakan istilah lam taโlil boleh juga lam kay.
Thayyibโฆ
____________________________
ุงูุณูุงุฏูุณู : ูุงูู
ู ุงูุฌูุญูููุฏู:
6โฃ. Yang ke-enam, lam juhud.
Lam yang bermakna pengingkaran
ููุนููุงูู
ูุชูููุง : ุฃููู ุชูุณูุจููู ุจูู (ู
ูุง ููุงูู ) ุฃููู (ููู
ู ูููููู)ุ ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู : ( ููู
ูุง ููุงูู ุงููููฐูู ููููุถูููุนู ุฅูููู
ูููููู
ู)
ูููููููููู ุชูุนูุงููู (ููู
ู ูููููู ุงููููฐูู ููููุบูููุฑู ููููู
ู)
Yang ke-enam ini namanya lamul juhud, lam pengingkaran.
Dan tandanya ia didahului dengan:
รฆ๐ ู
ูุง ููุงูู , Atau
รฆ๐ ููู
ู ูููููู
Jadi lamul juhud ini, syaratnya adalah dia harus didahului oleh kata ู
ูุง ููุงูู atau ููู
ู ูููููู
Contohnya firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ููู
ูุง ููุงูู ุงููููฐูู ููููุถูููุนู ุฅูููู
ูููููู
ู
Disini kita lihat yang jadi contoh lam juhud adalah
ููููุถูููุนู
Asalnyaโก ููุถูููุนู , Ketika ada lam disini,
menjadiโก ููููุถูููุนู
Kemudian
ููู
ู ูููููู ุงููููฐูู ููููุบูููุฑู ููููู
ู
asalnyaโก ููุบูููุฑู ada lam juhud disini,
jadiโก ููููุบูููุฑู
๐กTapi syaratnya kalimatnya harus didahului oleh ู
ูุง ููุงูู atau ููู
ู ูููููู
ููู
ูุง ููุงูู ุงููููฐูู ููููุถูููุนู ุฅูููู
ูููููู
ู
Ini dalam surat Al Baqarah ayat 143, dan ayat
ููู
ู ูููููู ุงููููฐูู ููููุบูููุฑู ููููู
ู
Dalam surat An Nisa ayat 137
Thayyibโฆ
Disini ada catatan penting terkait allamul juhud
ููุงูู ุงููุงูููููู :
Berkata alfaakihi
ุณูู
ููููุชู ุจูุฐูููู ููู
ููุงูุฒูู
ูุชูููุง ุงูุฌูุญูุฏูุ ุฃู : ุงูููููููู . . . ูููุธูุฑู : ุงูููููุงููุจ (ูข \ ูคูงูจ )
Dinamakan lamul juhud sebagai lamul juhud
ููู
ููุงูุฒูู
ูุชูููุง ุงูุฌูุญูุฏู
Karena ia senantiasa hadir sebagai pengingkaran. -Karena lamul juhud ini selalu datang dalam bentuk pengingkaran.
ุฃู : ุงูููููููู
-Atau penafian
๐กJadi fungsi dari lam juhud adalah untuk mengingkari pernyataan yang ada dalam kalimat tersebut.
Misalkan dalam ayat yang tadi, dalam ayat:
ููู
ู ูููููู ุงููููฐูู ููููุบูููุฑู ููููู
ู
"Tidaklah Allah akan mengampuni mereka."
Lam juhud disini, mengingkari bahwasannya Allah memang benar-benar tidak akan mengampuni
รฆ๐ ููููู
ู , Disini kembali kepada orang-orang kafir.
ููู
ู ูููููู ุงููููฐูู ููููุบูููุฑู ููููู
ู
Bahwa Allah tidak akan mengampuni mereka.
Ini menunjukkan makna pengingkaran.
Begitupun dalam ayat:
ููู
ูุง ููุงูู ุงููููฐูู ููููุถูููุนู ุฅูููู
ูููููู
ู
"Dan tidaklah Allah menyia-nyiakan iman."
Jadi ini berisi pengingkaran atau penafian bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan keimanannya orang-orang yang beriman
Jadi inilah kenapa lamul juhud dinamakan sebagai lamul juhud.
Karena ia memang berisi sebagai pengingkaran dari kalimat yang ada.
Thayyib..
kemudian
ููุงูุณููุงุจูุนู:
7โฃ. Yang ke-tujuh "ุญูุชููู"
ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู: (ููุงุตูุจูุฑู ุญูุชููู ููุญูููู
ู ุงููููฐูู)
Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ููุงุตูุจูุฑู ุญูุชููู ููุญูููู
ู ุงููููฐูู
"Dan bersabarlah sampai Allah memberikan hukum."
Ini dalam surat Yunus ayat 109
Ini kita baca penjelasan penting tentang ุญูุชููู disini:
ุญูุชููู : ุญูุฑููู ุบูุงููุฉู ููุชูุนููููููุ ููุชูููููู ููููุบุงูููุฉูุ ุฃูู : ููููุงูููุชูููุงุกู ุฅูุฐูุง ููุงููุชู ุจูู
ูุนูููู ุฅููููุ ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู : ูููููููุง ููุงุดูุฑูุจููุง ุญูุชููู ููุชูุจูููููู ููููู
ู ุงููุฎูููุทู ุงูุฃูุจูููุถู ู
ููู ุงููุฎูููุทู ุงูุฃูุณูููุฏู ู
ููู ุงููููุฌูุฑู ุ
Hatta ini adalah huruf ghaayah, huruf tujuan
๐รฆ ุบูุงููุฉโก Ini artinya tujuan
๐รฆ ููุชูุนููููููโกSeperti yang tadi kita jelaskan, artinya memberikan alasan (supaya).
ููุชูููููู ููููุบุงูููุฉู
Dan kalau dia digunakan untuk ghaayah
ุฃูู : ููููุงูููุชูููุงุกู
Sebagai penghabisannya
ุฅูุฐูุง ููุงููุชู ุจูู
ูุนูููู ุฅูููู
Apabila hatta disini bermakna ila ini artinya sampai atau ke
ููุญููู ูููููููู ุชูุนูุงููู :
Contohnya adalah firman Allah Subhฤnahu wa Ta'ฤla :
ูููููููุง ููุงุดูุฑูุจููุง
"Dan makan serta minumlah."
ุญูุชููู ููุชูุจูููููู ููููู
ู ุงููุฎูููุทู ุงูุฃูุจูููุถู ู
ููู ุงููุฎูููุทู ุงูุฃูุณูููุฏู ู
ููู ุงููููุฌูุฑู
"Sampai telah jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, sebagai tanda fajr."
๐Jadi hatta disini menunjukkan batasan
ููููุงูููุชูููุงุกู
Ujungnya
ููููููุชููุนููููููู ุฅูุฐูุง ููููุงุชู ุจูู
ูุนูููู ููููุ
๐Dan hatta juga sebagai harfu taโlil, karena dia bermakna seperti kay
ููุญููู :ุงุณูููู
ู ุญูุชููู ุชูุฏูุฎููู ุงูุฌููููุฉู
Contohnya kalau kita ngomong, ke orang kafir misalkan:
ุฃูุณูููู
ู ุญูุชููู ุชูุฏูุฎููู ุงูุฌููููุฉู
"berislamlah kamu!"
ุญูุชููู ุชูุฏูุฎููู ุงูุฌููููุฉู
Ini maksudnya, "supaya kamu masuk surga."
ููุงููุบูุงููุจู ููุจูููุง ุฃููู ุชูููููู ููููุบูุงููุฉู.
Dan biasanya hatta ini lebih sering untuk ghaayah daripada untuk taโlil
ููููุธูุฑู ุงููููููุงููุจู (ูคูงูฉ/ูข)
Silahkan lihat di kitab Al Kawakib
๐ฎ Jadi hatta ini kalau kita ngiโrab nanti, bisa kita katakan
รฆ๐ ุญูุฑููู ุบูุงููุฉู. Atau
รฆ๐ ุญูุฑููู ุชูุนูููููู
Tergantung fungsinya disitu, apakah sebagai pembatasan atau sebagai memberikan alasan, seperti ูููู
ูู ุงูุซููุงู
ููู: ููุงุกู ุงูุณููุจูุจููููุฉู (ูฃ): ุงููููุงููุนูุฉู ููู ุฌูููุงุจู ูููููู ุฃููู ุทูููุจู (ูค).
8โฃ. Yang kedelapan adalah adalah ูู sababiyah, yang terdapat pada jawab nafi' atau tholab.
- Nafi' ini penafian,
- tholab ini permintaan.
___________________
_bersambung_
Tidak ada komentar:
Posting Komentar